Connect with us

Hi, what are you looking for?

IKLAN

Sepakbola Inggris

Jelang Liverpool vs Manchester United: Rivalitas Abadi dua Tim Terpopuler

Kedua tim bertemu dalam kondisi dimana dua-duanya sama-sama berambisi menang untuk menjaga asa gelar juara.

matchday-liverpool-MU
Pilihannya hanya satu: menang. (Grafis: the Monkey Times)

the Monkey Times – Liverpool dan Manchester United secara tradisional adalah dua rival abadi yang persaingannya tidak pernah berkesudahan. Pertemuan kedua klub hari ini (Minggu, 17/01/2021) bahkan jadi lebih penting. Alasannya ada dua.

Pertama: baik MU dan Liverpool merupakan dua tim pemegang gelar juara Liga Inggris terbanyak. MU memenangi trofi sebanyak 20 kali. Sedangkan Liverpool 19 kali.

Kedua: United sedang berada di puncak klasemen. Keduanya dipisah jarak tiga poin (36 vs 33). Khusus bagi Liverpool, kalah berarti bencana.

Kondisi terkini kedua tim

Liverpool boleh jadi tidak dalam kondisi terbaik. Tiga pertandingan termutakhir mereka di Liga Inggris diakhiri dengan dua kekalahan dan satu hasil imbang.

Kondisi tersebut menyebabkan Liverpool sedikit terengah-engah di liga dan harus merelakan singgasana klasemen direbut Manchester United.

Namun kemenangan 1-4 atas Aston Villa di ajang FA Cup bisa jadi memberi energi untuk mengalahkan Man. United.

Apalagi Mohamed Salah pertandingan melawan MU nanti malam merupakan momen besar. Yang menang nantinya memang tidak menentukan gelar juara.

Tapi kedua tim tentunya tidak mau saling mengalah. Dengan begitu pilihannya hanya satu: menang atau berusaha keras mencoba untuk menang.

“Pertandingan [melawan MU] saat ini merupakan yang terpenting, karena mereka ada di peringat pertama dan kami di peringkat kedua,” kata Salah seperti dikutip the Monkey Times (Minggu, 17/01/2021) dari situs resmi Liverpool.

Dari sisi skuad, Liverpool tampaknya bakal tampil tanpa Joel Matip di pertahanan meski dia dikabarkan sudah ikut berlatih bersama skuad.

Di situs resmi Liverpool, Jurgen Klopp menyatakan masih akan melihat perkembangan kebugaran anak asuhnya itu.

Dari pihak United, Solksjaer dikabarkan akan bertamu ke Anfield tanpa membawa serta Martial, yang menerima cedera ketika mereka mengalahkan Burnley di tengah pekan.

Sang pelatih juga akan meracik taktik tanpa keberadaan Phil Jones dan Brandon Williams yang diterpa masalah kebugaran.

H2H Liverpool vs Manchester United

Setahun lalu Liverpool mengalahkan United dengan skor 2-0. Hasil itu menempatkan mereka jauh dari peringkat kedua, Manchester City, dengan selisih 16 poin.

Musim ini tentu saja kondisinya berbeda. Bertenggernya Manchester United di puncak klasemen sementara adalah yang pertama sejak mereka terakhir kali merasakannya pada musim 2012/2013 ketika Sir Alex Ferguson masih memegang komando kepelatihan.

Untuk urusan pertemuan dengan Liverpool selama lima pertandingan terakhir, United terlihat inferior dengan dua kekalahan, dua kali imbang, dan satu kali menang.

Walau begitu, statistik tersebut tidak berarti apa-apa, terutama dalam hal balapan menuju gelar juara Liga Inggris.

Kedua tim relatif imbang di sektor penyerangan, dan fakta baik Liverpool maupun United adalah dua tim pencetak gol terbanyak di liga. Dan di saat bersamaan, kedua tim sama-sama memegang rekor pertahanan terbaik kedua di antara top five klasemen Liga Inggris, meski keduanya sering bermain tanpa dua bek sentral.

Jangan lupa, daya magis Anfield juga mesti diperhitungkan, mengingat Liverpool sekarang memegang rekor 67 kali tidak terkalahkan di Anfield (dengan 55 kali kemenangan dan 12 kali imbang) sejak April 2017.

Kebalikan dengan United, mereka tidak pernah sekalipun menang dalam pertemuan dengan enam tim besar Liga Inggris. Bahkan selalu gagal mencetak gol dalam situasi open play, menurut Sports Mole.

Dengan kata lain, sejarah dan statistik tampak memihak Liverpool. Meski kita hendaknya juga tidak lupa bahwa United tentu tidak akan melepaskan kesempatan untuk terus konsisten berada di puncak klasemen.

Lagipula, Solksjaer tentu tidak ingin menjadi manajer ketiga sepanjang serah MU, yang tidak mampu menang dalam empat pertemuan pertama dengan Liverpool, kan?

  • Lima pertandingan terakhir Liverpool di EPL: DWWDDL
  • Lima pertandingan terakhir MU di EPL: WWDWWW
  • Prediksi skuad Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Henderson, Fabinho, Robertson, Thiago, Wijnaldum, Oxlade-Chamberlain, Mane, Salah, Firmino.
  • Prediksi skuad Manchester United: De Gea, Wan-Bissaka, Bailly, Maguire, Shaw, Matic, Pogba, Fernandes, Martial, Rashford, Cavani.
IKLAN

Artikel Menarik Lainnya

Sepakbola Inggris

Selain rekor kemenangan, Pep Guardiola juga merayakan hal lain dalam karirnya sebagai pelatih.

Bolaku

Sampai hari ini Robert Lewandowski tercatat mencetak 25 gol di Bundesliga. Terbanyak dibandingkan pemain Eropa lainnya.

Kabar Liga Champions

Hasil pertemuan 1 babak 16 besar Liga Champions menampilkan hasil yang mengejutkan untuk dua tim besar.

Sepakbola Italia

Sementara Juventus dan Milan kalah dari lawan masing-masing, Inter untuk sementara menikmati puncak klasemen Serie A matchday 22.

Sepakbola Italia

Hasil Serie A: tim ibukota AS Roma naik ke peringkat tiga, menggusur Juventus, setelah menang 3-0 atas Udinese.

Sepakbola Inggris

Liverpool kalah 3-1 dari Leicester di pertandingan Liga Premier Inggris matchday 24. Perjuangan semakin berat.

Sepakbola Italia

Di atas kertas, Juventus lebih matang ketimbang Atalanta. Jadi kami rasa mereka lebih layak menang ketimbang rivalnya itu.

Sepakbola Italia

Juventus, Inter dan Milan sama-sama mendapat kemenangan atas lawan-lawannya di matchday 21 Serie A. Tiga tim itu kini bersaing mengejar scudetto.