Ketika Tech Berkolaborasi dengan Puisi

Sedikit cerita tentang Oppo Find X2 Series dan ‘Tidak Ada New York Hari Ini’.


Oppo-penyair

Ilustrasi Oppo Find X2 Series. (Foto: the Monkey Times)


Oleh: tmtimes news

Diterbitkan:

the Monkey Times – Puisi dan teknologi biasanya tidak pernah berjalan beriringan, kecuali bahwa teknologi bisa jadi bagian imajinatif dari sebuah puisi.

Namun Miles Films dan Oppo Find X2 Series agaknya merombak “pakem” tersebut, dengan bekerjasama dalam dalam penggarapan adaptasi serial ilustrasi dan animasi pendek berjudul ‘Tidak ada New York Hari Ini’.

Siapa pun yang menggemari puisi bakal akrab dengan judul diatas, yang pada dasarnya merujuk pada kumpulan puisi tulisan Aan Mansyur untuk film “Ada Apa dengan Cinta 2” (AADC 2).

Dalam adaptasi tersebut, Nicholas Saputra akan mengambil peran sebagai narator. Sejumlah nama ilustrator Indonesia terlibat dalam proyek tersebut, yang pada dasarnya menggabungkan potensi audio-visual-sastra untuk menggemakan popularitas Oppo Find X2 Series di pasaran – kita tidak bisa menafikan fakta kalau yang mereka lakukan sebetulnya adalah sebentuk soft selling, kan?

Baca Juga: Lebih dari 600 Lagu Bob Dylan Dibeli Haknya oleh Universal Music

Oppo Indonesia melalui Creative Strategic Planner mereka, Andri Hilary, menyambut baik kolaborasi tersebut.

Dia menyebut proyek adaptasi yang dikerjakan Oppo bersama Miles Films sebagai usaha untuk membuat karya yang menyentuh.

“Proyek istimewa ini melibatkan seniman-seniman ternama serta mengombinasikan puisi, musik, seni rupa dan video animasi untuk menghasilkan sebuah karya yang sangat menyentuh dan dapat dinikmati bersama,” kata Hilary seperti dikutip the Monkey Times (Kamis, 10/12/2020) lewat jumpa pers virtual hari ini.

Pinot kebagian jatah mengilustrasikan puisi ‘Tidak ada New York Hari Ini’. Nama lain seperti Rhesa, mengerjakan ilustrasi untuk ‘Memandang Dunia dari Jendela Kafe’.

Lala Bohang membuat visualisasi untuk ‘Aku tidak Pernah Betul-betul Pulang’. Dan Wulang Sunu mengilutrasikan puisi ‘Pukul 4 Pagi’.

Di sisi lain, Riri Riza dan Mira Lesmana, produser untuk proyek tersebut memilih format film pendek guna “mengapresiasi (karya) sastra Indonesia sekaligus mempersembahkan sebuah karya unik”.

Potongan kolaborasi

Tayangan perdana ‘Behind the Scene – Tidak ada New York Hari Ini’ sudah ditayangkan di kanal resmi Oppo Indonesia di Youtube, hari ini.

Dalam video sepanjang 6:45 menit, apa yang bisa kita lihat adalah penjelasan, semacam panduan yang membantu audiens memahami apa mau Mira Lesmana dan Riza dengan proyek tersebut – tentu saja dengan sedikit bumbu kemunculan Oppo X2 Series di antara scene demi scene video tersebut.

Baca Juga:  Klarifikasi Whatsapp: Pesan Pribadi tetap Dienkripsi

“Ketika kami harus menulis atau mencari penyair yang bisa membuat puisi-puisi ini untuk tokoh Rangga, nama yang terpikir oleh kami adalah nama Aan Mansyur.

(Dia) adalah penyair muda yang karya-karya sangat penting untuk sastra Indonesia. Dan kami adalah penggemar Aan,” kata Mira di video tersebut seperti dikutip the Monkey Times.

Mira, seperti yang diungkapkannya dalam video tersebut, menimbang proyek itu sebagai sesuatu yang spesial, di waktu yang spesial pula.

Boleh saja Mira menyebut proyeknya itu sebagai sesuatu yang spesial, sebab produk yang ikut dicitrakannya pun terbilang spesial, alias menempati kelas flagship diantara jajaran portfolio produk smartphone Oppo.

Gimana nggak spesial. Anda tentu akan berpikir beberapa kali sebelum, misalnya, membeli Oppo Find X2 Pro seharga Rp 18-jutaan, kan?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita budaya, berita hari ini, berita teknologi

Atau baca artikel lain yang ditulis: tmtimes news


Artikel Terkait



Terbanyak Dibaca



Artikel Terbaru