Connect with us

Hi, what are you looking for?

iklan
Iustrasi El Clásico paling sunyi sepanjang sejarah
Iustrasi El Clásico paling sunyi sepanjang sejarah

Sepakbola Spanyol

Jelang La Liga: El Clásico paling sunyi Sepanjang Sejarah

El Clásico tersunyi sepanjang sejarang akan dimainkan Sabtu (24/10/2020) dalam kondisi Madrid yang sedang loyo.

the Monkey Times – Isu kesehatan global membuat para penggemar tidak bisa datang ke pertandingan yang dianggap paling panas di seantero jagad La Liga: El Clásico. Pertandingan antara Barcelona vs Real Madrid akan digelar Sabtu malam (24/10/2020), di Camp Nou, pukul 21:00 WIB.

Walau begitu, El Clásico tetaplah El Clásico. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tahu betul siapa yang harus dihadapinya sebagai seorang pelatih. Dan dia tahu setiap pertandingan El Clásico selalu spesial.

“Ini (El Classico) cara terbaik untuk membalikkan keadaan karena ini adalah pertandingan yang kami hadapi besok.

Kami ingin membalikkan keadaan dan itulah yang akan kami lakukan dengan memainkan permainan kami,” kata Zidane dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Jumat (23/10/20), seperti dikutip situs resmi Real Madrid.

Hal apa gerangan yang ingin dibalikkan Zidane? Keadaan timnya sendiri? Apakah kondisi Real Madrid begitu buruk sampai-sampai harus dibuat lebih baik? Atau situasi stadion Camp Nou yang nantinya sepi, ingin dibuat ramai dengan kemenangan Real Madrid?

Sebagai catatan tambahan, musim ini menjadi penanda lain dimana pertandingan El Clásico di Stadion Camp Nou untuk pertama kalinya, sepanjang sejarah, bakal sunyi dari nyanyian dan siulan penonton.

Mungkin Zidane sedang berkaca pada kondisi tim terkini, yang sepertinya memang tidak terlalu baik. Setelah kalah tipis 1-0 dan miskin improvisasi melawan Cadiz, Madrid kembali kalah di ajang lain, yakni Liga Champions.

Mereka kalah di kandang melawan 2-3 melawan Shakhtar Donetsk, tim yang secara tradisi boleh lah dianggap semata sebagai biji kacang di ajang Liga Champions.

Dalam kondisi kalah dua kali berturut-turut melawan tim semenjana yang di atas kertas lebih lemah dari mereka, Madrid jelas harus memperbaiki diri.

Dan perbaikan itu sepertinya diharapkan juga oleh pelatih Barca, Ronald Koeman.

Koeman percaya walau mungkin Madrid sedang tidak dalam kondisi terbaik, tim lawannya itu tidak akan turun moralnya.

“Karena tidak pernah ada yang namanya loyo di (pertandingan sekelas) El Clásico,” kata Koeman dalam konferensi pers terpisah, seperti dikutip situs resmi Barca.

Menurut pelatih yang pernah mencetak total lima gol di El Clásico – semasa masih jadi pemain di Barca, Madrid tetap sebuah tim yang berpengalaman dan memegang kualitas yang dibutuhkan guna memenangkan pertandingan.

Singkat cerita, sang pelatih mengharapkan sisi Madrid yang lebih baik, tanpa cela dan tanpa celah.

Dia berkata begitu bukan lantaran mendukung Madrid untuk menang dari tim asuhannya. Namun bila Madrid tampil dengan penampilan terbaiknya, dan seandainya Barca menang nanti malam, Koeman menganggap kemenangan itu bukan lantaran kondisi Madrid yang sedang loyo, melainkan karena kerja keras pemainnya – dan karena itu mereka pantas menang.

“Para pemain pantas menang karena kerja keras yang mereka lakukan setiap hari. Kemenangan menunjukkan bahwa kamu sedang berada di jalan yang benar,” kata Koeman.

Malam nanti akan dilangsungkan El Clásico paling sunyi sepanjang sejarah Barca vs Madrid.

Bola
Written By

Redaktur yang bertanggung jawab mengabarkan informasi seputar dunia sepakbola. Dia sebenarnya nggak demen sepakbola.

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

Sepakbola Italia

Bukan Lukaku, bukan Lautaro. Adalah Matteo Damian yang jadi pahlawan babak kedua, yang mengantar Inter menang tipis 1-0 atas tim tamu Cagliari.

Sepakbola Spanyol

Tim-tim yang berjuang di papan tengah memperoleh hasil menggembirakan. Sementara yang di papan bawah sebaliknya: perjuangan tambah berat bagi mereka.

Sepakbola Spanyol

Real Madrid menang 2-1 atas Barcelona dalam duel yang memperlihatkan kebingungan Barca dalam menciptakan peluang bersih di depan gawang Madrid.

Sepakbola Inggris

Kekalahan 1-2 yang diterima Manchester City dari Leeds United agak di luar dugaan. Mengingat City tinggal 11 poin lagi menuju gelar juara.

Sepakbola Italia

Sepuluh kali menang berturut-turut di Serie A jadi yang pertama kalinya sejak era Roberto Mancini (2006/2007), ketika Inter menang 17 kali berturut-turut.

Sepakbola Italia

Inter dan Juventus akan memainkan partai tunda di tengah pekan. Kedua tim memegang misi berbeda. Juve harus memperbaiki penampilan. Inter ingin memecahkan rekor.

Sepakbola Inggris

Liga Inggris bukan cuma Chelsea yang kalah telak kemarin, tapi juga persaingan diantara tim-tim lain.

Sepakbola Inggris

Chelsea takluk 2-5 di tangan West Brom, tim semenjana yang kini sedang berjuang melepaskan diri dari zona drgradasi.