Apa Itu Coworking Space: Pengertian dan Manfaatnya

Coworking space memberikan manfaat penting yang dibutuhkan bisnis saat ini, yakni kolaborasi dan jejaring.


coworking space adalah

Manfaat Coworking Space (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Saat ini banyak sekali kata – kata baru dalam dunia bisnis, salah satunya coworking space.

Kata ini diketahui berasal dari bahasa Inggris yang diartikan sebagai ruang untuk bekerja.

Fenomena penyewaan ruang kerja selama beberapa tahun terakhir terus tumbuh dan mengalami peningkatan pesat, terutama di kota-kota besar Indonesia dan akan terus berlanjut.

Ruang kerja yang disewakan biasanya terdiri dari ruangan kecil dan besar yang disewa oleh komunitas perusahaan, atau bahkan jasa freelance job yang ingin bekerja lebih privat.

Ini merupakan alternatif dari ruangan gedung perkantoran yang relatif lebih mahal, sehingga untuk menutupi biaya operasional tersebut kebanyakan perusahaan yang masih kecil ataupun bisnis startup akan memilih untuk menyewa ruang kerja ini.

Dengan kata lain, konsep ruang kerja yang dimaksud di sini mengarah pada mengedepankan konsep sharing atau berbagi, sehingga dalam satu ruangan akan ditempati oleh berbagai perusahaan, komunitas, maupun pekerja lepas.

Untuk lebih memahami manfaat, fasilitas, serta kekurangannya ruang kerja bersama ini, silahkan simak simak informasi berikut.

Manfaat Coworking Space

Ruang kerja yang disewakan memberi manfaat penting yang dibutuhkan bisnis saat ini, yakni kolaborasi dan jejaring.

Dengan adanya ruang kerja bersama, para pengguna dapat berkumpul, menjalin relasi, menjadi rekan bisnis, klien, maupun teman untuk berdiskusi.

Tentu ini memberikan kemungkinan untuk bisnis berkembang lebih pesat karena ada banyak peluang serta inspirasi yang diperoleh dari lingkungan berbeda-beda.

Selain itu, ruang kerja bersama ini juga menjadi solusi untuk menutupi masalah biaya operasional yang membengkak karena mahalnya sewa gedung.

Terutama di kota-kota besar Indonesia, dengan adanya penyedia ruang kerja yang disewakan ini membuat pengusaha kecil seperti startup tidak terlalu dibebankan dengan biaya menyewa gedung, membayar biaya internet kantor, membeli furniture seperti meja dan kursi, ataupun mempekerjakan staf keamanan dan resepsionis.

Semua sudah disediakan oleh penyewa. Jadi para pengguna dapat fokus pada pengembangan dan strategi bisnis yang ingin dijalankan.

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan Coworking Space?

Sebenarnya tidak ada batasan pengguna yang boleh atau tidak menyewa ruang kerja yang disewakan. 

Karena ruang kerja bersama ini bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin bekerja dengan biaya lebih kecil.

Ruang kerja bersama yang disewakan biasanya dimanfaatkan oleh para pekerja lepas (freelance), bisnis UMKM, serta perusahaan startup yang kapasitasnya masih kecil.

Baca Juga:  Malang Raya: Kera Ngalam dan Boso Walikan yang Khas

Selain dijadikan tempat bekerja, para pengguna juga bisa memanfaatkan ruangan ini untuk menjalin kerjasama bisnis serta melakukan diskusi.

Fasilitas Coworking Space

Selain koneksi internet, penyedia ruang kerja bersama juga menyediakan fasilitas esensial seperti meeting room, minuman, meja dan kursi untuk dipakai bersama.

Meeting bisa digunakan untuk diskusi team ataupun dengan klien. Sedangkan untuk minuman seperti kopi, teh, dan air mineral juga disediakan penyedia untuk para penyewa yang menggunakan ruangannya.

Penyewa juga akan dibantu oleh resepsionis profesional yang akan menerima paket dan segala surat menyurat. Bahkan ada juga ruang kerja bersama yang menyediakan alamat untuk keperluan legalitas.

Keuntungan Konsep Coworking Space Saat Ini

Budaya coworking ini muncul sebagai bentuk transformasi gaya kerja, teknologi, dan kebudayaan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat banyak pekerja mulai menggunakan laptop/tablet daripada PC. Laptop dinilai lebih ekonomis, fleksibel, serta mudah dalam mobilitas, sehingga bisa digunakan dimana saja.

Karena perubahan gaya kerja tersebut membuat konsep ruang kerja bersama muncul. Coworking space sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang khusus untuk mendongkrak produktivitas suasana kerja.

Selain menemukan peluang kolaborasi, para pengguna juga mendapatkan solusi untuk meningkatkan produktivitas kerja tiap individunya. Berikut beberapa keuntungan dari konsep coworking space:

  1. Fleksibilitas menjadi salah satu alasan kenapa orang senang bekerja di tempat ini.
  2. Biaya sewanya pun jauh lebih murah, dan bisa disesuaikan kebutuhan perusahaan.
  3. Dapat meningkatkan semangat kerja.
  4. Ladang untuk menjalin relasi sebanyak-banyaknya.
  5. Dapat menjamin kenyamanan dan keamanan para pekerja. Coworking space cenderung sepi sehingga kondisinya lebih kondusif untuk bekerja, tidak seperti café yang tiba-tiba penuh dan berisik.
  6. Fasilitas lengkap, ruangan bersih, tersedia colokan listrik untuk mengisi ulang daya perangkat.
  7. Menyediakan minuman gratis yang bisa dinikmati sepanjang hari. Dengan begitu pengguna dapat menghemat uang jajan.

Kekurangan Coworking Space

Berikut beberapa kekurangan coworking space yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda menyewanya.

  • Sulit meredam konflik, kecuali ada dari pihak penyedia coworking space yang dipekerjakan untuk mengatur hubungan antar penyewa.
  • Berpotensi bertemu dengan kompetitor atau perusahaan saingan
  • Tidak terlalu banyak privasi.

Konsep tempat ini kurang cocok untuk Anda yang punya sifat introvert atau suka bekerja sendiri.

Jika ingin mendapatkan ruangan yang lebih pribadi, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa coworking space adalah ruang kerja bersama yang cocok untuk pebisnis kecil, freelancer dan startup yang membutuhkan fleksibilitas tinggi.

Baca Juga:  Apa Itu Air Fryer? Simak Kegunaan dan Keunggulannya Berikut Ini
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Pengetahuan sehari-hari

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru