Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sehat dan Bahagia

Bolehkah Perempuan Hamil Makan Ketoprak?

Panduan berikut berisi informasi dasar tentang kehamilan. Hubungi ahli kesehatan dan kandungan guna mendapat info lebih lengkap tentang kehamilan yang sehat.

Bolehkah ibu hamil makan ketoprak?
Bolehkah ibu hamil makan ketoprak? (Foto: Canva)

Senang atau tidak, ketoprak telah lama diakui sebagai salah satu makanan favorit bagi kebanyakan orang. Tapi kadang ada satu pertanyaan penting yang butuh jawaban pasti: bolehkah perempuan hamil makan ketoprak?

Jawabannya: boleh saja. Namun dengan catatan ibu yang sedang hamil tidak memiliki riwayat alergi kacang tanah.

Iklan

Atau bila suami atau keluarga suami memiliki riwayat alergi kacang tanah, maka perempuan yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan tersebut.

Hal ini dikarenakan untuk menjaga kemungkinan janin dalam kandungan terpapar alergi yang sama seperti orang tuanya.

Panduan nutrisi penting selama kehamilan

Ibu hamil harus pandai memilih nutrisi yang tepat.
Ibu hamil harus pandai memilih nutrisi yang tepat. (Foto: Getty Images/Canva)

Mengutip laman Hopkins Medicine, ada beberapa komponen kunci gaya hidup sehat selama masa kehamilan. Dan berdasarkan saran the Academy of Nutrition and Dietetics, komponen tersebut meliputi:

  • Diet seimbang
  • Olahraga teratur
  • Kenaikan berat badan yang wajar
  • Konsumsi suplemen mineral dan vitamin yang wajar dan tepat waktu

Lebih jauh lagi, sejumlah 300 kalori ekstra dibutuhkan perempuan hamil setiap hari. Jumlah ini bisa dicapai selama ibu hamil mampu melakukan diet protein yang seimbang dan mengkonsumsi biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Masih mengutip Hopkins Medicine, makanan yang mengandung lemak jahat harus diminimalisir – bila perlu tidak usah dikonsumsi.

Kalau ibu hamil bisa menjaga pola makan seimbang nan sehat, maka beberapa gejala kehamilan yang membuat tidak nyaman, seperti sembelit atau mual, bisa dihindari – atau setidaknya ditekan seminimum mungkin.

Beberapa gelas air putih setiap hari juga baik dikonsumsi, selain semangkuk sup atau segelas jus buah-buahan segar.

Kalau ibu hamil senang minuman dengan pemanis buatan atau kafein, bolehlah menunda konsumsi dua jenis minuman itu.

Atau setidaknya: berkonsultasilah dulu dengan ahli kesehatan atau dokter kandungan sebelum minum kafein atau apapun yang mengandung pemanis buatan.

Satu lagi: hindarilah alkohol selama masa kehamilan.

Makanan baik untuk menyehatkan kehamilan

Sumber makanan terpilih kaya nutrisi.
Sumber makanan terpilih kaya nutrisi. (Foto: Canva)

Daftar di bawah ini bisa jadi panduan awal untuk memilih makanan nutrisi yang esensial untuk membantu menyehatkan janin selama masa kehamilan.

Mengutip Mayo Clinic, ada beberapa macam jenis nutrisi yang justru baik dikonsumsi ibu hamil:

Makanan mengandung vitamin D

Jus jeruk, ikan salmon dan susu yang diperkaya merupakan sumber vitamin D yang baik. Untuk ibu hamil. Sumber makanan tersebut akan membantu memperkuat tulang janin.

Makanan dengan protein tinggi

Daging tanpa lemak, unggas, ikan, dan telur adalah sumber protein yang baik untuk dimakan selama masa kehamilan.

Lalu ada kacang-kacangan biji-bijian dan produk kedelai yang juga baik untuk dikonsumsi. Makanan berprotein tinggi bagus untuk menopang pertumbuhan janin.

Makanan mengandung zat besi

Daging merah tanpa lemak, unggas dan ikan, serta sereal yang diperkaya zat besi, bisa jadi pilihan. Zat besi membantu mencegah defisiensi anemia pada ibu hamil.

Makanan mengandung kalsium

Produk berbasis susu jadi sumber kalsium utama, termasuk kangkung dan brokoli. Sereal yang biasa dihidangkan ketika sarapan, atau segelas jus buah segar, juga sangat disarankan.

Makanan mengandung folat dan acid

Lagi-lagi sereal disarankan untuk dikonsumsi perempuan hamil. Selain itu kacang-kacangan, jeruk, sayuran hijau, dan kacang polong kering sudah lama dikenal sebagai sumber folat alami yang baik.

Kacang-kacangan yang baik untuk kehamilan.
Sumber kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. (Foto: Getty Images/Canva)

Omong-omong, folat dan acid membantu ibu hamil menghindari cacat pada bayi yang baru lahir.

Berdasarkan keterangan di atas, sudah jelas bahwa ketoprak, yang salah satu bahan terpentingnya adalah bumbu kacang, bisa dimasukkan ke dalam menu harian untuk ibu hamil.

Sebagai tambahan, ibu hamil juga bisa memakan suplemen tambahan, meski untuk ini diperlukan saran dari ahli gizi atau kandungan.

Iklan

Artikel Menarik Lainnya

Sehat dan Bahagia

Tanda hipertensi bisa dikenali dengan mudah, termasuk diantaranya rasa sakit di daerah tertentu. Begini cara mengenalinya.

Sehat dan Bahagia

Pandemi bisa saja mengakibatkan masalah mental serius. Dan karenanya kita wajib menjaga kesehatan mental pribadi.

Iklan