Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Mengenal Jenis Kompor Induksi dan Manfaatnya

Kompor induksi adalah salah satu teknologi canggih yang memungkinkan kamu untuk memasak tanpa menyalakan api.


kompor induksi adalah

Tampilan kompor induksi (Foto : baloon111/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Seiring dengan perkembangan teknologi masa kini, kompor yang dipakai untuk memasak pun semakin beragam jenisnya.

Iklan

Mulai dari kompor listrik, kompor minyak tanah, kompor tanam, kompor gas, dan juga kompor induksi.

Kompor induksi adalah salah satu teknologi canggih yang memungkinkan kamu untuk memasak tanpa menyalakan api.

Iklan

Hanya perlu meletakkan alat masak lalu memencet tombolnya maka kamu dapat memasak dengan praktis dan mudah.

 Kompor induksi telah lama digunakan di negara-negara Eropa, dan kini mulai digunakan di kawasan Asia.

Iklan

Metode memasak dengan kompor ini dapat menggoda kamu untuk meninggalkan kompor gas, karena lebih aman dan dapat menjadi andalan untuk melengkapi kebutuhan dapur.

Penasaran tentang kompor induksi? Mari ketahui jenis, kelebihan, serta manfaatnya yang akan kami ulas berikut ini.  

Mengenal Kompor Induksi dan Perbedaannya dengan Kompor Listrik

Jika biasanya kamu memasak menggunakan api yang menyala, maka itu tidak akan terjadi pada jenis kompor ini. 

Kompor induksi diketahui menjadikan energi listrik sebagai sumber energi panas, namun kompornya sendiri tidak menghasilkan panas.

Alat ini hanya akan menginduksi peralatan masak yang kamu gunakan, sehingga yang menjadi panas bukanlah kompornya melainkan peralatan memasak tersebut .

Mungkin masih banyak yang mengira bahwa kompor induksi dengan listrik itu sama. Padahal sebenarnya kedua kompor ini adalah dua jenis yang berbeda.

Dari segi fitur dan teknologi yang digunakan, bisa dibilang sama-sama canggih dan modern.

Wajar jika keduanya semakin digandrungi kaum milenial. Lalu apa yang menjadi pembeda antara kompor induksi dengan listrik?

Cara Pemanasan

Kedua jenis kompor ini menggunakan cara pemanasan yang berbeda untuk menghantarkan panas.

Jika kompor induksi dapat memanaskan wajan dan panci menggunakan reaksi energi elektromagnetik, maka kompor listrik dapat menghantarkan panas saat dicolokkan ke sumber energi listrik.

Suhu Maksimum

Kompor induksi menghasilkan suhu maksimum yang cenderung lebih rendah dari kompor listrik, paling hanya mencapai suhu 351 derajat celcius saja.

Sementara itu kompor listrik dapat menghasilkan suhu maksimum hingga 393 derajat celcius.

Untuk masalah pengalihan suhu dari panas ke dingin, kompor induksi memang lebih cepat, maka wajar bila disebut aman untuk digunakan.

Tingkat Keamanan

Karena tidak memerlukan api untuk memasak, risiko kebakaran karena kompor induksi bisa lebih kecil.

Makanya banyak direkomendasikan bagi pengguna dari segala usia. Kompor induksi memiliki fitur canggih yang bisa mengatur durasi waktu memasak secara otomatis.

Jadi, Meskipun kamu tinggalkan saat memasak, kompor ini tetap akan aman. Sementara untuk jenis kompor listrik cenderung tidak aman setelah digunakan karena masih panas ada panas yang tertinggal.

Harga  

Dari segi harga tentu lebih mahal kompor induksi dari pada listrik karena memberikan kualitas dan keuntungan lebih banyak.

Teknologi yang diterapkan pada kompor jenis ini relatif masih baru, hemat energi, dan awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

Jenis-jenis Kompor Induksi

Umumnya masyarakat menggunakan dua jenis kompor induksi berikut:

  • Kompor induksi portable yang mudah dipindahkan, sehingga bisa dibawa kemana saja. Bentuknya ringan dan cenderung tipis, hadir dalam beberapa jenis yakni satu tunggu dengan beberapa tungku.  
  • Kompor induksi tanam sudah terpasang pada bagian bawah meja atau kitchen set. Jenis kompor ini minimal punya dua sampai empat tungku.

Kelebihan dan Manfaat Kompor Induksi yang Perlu Diketahui

Kompor induksi memang berbeda dengan kompor biasa, mempunyai banyak kelebihan yang akan mempermudah kegiatan masak memasak kamu. Berikut ini kelebihan dari kompor induksi:

  • Tidak meninggalkan asap atau sisa-sisa pembakaran yang sering ditemukan pada kompor biasa. Kompor induksi adalah kompor yang ramah lingkungan.
  • Memiliki teknologi canggih yang memungkinkan pengguna memasak tanpa menyalakan api, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kebakaran. Kompor induksi juga tidak panas saat disentuh, aman digunakan dan tidak akan menimbulkan masalah seperti luka bakar ataupun kebocoran gas.
  • Lebih praktis karena pengguna tidak harus memasang dan membongkar tabung gas. Kompor ini juga tidak akan mati di saat sedang memasak.
  • Punya banyak fitur canggih yang memudahkan proses memasak, seperti fitur child lock untuk mencegah anak-anak bermain dengan kompor, mode sentuh, timer, fitur kompor mati secara otomatis saat masakan sudah matang, hingga fitur memasak lebih cepat.
  • Hadir dengan desain menarik. Kamu dapat meletakkannya dimana saja karena mudah untuk dipasang.

Selain memiliki kelebihan, kamu juga akan merasakan manfaat berikut saat menggunakan kompor induksi:

  1. Mudah dibersihkan sehingga tidak banyak menghabiskan waktu. Jika menggunakan kompor biasa, kamu harus membersihkan tiap sudutnya dengan cermat bahkan harus mencopot setiap bagian kompor untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.
  2. Kompor induksi memiliki pengaturan suhu panas yang bisa disesuaikan pengguna saat masak.
  3. Menjamin panas merata pada masakan sehingga proses memasak bisa lebih cepat.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui pengertian kompor induksi adalah, jenis, kelebihan, serta manfaatnya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam memilih kompor yang akan digunakan nanti.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Pengetahuan sehari-hari