Media Sosial

Hi, cari artikel apa?

Jelajah

Rekomendasi Oleh-oleh Wisata Yogyakarta Kekinian

Bingung cari oleh-oleh di Yogyakarta? Kami punya rekomendasi oleh-oleh wisata Yogyakarta yang nggak ketinggalan zaman!

Ilustrasi wisata Yogyakarta

the Monkey TimesWisata Yogyakarta memang nggak ada matinya. Karena itulah kami mau merekomendasikan beberapa pusat oleh-oleh di Yogyakarta yang wajib dikunjungi selama musim liburan.

Langsung kepoin daftarnya di bawah ini yuk!

Wisata Yogyakarta: Daftar Pusat Oleh-oleh di Kota Pelajar

Nyaris semua jenis oleh-oleh tersedia di Yogyakarta, mulai dari makanan sampai pernak-pernik aksesoris.

Jadi kalau kamu mau jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke lokasi berikut:

  • Dagadu Jogja
  • Bakpia Tugu Jogja
  • Cokelat Monggo
  • Yangko pak Prapto
  • Gudeg Kaleng Andrawina Loka

Dagadu Jogja

Kalau bicara kaos khas Jogja, orang nggak bisa lepas dari Dagadu. Nama ini memang bermula dari bisnis cenderamata yang dirintis 25 orang lulusan Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada Januari 1994 silam.

Berbagai macam kaos dengan ungkapan khas Jogja, gantungan kunci, topi, dan berbagai macam suvenir lain nan unik jadi sebuah pilihan bagus bagi wisawatan yang pengen membawa pulang oleh-oleh khas Jogja.

Kamu bisa membeli cenderamata khas Dagadu Jogja di lokasi berikut ini:

  • Dagadu Jogja Aseli. Jl.Pekapalan Kraton, Jl. Alun-Alun Utara No.7, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132
  • Yogyatourium Dagadu Djokdja. Jl. Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
  • Outlet Dagadu Mall Malioboro. Malioboro Mall LG, Jalan Malioboro, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Bakpia Tugu Jogja

Kami sangat menyukai Bakpia Tugu! Teksturnya lembut, isiannya mantap dan beragam, dan unik juga (kalau bakpia lain kan umumnya dipanggang ya!)

Bakpia Tugu sangat direkomendasikan buat penyuka rasa bakpia yang lain daripada yang lain. Mau cokelat, kacang hijau, kacang merah, atau malah keju? Nggak masalah. Semua ada kok!

Alamat Bakpia Tugu Jogja: Jalan Kaliurang KM. 5,5 No.10A, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Cokelat Monggo

Konon ceritanya cokelat Monggo lahir dari keinginan seorang warga negara Belgia bernama Thierry Detournay, yang resah karena tidak kunjung menemukan cokelat dengan citarasa khas Belgia.

Warga negara Belgia itu kemudian berinisiatif mendirikan pabrik cokelat yang sekarang kita kenal sebagai Cokelat Monggo. Di tangan Thierry, lahirlah Cokelat Monggo dengan citarasa beragam, mulai dari durian, mangga, sampai cabai merah. Cokelat putih dan hitam juga ada.

Di Yogyakarta, showroom Cokelat Monggo bisa ditemukan di beberapa lokasi:

  • Showroom Cokelat Monggo Kotagede. Dalem KG III/978, RT. 043/RW. 010, Kel. Purbayan, Kotagede, Yogyakarta 55173
  • Showroom Bangunjiwo. Jl. Tugu Gentong RT 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55184
  • Showroom Tirtodipuran. Jl Tirtodipuran No. 10, Kel. Mantrijeron, Yogyakarta 55143

Yangko Pak Prapto

Kesan legendaris terasa dari Yangko Pak Prapto. Maklum saja, usia produk ini sudah lebih dari 50 tahun!

Muncul pertama kali pada 1921, Yangko Pak Prapto dijual dalam berbagai varian rasa, mulai dari durian, nangka, cokelat, jeruk, dan wijen. Rasa yangko umumnya legit dan terbuat dari tepung ketan isi kacang dan gula. Nggak heran kalau makanan ini disebut sebagai mochi-nya Jawa.

Alamat toko Yangko Pak Prapto: Jl. Pramuka No.82, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

Gudeg Kaleng Andrawina Loka

Suka gudeg dan mau bawa makanan khas Yogyakarta satu ini sebagai oleh-oleh? Langsung aja sikat Gudeg Kaleng Andrawina Loka.

Gudeg kalengan biasanya lebih awet dan tak gampang basi, namun juga nggak melupakan citarasa alami gudeg yang manis dan gurih.

Alamat Gudeng Kaleng Andrawina Loka: Jalan Laksda Adisucipto km. 9 (seberang bandara Adisucipto).

Demikianlah sedikit rekomendasi dari kami. Kalau punya rencana menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, pokoknya jangan lupa beli semua oleh-oleh di atas ya!

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

Mau Tahu Donk

'Keju keledai' toh nyatanya jadi keju termahal sejagat. Harganya kurang lebih sekitar $600 per kilogram, atau sekitar Rp 8,7 juta bila dikonversi ke dalam...

Mau Tahu Donk

Pancasila pada dasarnya adalah ideologi negara. Dan karenanya sila 1 Pancasila bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari juga.

Mau Tahu Donk

Di Indonesia kita mengenal angin muson sebagai penanda pergantian musim. Lantas apa pengertiannya dan apa pengaruhnya terhadap iklim di negara ini?

Sehat dan Bahagia

Kita tentu tahu 75 persen tubuh kita terdiri dari air. Tanpa air tubuh bakal mengalami dehidrasi. Dan tanpa air, sistem metabolisme tubuh takkan bisa...

Mau Tahu Donk

Hak bercerai tidak hanya milik lelaki. DI Indonesia, peraturan menyebut perempuan juga memiliki hak menggugat cerai suaminya.

Mau Tahu Donk

Sejarah perdagangan di seluruh negara cenderung mengenal mata uang sebagai alat transaksi yang sah, namun sistem perdagangan kuno seperti barter, toh, nyatanya masih dilakukan...

Mau Tahu Donk

Sistem perdagangan yang memanfaatkan metode barter tidak pernah mati. Bahkan masih dilakukan sampai sekarang.

Mau Tahu Donk

Kehidupan di bawah laut memang indah. Penuh berkah. Namun kadang juga penuh dengan hewan-hewan mematikan.