Penulis: tmtimes news

Ini Dia 2 Armada Kereta Api Purwokerto Malang PP yang Bisa Kamu Pilih

Kalau bingung cari jadwal kereta api Purwokerto Malang, PT KAI menyediakan dua opsi untuk dipilih.

the Monkey Times – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan dua pilihan kereta api bagi para pelancong yang kerap bolak-balik dari Malang ke Purwokerto dan sebaliknya, yakni KA Gajayana dan KA Kertanegara.

Jadi kalau kamu ingin naik kereta api Purwokerto Malang dan sebaliknya, PT KAI menyediakan dua opsi armada yang berbeda dari segi harga tiket. Pertanyaannya, kapan jadwal berangkat kedua kereta?

Kereta Kertanegara Purwokerto Malang PP

Kereta Kertanegara jurusan Purwokerto ke Malang berangkat malam hari, sekitar waktu maghrib. Kereta ini berangkat melewati 15 stasiun, ditambah 1 stasiun keberangkatan dan 1 stasiun kedatangan.

Berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api terbaru, rute Purwokerto – Malang ditempuh dalam waktu 9 jam 26 menit menggunakan KA Kertanegara. Jadwal lengkapnya sebagai berikut:

Jadwal KA Kertanegara Purwokerto Malang

Kereta 170

Sedangkan dari Malang ke Purwokerto, kereta Kertanegara berangkat pagi hari, melewati jumlah stasiun yang sama dengan ketika kereta berangkat dari Purwokerto. Jadwal lengkapnya sebagai berikut:

Jadwal KA Kertanegara Malang Purwokerto

Kereta 169

Kereta Kertanegara merupakan satu nama armada yang pertama kali diumumkan PT KAI pada 10 Maret 2021. Armada satu ini memperpanjang rute perjalanan Malang ke Yogyakarta yang sebelumnya dilayani kereta Malioboro Express.

Ketika diumumkan pada bulan Maret 2021, rangkaian kereta Kertanegara disusun dengan formasi tiga kereta kelas ekonomi premium, satu kereta makan, lima kereta kelas eksekutif, dan satu kereta pembangkit. Awalnya formasi tersebut menggunakan rangkaian kereta stainless steel.

Hanya saja rangkaian stainless steel kemudian diganti menjadi mild steel per Januari 2022.

Kereta Gajayana Purwokerto Malang PP

Kalau Kertanegara memang berangkat awal dari Purwokerto, tidak demikian dengan Gajayana. Kereta ini berangkat dari Jakarta pukul 18:40, dan tiba di Purwokerto pukul 23:25. Jadwalnya sebagai berikut:

Jadwal KA Gajayana Purwokerto Malang

Kereta 72

Untuk layanan rute Malang ke Purwokerto, Kereta Gajayana berangkat Stasiun Malang pukul 14:25 dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22:25. Jadwalnya sebagai berikut:

Jadwal KA Gajayana Malang Purwokerto

Kereta 71

Kereta Gajayana pertama kali diumumkan rutenya pada 28 Oktober 1999, dan merupakan kereta kelas eksekutif yang melewati rute Jakarta – Yogyakarta – Solo – Malang.

Kereta ini menempuk jarak 902 km, dengan waktu perjalanan selama 12 jam 33 menit dari Jakarta ke Malang. Hari ini PT KAI memberangkatkan rangkaian Gajayana dengan menambahkan kelas luxury sejak Mei 2019.

Dari sudut pandang kelas armada kereta jurusan Purwokerto ke Malang dan sebaliknya, KA Gajayana menyediakan solusi perjalanan yang lebih eksklusif, terutama karena ada pilihan kelas Luxury yang lebih mewah ketimbang kelas eksekutif.

Harga Tiket KA Purwokerto Malang

Dari segi harga tiket, kereta api Kertanegara jurusan Purwokerto Malang dijual dengan harga tiket mulai Rp 170,000 untuk kelas Ekonomi. Sedangkan tiket kelas eksekutif dijual dengan harga mulai Rp 310,000.

Sementara untuk KA Gajayana, harga tiketnya dijual mulai Rp 460,000 untuk kelas Eksekutif. Sedangkan harga kelas Luxury dijual mulai Rp 1,050,000.

Nah, buat yang ingin langsung memesan tiket kereta dari Purwokerto ke Malang, maupun sebaliknya, langsung saja cek link di bawah ini ya:

KA Gajayana
Kereta Gajayana

KA Gajayana

Purwokerto - Malang PP | Eksekutif | Luxury
mulai Rp460,000
KA Kertanegara
KA Kertanegara

KA Kertanegara

Purwokerto - Malang PP | Ekonomi & Eksekutif
previous arrow
next arrow

Di luar kelas armada kereta, baik KA Gajayana maupun KA Kertanegara sama-sama cepat dan tepat waktu. Namun jika ingin menghemat ongkos perjalanan, KA Kertanegara justru lebih masuk akal sebagai pilihan.