Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Jenis Tanaman Gantung Berbunga Dan Tips Merawatnya

Alih-alih membutuhkan bidang yang luas, tanaman jenis ini hanya membutuhkan media tanam berupa pot yang bisa diletakkan pada bagian pekarangan.


Tanaman gantung berbunga

Tampilan tanaman gantung berbunga (Foto : Arthemisphoto/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Ingin mempercantik tampilan depan rumah kamu? Mungkin tanaman gantung berbunga bisa jadi dekorasi yang tepat.

Iklan

Alih-alih membutuhkan bidang yang luas, tanaman jenis ini hanya membutuhkan media tanam berupa pot yang bisa diletakkan pada bagian pekarangan.

Untuk mendapatkannya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal kok, terlebih perawatannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Iklan

Kamu tidak akan menemukan pot bunga yang berserakan sehingga pembersihan tanah saat musim hujan datang yang pastinya sudah membuat banyak orang menyerah duluan.

Saat ini ada banyak sekali jenis tanaman hias berbunga yang bisa dijadikan tanaman gantung.

Iklan

Yuk, langsung liat 7 jenis tanaman gantung terbaik berikut yang dijamin akan membuat rumah kamu makin cantik dan asri dipandang.

Tanaman Begonia

Karena kecantikannya, tanaman begonia menjadi salah satu tanaman hias yang sangat diincar banyak orang.

Perawatannya yang mudah serta tampilannya yang menarik tentu semakin menambah kesan estetik.

Biasanya orang-orang menanam begonia untuk menghiasi berbagai sudut arena rumah, seperti halaman belakang bahkan digantung di pot.

Tanaman begonia terbagi dalam beberapa jenis, mulai dari Begonia Rex, Begonia Rhizomatous, Begonia Cane, Begonia Shrubs, Thick Stemmed Begonia, Begonia Lilin (Semperflorens), dan Tuberous Begonia yang hadir dalam berbagai warna, ukuran dan bentuk.

Fuschia

Di Indonesia juga disebut dengan kembang anting-anting india atau lampion dan merupakan genus tanaman hias dari keluarga Onagraceae.

Fuchsia adalah jenis tanaman berbunga yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Bunga Fuschia memiliki tampilan yang cantik dan dekoratif, diketahui berasal dari Amerika Selatan.

Untuk pilihan warnanya sendiri tergantung dengan jenis, ada yang berwarna kuning, oranye, biru, ungu, merah tua, dan putih.

Jika ingin membeli tanaman gantung Fuchsia, sebaiknya tidak melalui online karena bunga ini membutuhkan penanganan khusus ketika harus dipindahkan ke media tanam baru.

Lantana

Lantana cocok dijadikan tanaman gantung outdoor, berasal dari daratan tropis benua Amerika yang habitatnya tumbuh liar menjalar di pepohonan, pagar, dan dinding.

Warna bunganya sangat cantik dan cerah, mulai dari merah jambu, oranye, dan kuning yang mudah menarik perhatian lebah dan kupu-kupu untuk bertamu.

Perawatan Lantana tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyiramkan air setiap hari untuk membuat bunganya cepat mekar.

Petunia

Bunga petunia dikenal sebagai bunga yang memiliki waktu mekar tahan lama dengan warna-warna pastel indah.

Perawatannya cukup sederhana dan mudah, kamu bisa menanamnya di pot-pot container ataupun di taman kecil.

Untuk jenisnya sendiri ada empat, yakni spreading petunia, petunia multiflora, petunia miliflora, dan petunia grandiflora.

Saat membeli petunia muda, kamu harus pilih tanaman yang memiliki bentuk kompak dan kuncup yang belum terbuka.

Hoya Carnosa

Salah satu spesies dari kingdom Hoya asli dengan bentuk bunga unik yang indah, tersebar di beberapa negara seperi China, Burma, dan India.

Bunga ini memiliki aroma pekat di malam hari, rasanya mirip seperti coklat dan selai kacang.

Pada bagian daun, kamu akan melihat daun yang tebal, halus dan berwarna hijau yang bisa tumbuh sepanjang delapan sentimeter.

Bagian batang Hoya Carnosa juga akan tumbuh daun yang saling berlawan-lawanan. Bunga-bunganya akan selalu menghadap ke arah yang lebih banyak cahaya.

Hoya telah dipelihara sebagai tanaman hias eksotis di taman puri bangsawan Eropa pada beberapa abad yang lalu.

Pemanfaatan jenis-jenis Hoya sebagai tanaman hias pada saat ini pun semakin berkembang.

Million Bells

Million Bells adalah sepupu petunia, bahkan keduanya sangat mirip. Keunggulan dari tanaman ini adalah tidak layu meskipun suhu udara sedang panas.

Untuk menjaganya tetap mekar, kamu tidak perlu melakukan perawatan yang ekstra. Yang dibutuhkan hanyalah pupuk dan tanah berair serta paparan sinar matahari yang cukup.

Bunga Millions Bell akan semakin tampil cantik bila kamu menanamnya di pot bunga gantung berwarna cerah.

Geranium

Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias gantung, Geranium juga dapat menghalau nyamuk masuk ke rumah lho.

Bunga geranium punya karakteristik yang berbeda-beda, umumnya berwarna ungu dan merah.

Perlu diketahui bahwa bunga ini membutuhkan cuaca yang sejuk agar dapat tumbuh secara optimal.

Sehingga perlu dilakukan perawatan ekstra seperti pemberian pupuk saat geranium berbunga, menjaga suhu serta kelembaban, serta rajin menyiramnya dengan air.

Tips Merawat Tanaman Hias Berbunga Gantung Agar Tumbuh Subur

  • Kenali karakteristik tanaman gantung berbunga yang dimiliki karena hal ini sangat berpengaruh terhadap cara perawatannya nanti. Seperti jenis tanaman, varietas suhu yang tepat, cahaya, kelembaban air, serta metode perawatan terbaiknya.
  • Pastikan tanaman hias mendapatkan cahaya yang cukup agar dapat tumbuh subur. Intensitas cahaya matahari sangat diperlukan dalam proses fotosintesis.
  • Merawat tanaman hias dengan mencukupi kebutuhan air agar mendapatkan kualitas tanaman yang baik.
  • Menggunakan tanah yang tepat. Jika asal-asal, tanaman hias kamu bisa rusak atau mati lho. Silahkan berikan tanah dari gambut, humus, atau regosol.

Jenis tanaman gantung berbunga serta tips perawatannya sudah kami jelaskan secara lengkap diatas. Semoga kamu tidak lagi merasa bingung, ya.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: serba-serbi tumbuhan