6 Fitur Baru WhatsApp: dari Joinable Call sampai Smart Switch

Fitur baru WhatApp ini sudah lama dinantikan oleh pengguna. Selamat menikmati.


Fitur baru Whatsapp

Tampilan aplikasi WhatsApp (Foto: Free for Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Semakin canggih teknologi saat ini, sampai aplikasi pengirim pesan pun selalu berinovasi agar tidak kehilangan penggunanya.

Hadirnya  Fitur baru WhatsApp seperti sekarang ini tentunya akan sangat berguna bagi banyak orang, belum lagi beberapa fitur lain yang bisa dinikmati pada versi beta.

Sebenarnya WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang beberapa memang telah lama dinantikan oleh pengguna.

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib kamu ketahui mengenai pembaruan serta peningkatan dari WhatsApp dan tentunya akan membantu mobilitas kamu menjadi lebih mudah.

Beberapa Fitur Baru Whatsapp

  1. Sistem keamanan untuk WhatsApp web dan desktop

Jika sebelumnya kamu hanya diharuskan untuk memindai kode QR yang ada pada layar komputer atau laptop agar dapat menghubungkan akun WhatsApp pada perangkat desktop.

Kini kamu akan diminta untuk memindai wajah atau sidik jari ketika melakukan sinkronisasi setiap kali log-in.

Keamanan tersebut dinamakan ‘keamanan biometrik’ ini berfungsi agar tidak ada orang lain yang dapat masuk atau menggunakan akunmu.

Namun, sistem ini hanya dapat digunakan pada ponsel yang sudah mendukung atau memiliki akses biometrik saja. 

  1. Fitur terbaru dari Arsip

Sebenarnya ini adalah fitur lama yang diperbaharui, karena sebelumnya fitur ini hanya dapat mengarsipkan pesan dari beranda dan ketika si pengirim kembali mengirimkan chat, akan kembali muncul sebagai pesan baru.

Namun, pada versi terbarunya kamu dapat mengarsipkan pesan tersebut dan bila orang tersebut kembali mengirimkan chat tidak akan muncul, kecuali kamu membukanya untuk mengecek. Bila kamu membalasnya pun, pesan tersebut tetap akan tersimpan di arsip.

  1. Joinable call

Fitur terbaru selanjutnya adalah joinable call, sistem ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk kembali terhubung pada panggilan telepon atau video yang terlewat.

Bila sebelumnya ketika kamu mematikan panggilan, maka untuk kembali bergabung akan membutuhkan undangan.

Dengan adanya fitur joinable call, undangan tersebut sudah tidak diperlukan lagi. Karena kamu bisa kembali bergabung kapan saja selama panggilan telepon atau video masih tersambung. Fitur ini hanya dapat digunakan untuk panggilan grub.

Selain itu fitur ini dapat digunakan sebagai penunda panggilan, baik telepon maupun video grup kemudian dapat dilanjutkan beberapa saat setelah urusan kamu selesai.

Sekalipun nantinya teman kamu menekan ‘ignore’, kamu etap dapat bergabung melalui tab panggilan yang terdapat di WhatsApp.

  1. Multi Device support
Baca Juga:  1,1 juta data akun pengguna Lazada Singapura Bocor

Fitur ini memudahkan kamu untuk login pada 4 (empat) perangkat berbeda dengan yang sama. Kamu juga tidak lagi perlu mengkoneksikan WhatsApp pada laptop atau komputer ke ponsel.

Tentunya hal ini lebih memudahkan, karena jika biasanya perangkat lain harus terkoneksi pada ponsel dan kamu harus tetap menjaga agar koneksi dari smartphone aktif.

Lalu, begitu smartphone kamu mati atau kehabisan daya, maka akun WhatsApp pada komputer atau laptop juga akan ikut mati.

  1. Foto dan video dapat menghilang secara otomatis

Fitur yang satu ini memang mirip dengan yang pernah ada pada Instagram pada direct message (pesan langsung), yaitu ketika file, foto atau video akan menghilang begitu pesan dibuka oleh penerima.

Tujuan dari fitur adalah agar dapat meminimalisir penyebaran informasi sensitif banyak pihak.

Pihak WhatsApp menegaskan, bila pengguna tidak perlu khawatir pesan tersebut akan dibaca oleh pihak ketiga, karena semua pesan tersebut akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end yang mereka miliki.

Pihak WhatsApp juga menjelaskan, jika pesan sekali lihat ini juga tidak akan dapat di share serta tidak bisa di screenshoot.

Fitur ini juga dapat digunakan di dalam percakapan grup dan akan menghilang ketika semua anggota grup telah membukanya, sekalipun itu orang yang Anda blokir.

Fitur ini tetap berlaku sekalipun pengguna lainnya belum melakukan update pada aplikasi WhatsApp miliknya. Selain itu, pengguna WhatsApp desktop juga dapat menikmati atau menggunakan fitur ini pada perangkat mereka.

  1. Smart Switch

Apakah kamu pernah merasa kesulitan ketika ingin beralih dari Android ke iOS dikarenakan sistem operasi yang dirasa menyulitkan, namun pada dasarnya hal tersebut memang ditujukan agar pengguna tidak berpindah sistem dengan mudah.

Namun, belakangan ini ketahui jika WhatsApp telah meluncurkan sebuah fitur untuk memudahkan Anda melakukan pemindahan tersebut.

Sistem tersebut adalah smart switch. Sistem ini juga akan membantu kamu dengan mudah mentransfer data beserta file ke laptop.

Tetapi perlu kamu ketahui jika fitur ini baru dapat digunakan oleh ponsel samsung dengan sistem Android 10 serta yang lebih tinggi.

Jadi, bagi Anda pemilik Samsung dan sudah memenuhi persyaratannya, selamat menikmati fitur terbaru tersebut.

Itulah tadi enam fitur baru WhatsApp yang dapat digunakan oleh pengguna setia aplikasi pesan ini.

Bahkan mungkin dalam waktu dekat perusahaan yang telah menjadi Facebook tersebut akan kembali meluncurkan fitur-fitur lain agar lebih dapat memanjakan pelanggannya.

Baca Juga:  Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga Asus Zenfone 8 Beserta Review Spesifikasinya
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Fitur aplikasi WhatsApp, fitur WhatsApp terbaru

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru