Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Ketahui Cara Membedakan Madu Murni Asli dan Palsu

Madu asli dan palsu sudah pasti mempunyai perbedaan ciri. Sebenarnya madu palsu ini tetap saja madu, tapi sudah dicampur dengan bahan lain.


madu murni asli

Ilustari madu (Foto : Davizro/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Madu adalah bahan alami yang mempunyai banyak khasiat baik untuk tubuh. Masyarakat sering menjadikan madu sebagai obat, multivitamin atau pengganti gula. Tapi, sepertinya kamu harus berhati-hati saat membeli madu.

Iklan

Ternyata sekarang banyak sekali beredar madu palsu. Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu harus tahu bagaimana cara membedakan madu murni asli dengan yang palsu. Simak terus ulasannya berikut ini, ya. 

Ciri dari Madu Murni Asli 

Madu asli dan palsu sudah pasti mempunyai perbedaan ciri. Sebenarnya madu palsu ini tetap saja madu, tapi sudah dicampur dengan bahan lain.

Iklan

Tujuannya supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Untuk itulah penting sekali mengetahui ciri dari madu murni asli berikut ini: 

  1. Madu asli tidak lengket 

Madu yang asli tidak akan lengket jika disentuh. Berbeda dari madu yang palsu, pasti lengket ketika disentuh. Karena pada madu palsu terkandung pemanis buatan. 

Iklan
  1. Lebih kental 

Madu asli pun memiliki tekstur yang lebih kental. Untuk mengeceknya, kamu coba tuangkan madu. Disaat dituangkan ini maka akan terlihat tingkat kekentalan madu yang kamu miliki. 

  1. Tercium wangi bunga 

Madu dibuat oleh lebah yang diambil dari sari bunga. Jadi, jika kamu cium biasanya madu asli mempunyai wangi bunga.

Walaupun aroma ini akan berkurang tergantung dari cara menyimpan dan umur si madu. Tapi, tetap akan terasa aromanya. Tidak seperti madu yang palsu, tercium bau yang lebih asam. 

  1. Warna tidak jernih 

Warna madu asli tidaklah jernih. Warnanya akan terlihat jika kamu campur dengan minuman, misalnya teh.

Ketika dicampurkan, maka ada nektar atau serbuk madu. Beda dengan madu yang palsu, pasti akan seperti gula biasa. Langsung larut dan tidak ada serbuk-serbuknya. 

  1. Memiliki rasa yang tidak terlalu manis

Kalau kamu membayangkan rasa madu asli sangatlah manis, hal tersebut malah salah. Madu asli rasanya tidaklah terlalu manis. Rasa manis hanya bertahan sebentar saja ketika terkena lidah. 

Cara Membedakan Madu Murni Asli dan Palsu 

Setelah mengenal ciri dari madu asli, selanjutnya ada beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk membedakan keduanya. Berikut ini adalah caranya: 

  1. Panaskan madu yang kamu miliki 

Cara pertama adalah dengan memanaskan madu. Tuangkan sedikit madu ke sendok, lalu kamu panaskan di atas api lilin.

Bila ternyata madu yang kamu panaskan ternyata akan berbuih atau berbusa, bisa dipastikan itu madu palsu. 

Kemudian jika coba tarik menggunakan tusuk gigi ketika sudah dingin, apabila ada benang gula yang ikut tertarik, maka itu bukan madu yang asli. Karena madu asli tidak akan membentuk karamel ketika dipanaskan. 

  1. Teteskan ke atas kertas 

Kamu juga meneteskan madu ke atas kertas. Apabila saat kamu meneteskan madunya tidak merembes atau kertas tidak basah, maka dipastikan itu madu asli. Tapi jika sebaliknya, jelas itu madu palsu. 

  1. Campur dengan air biasa 

Madu asli mempunyai konsentrat yang sangat unik. Hal ini akan terlihat ketika kamu mencampurkannya dengan air.

Tuangkan satu atau dua sendok madu ke piring, kemudian tuangkan juga sedikit air dan goyangkan.

Apabila madu yang terkena air membentuk seperti sarang lebah, berarti itu asli. Bila ternyata madu dan air bercampur atau menyebar berarti itu madu yang palsu. 

  1. Campur dengan air hangat 

Cara mengetahui madu asli adalah dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Tidak seperti bahan lain, madu tidak akan langsung larut ketika kamu campurkan dengan air hangat. madu akan terlihat mengendap terlebih dahulu di dasar gelas. 

Sedangkan untuk madu yang palsu, ketika kamu campurkan dengan air hangat, maka warna air akan berubah keruh dan langsung larut. Kondisi ini terjadi karena dalam madu yang palsu terkandung bahan lain seperti pemanis buatan. 

  1. Letakkan madu di tempat terbuka

Kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk membedakan mana madu asli dan palsu. Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu meletakkan madu di piring dan biarkan saja selama beberapa jam. 

Jika madu yang kamu miliki asli, semut tidak akan datang ke piring atau sekitar madu. Kenapa?

Karena madu mempunyai aroma dan enzim yang tidak disukai oleh semut. Berbeda dengan madu yang palsu, ketika kamu diamkan begitu saja maka semut pasti langsung menyerbu. 

Dengan adanya penjelasan di atas, semoga bisa membantu kamu memperoleh madu asli. Kenapa penting sekali membedakan mana madu asli dan palsu adalah dari khasiatnya.

Apalagi kandungan pada madu yang palsu tidaklah sehat karena sering ditambahkan pemanis buatan atau gula dalam jumlah banyak. 

Belum lagi dari cara memproduksinya, terkadang penjual madu yang palsu tidak memperhatikan kebersihan.

Jadi, sudah khasiatnya berkurang ternyata juga tidak higienis. Jangan sampai kamu mempertaruhkan kesehatan hanya tertarik dengan harga madu yang lebih murah. Pastikan benar bahwa kamu membeli madu murni asli. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Informasi seputar madu