Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepakbola Inggris

2 Penalti 2 Offside: Liverpool yang Sial dan Beruntung Sekaligus

Liverpool mengalami kesialan kala bertandang ke markas Brighton, yang berhasil menahan imbang anak asuhan Jurgen Klopp dengan skor 1-1.

imbang-melawan-Brighton
Ilustrasi fans Liverpool memenuhi stadion. (Foto: Pixy)

the Monkey Times – Kejadian seperti offside sebetulnya jadi hal yang biasa saja dalam sebuah pertandingan sepakbola. Tapi mungkin bagi Liverpool, hal biasa seperti itu jadinya tidak biasa.

Apalagi ketika skuad asuhan Jurgen Klopp itu mencetak dua gol, namun akhirnya dianulir oleh wasit, dengan bantuan VAR, yang menyatakan pemain Liverpool terperangkap offside terlebih dahulu sebelum gol tercipta.

Semua itu terjadi di pertandingan antara Liverpool melawan Brighton, yang disudahi dengan skor imbang 1-1. Namun di balik kesialan, Liverpool toh memegang keberuntungan juga – walau dalam kadar yang lebih kecil.

14 menit sebelum gol Salah dianulir karena offside, Brighton mendapat kesempatan menjebol gawang Liverpool lewat titik penalti. Itu terjadi pada menit ke-20. Penalti diberikan setelah Neco Williams melanggar Aaron Connoly di kotak terlarang.

Algojo penalti diberikan kepada Neal Mupay. Sayang tembakannya melebar jauh dari sasaran. Dia kecewa? Jelas. Namun bagi Liverpool kegagalan itu jadi sebuah keberuntungan kecil.

Namun keberuntungan berubah jadi kesialan ketika wasit menganulir gol Liverpool 14 menit kemudian, tepatnya pada menit ke 34. Salah yang berlari setelah menerima umpan terobosan Firmino tinggal berhadapan langsung dengan kiper Brighton.

Bola berhasil diceploskan. Salah melakukan perayaan. Namun sayang wasit yang berkonsultasi dengan meminta bantuan VAR memutuskan untuk menganulir gol tersebut, setelah Salah dinyatakan berada dalam posisi offside.

Terus menyerang, kebuntuan pecah di menit ke-60. Diogo Jota yang menerima umpan Salah menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti. Tembakan mendatar Jota, yang terlihat pelan, tak bisa ditahan kiper Brighton. Mengubah kedudukan jadi 1-0 bagi Liverpool. Sampai di menit ini situasi tampak menguntungkan bagi Liverpool.

Tapi malang tak bisa ditolak, ketika lagi-lagi wasit membatalkan gol Liverpool pada menit ke-84. Sadio Mane yang menerima umpan tendangan bebas menanduk bola masuk ke gawang di tengah kerumunan bek Brighton.

Sang pemain melakukan perayaan, hanya untuk dikecewakan kemudian. Wasit membatalkan gol tersebut setelah sang pemain dinilai terperangkap offiside.

Kesialan bagi Liverpool benar-benar terjadi pada menit ke-90, ketika tim asuhan Jurgen Klopp itu menerima hukuman penalti. Anda tahu siapa aktor yang mendorong wasit mengambil keputusan tersebut? VAR lagi!

Dua kali gol dianulir wasit memberi keuntungan tersendiri kepada Brighton, yang akhirnya mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Di menit awal perpanjangan waktu babak kedua, wasit menunjuk titik penalti setelah tayangan ulang VAR memperlihatkan pelanggaran Andrew Robertson terhadap Danny Welbeck.

Pascal Gross ditunjuk jadi algojo. Dan dia berhasil menaklukkan Allison Becker di bawah mistar Liverpool.

Pada akhirnya Liverpool tidak beruntung. Menguasai penuh jalannya pertandingan, dengan keunggulan ball possesion yang cukup tinggi (60% berbanding 40% milik Brighton), anak asuh Jurgen Klopp gagal mambawa pulang tiga poin dari kandang Brighton.

“Penalti kedua adalah penalti karena wasit menunjuk titik putih. Ada kontak dan ketika wasit berkata itu cukup (untuk penalti), maka kami tidak bisa mengubahnya. Seperti itu situasinya,” kata Klopp di situs resmi Liverpool, seperti dikutip the Monkey Times (29/11/2020).

Sang pelatih tampaknya pasrah menerima hasil imbang yang diterima anak asuhnya kemarin malam.

Artikel Menarik Lainnya

Sepakbola Inggris

Setelah tidak kalah selama 15 pertandingan liga, MU akhirnya ke puncak klasemen. Pertama setelah musim 2012/13.

Sepakbola Inggris

Liverpool jelas tidak bisa tidur nyenyak begitu tahu bahwa tim-tim pesaing kian mendekat, dengan marjin yang begitu tipis.

Sepakbola Inggris

Tim tamu tidak bisa berbuat banyak menghadapi Southampton yang bertahan dengan sangat baik. Walhasil, rekor mereka terhenti.

Sepakbola Inggris

Liverpool sial karena kiper lawan bermain cemerlang. Man. United beruntung karena Rashford mencetak gol di menit-menit krusial.

Sepakbola Inggris

Hasil imbang melawan West Brom tidak mempengaruhi posisi the Reds di klasemen EPL. Mereka masih berada di puncak.

Sepakbola Inggris

Tim tamu membawa pulang sebiji poin berharga dari kandang Chelsea. Oliver Giroud membuka keunggulan, untuk kemudian disamakan Anwar El Ghazi.

Sepakbola Inggris

Arsenal makin dekat dengan zona degradasi setelah dikalahkan 2-1 oleh Everton di Goodison Park. Mikel Arteta bersikeras timnya dijauhi keberuntungan.

Sepakbola Inggris

Sebagai catatan, Liverpool bermain gemilang untuk mengalahkan Crystal Palace 7-0 di Selhurst Park. Salah mencetak 2 gol.