Kualifikasi Piala Dunia 2022 Chile vs Brasil, Tim Samba Menang Tipis

Meski kekuatan pertahanan Chile terbilang apik, namun tidak bisa mencegah Brasil mengoyak gawang mereka.


Chile Vs Brazil

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey TimesPertandingan antara Chile vs Brasil untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung.

Tim Samba dibuat repot dalam pertandingan ini, walau akhirnya bisa unggul tipis lewat gol tunggal yang diciptakan oleh Everton Ribeiro.

Hasil kemenangan ini, membuat Brazil mendapatkan kemenangan penuh dalam Zona CONMEBOL. 

Rangkuman Pertandingan Chile vs Brazil 

Hasil Chile vs Brazil 0:1, membuktikan bahwa Brazil sempat kerepotan menahan gempuran dari Chile.

Kemenangan tipis yang diperoleh pun dipenuhi dengan berbagai drama yang terjadi di lapangan hijau.

Di bawah ini sudah kami rangkumkan pertandingan yang terjadi di Estadio Nacional Julio Martínez. 

Babak Pertama 

Meski Brazil adalah tim tamu dalam pertandingan ini, tapi semenjak awal pertandingan sudah memberikan serang-serangan mematikan.

Terbukti dari menit pertama, Brazil mendapatkan corner kick setelah kerja sama yang membahayakan di kotak pinalti Chile dari Gabriel Jesus serta Vinicius Jr. 

Mendapatkan serangan ini, Tim Tuan Rumah pun mulai bangkit dari tekanan yang diberikan oleh Brazil.

Selama 14 menit pada babak pertama berlangsung, Chile berhasil menguasai bola hingga 60%. Serangan balik dari Chile ini bener-benar membuat kewalahan Seleceo, julukan untuk Timnas Brazil. 

Kesempatan besar pun akhirnya datang di menit ke 27 untuk Brazil. Di mana Gabriel Jesus berhasil menggiring bola hingga berhadapan 1 lawan 1 dengan Claudio Bravo. Hanya saja tembakan dari Gabriel Jesus tidak berhasil merobek gawang Chile. 

Permainan pun berlanjut sengit, Chile pun melakukan serangan balik ke gawang Brazil. Pada menit ke 33, Ivan Morales berhasil menerjang gawang Brazil yang di jaga Weverton.

Sayang, gol yang tercipta dari Morales harus dianulir oleh wasit karena offside. 

Sisa waktu yang ada pun membuat kedua tim saling menyerang dan bertahan. Weverton perlu diacungi jempol pada pertama ini, karena menjadi tembok penahan yang sulit sekali dihancurkan oleh Chile.

Semua serangan yang diluncurkan oleh Timnas Chile pun berhasil diblock dengan sempurna. Pada menit ke 45, Bruno Guimaraes mendapatkan kartu kuning dari wasit dan skor 0:0 pun menjadi akhir dalam babak pertama ini. 

Babak Kedua 

Pada babak kedua ini, Brazil memilih untuk menggantikan Vinicius dan Guimaraes dengan Everton Ribeiro dan Gerson.

Tim Brazil sepertinya ingin membawa angin segar pada babak kedua ini untuk bisa menekan Chile yang pada babak kedua memberikan tekanan hebat. 

Baca Juga:  Dua Kaki Inter sudah di Semifinal Liga Eropa

Dominasi Chile terus berlangsung selama awal babak kedua. Tendangan dari Charles Aranguiz di area kotak penalti bisa saja menciptakan gol, bila tidak dihadang dengan baik oleh Alex Sandro. Harapan terciptanya gol dalam kesempatan ini pun pupus begitu saja. 

Akhirnya pada menit ke-64, Everton mampu menjebol gawang Chile yang dijaga oleh Claudio Bravo dengan bantuan assist dari Neymar Jr.

Skor 1:0 pun dihasilkan dengan susah payah, terlebih Neymar Jr pada pertandingan tidak bermain dengan begitu baik. 

Chile memang berhasil menekan Tim Samba dengan jumlah penguasaan bola yang lebih banyak.

Tapi, dari sisi tendangan akurat, Brazil masih berkuasa dengan menghasilkan empat tembakan. Sedangkan Chile hanya berhasil menembakan tiga bola hingga menit ke 77. 

Tertinggal satu angka dari Brazil, Chile pun mengambil tindakan dengan mengganti Aranguiz dengan Diego Valdez pada menit ke 78. Waktu yang hanya tersisa 11 menit pun membuat kedua tim bertanding dengan sangat ekstrem. 

Tim Chile pun berusaha dengan keras hanya saja pada menit ke 79, Ivan Morales harus mendapatkan kartu kuning. Disusul oleh Erick Pulgar yang juga mendapatkan kartu ini pada menit ke 82.

Kartu kuning tidak berakhir disitu saja, pada menit ke 84 Marquinhos harus rela diganjar karena melakukan pelanggaran ke Carlos Palacios yang berusaha masuk ke kotak penalti untuk menyerang. 

Drama pun berlanjut pada menit ke 88, di mana Chile memiliki kesempatan mendapatkan tendangan pinalti. Setelah Arturo Vidal berusaha menjatuhkan Casemiro di kotak penalti. Tapi, w

asit pun memilih melihat VAR terlebih dulu dan memutuskan bahwa tidak ada pelanggaran yang terjadi. Chile pun kehilangan kesempatan mendapatkan tendangan penalti. 

Perpanjangan waktu pun diberikan yang mana pada menit ke 91, Bravo melakukan blunder dan Neymar Jr berhasil melewatinya.

Namun, gol tidak tercipta pada kejadian ini. Sisa waktu yang ada membuat kedua pemain mulai bermain lebih keras. Bahkan wasit pun harus mengeluarkan 3 kartu kuning lagi kepada beberapa pemain lain. 

Hingga pertandingan usai, Chile tidak mampu menyeimbangi Brazil dan Seleceo pun memenangkan laga ini dengan skor 1:0. 

Pertandingan Chile vs Brazil semalam memang dipenuhi oleh drama, serangan terus saja dilakukan oleh kedua belah pihak.

Meski kekuatan pertahanan Chile terbilang apik, namun tidak bisa mencegah Everton untuk mengoyak gawang mereka.

Dengan kemenangan di kualifikasi Piala Dunia melawan Chile, Brazil masih menduduki puncak klasemen sementara, di mana lawan yang harus dihadapi selanjutnya adalah Argentina. 

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru