Penulis: Dina Meidiana

Kenangan Masa Kecil Tahun 90’an yang Paling Dirindukan

Mungkin diantara kalian juga punya pengalaman yang sama denganku ketika masih sekolah dasar.

the Monkey Times – Pernah tidak kalian mengenang zaman masih SD dulu? Diantara kalian pasti punya kenangan masa kecil ketika masih Sekolah Dasar.

Dimana tentu saja ini membuat kita rindu akan masa tersebut. Bahkan ada beberapa dari kita yang juga punya pengalaman yang sama dan tentu saja ini membuat masa SD sangat seru. 

Apalagi bagi yang merasakan SD di tahun 90’an. Sudah pasti banyak kenangan yang sudah sulit sekali ditemukan di zaman sekarang.

Mungkin diantara kalian juga punya pengalaman yang sama denganku ketika masih sekolah dasar.

Yuk, mari kita lihat kenangan apa saja yang dirasakan anak SD di tahun 90’an. 

Kenangan Masa Kecil Tak Terlupakan di SD Tahun 90’an 

Aku punya beberapa kenangan yang benar-benar tidak terlupakan ketika masih sekolah di SD dulu.

Mungkin dari kenangan yang aku sebutkan pernah kalian rasakan atau mungkin masih dijalankan hingga sekarang.

Berikut ini adalah kenangan yang bikin kangen masa SD di tahun 90’an: 

Belajar Matematika Pakai Lidi 

Nah, siapa yang masih ingat kalau dulu kita pernah diajari berhitung dengan menggunakan lidi? Kalau kamu pernah mengalami ini, jelas kita seangkatan.

Aku dulu ingat sekali ketika harus membawa lidi, ibuku yang juga seorang guru harus mematahkan lidi dengan ukuran yang sama hingga 100 batang totalnya dan diikat menggunakan karet gelang. 

Entah kenapa harus menggunakan lidi, tapi mungkin ini agar memudahkan kita untuk menghitung tambah-tambahan, pengurangan, pembagian hingga perkalian.

Pokoknya batang lidi ini pasti ada di dalam tas. Jumlahnya juga harus 100, biar tidak kurang saat ada pelajaran matematika di hari itu. 

Berbaris rapi sebelum masuk kelas 

Setelah bel masuk berbunyi, biasanya anak-anak tidak langsung masuk ke kelas. Harus berbaris terlebih dahulu.

Dimana barisnya juga harus rapi dan paling depan pasti ketua kelas. Kemudian, wali kelas pasti akan memeriksa anak-anak, mulai dari kerapian seragam, kuku ada yang panjang atau tidak, panjang rok dan celana hingga lain sebagainya. 

Kadang kalau sudah telat masuk sekolah, aku tidak diizinkan untuk ikut berbaris. Harus menunggu hingga teman-teman masuk. Hasilnya, ya pasti malu. Karena masuk kelas paling terakhir. 

Gunung dan Sawah Saat Pelajaran Menggambar 

Siapa yang setiap mendapatkan tugas menggambar, pasti akan menggambar gunung dan sawah.

Lalu nanti diberikan gambar jalan, rumah kecil, burung, awan sampai matahari. Semua gambarnya pasti sama.

Hal ini tentu saja bikin kangen pada saat itu. Karena bisa sekelas menggambar hal yang sama. Kalau ada yang menggambar objek lain, sudah pasti dibilang keren. 

Buku Tabungan 

Buku tabungan juga pasti kamu akan sangat familiar. Setiap pagi kalau ingin menabung, pasti akan diberikan ke guru di kelas dan nanti ditulis berapa uang yang ditabung.

Kalau saat aku SD, paling besar itu menabung adalah 2000 rupiah. Karena pada masa-masa SD memang 2000 adalah uang yang terbilang besar jumlahnya. 

Aku bahkan pernah menabung hanya 500 rupiah setiap harinya. Uang 500 kertas itu, lho.

Ada gambar orang utan di muka uangnya. Uang tabungan nanti bisa diambil setiap kenaikan kelas atau pembagian rapot. Uang tabungan ini biasanya akan aku gunakan untuk beli lagi buku tulis ketika tahun ajaran baru. 

Berbagai jajanan di depan sekolah 

Sekolah sekarang kalau ingin jajan tidak bisa keluar. Karena di dalam area sekolah sudah ada kantin dan jajanan sudah enak dan lengkap.

Tapi, kalau jaman 90’an, pasti akan keluar sekolah setiap istirahat. Dimana banyak sekali abang-abang berbagai jajanan dan mainan yang akan menunggu. 

Berbagai jajanan sudah pasti ditemukan, mulai dari batagor yang piringnya sampai rebutan, es teh di plastikin, main gamebot, gulali, telur yang dicetak bulat-bulat dengan saus yang banyak dan masih banyak lagi.

Pokoknya kalau sudah waktu istirahat, pasti dulu-duluan buat keluar biar bisa beli jajan. 

Senam SKJ 

SKJ atau Senam Kesehatan Jasmani adalah kegiatan yang akan dilakukan di hari-hari tertentu. Bahkan bisa dari kelas 1 hingga kelas 6 akan SKJ di lapangan.

Walaupun aku tahu bahwa SKJ masih ada hingga sekarang, tapi pengalaman SKJ masa SD memang memberikan kenangan tersendiri. 

Bahkan ada beberapa jenis senam yang terkenal. Mulai dari sajojo, poco-poco dan lain sebagainya. Hingga ada lombanya juga, lho.

Apakah senam-senam ini masih ada? Sehabis senam biasanya akan ada acara bebas, tentu saja akan jajan lagi. Jadi, habis membakar kalori, kita makan lagi. 

Itulah beberapa kenangan masa kecil yang bikin rindu. Masih banyak kenangan lain yang tentu saja masih teringat hingga sekarang.

Seperti main bekel, main karet dan lain sebagainya. Ada tidak kenangan SD lain yang bikin rindu?