7 Jenis Kue Kering Paling Disukai

Ada beberapa kukis yang memiliki rasa cenderung asin, gurih, bahkan semakin banyak juga pembuat kukis yang berinovasi dan menciptakan kukis dengan cita rasa beragam.


ilustrasi kue kering

kue kering


Oleh: Redoni

Diterbitkan:

the Monkey Times – Kalian pasti sudah tidak asing dengan makanan kecil yang kerap kali dijumpai ketika Lebaran, betul sekali kue kering.

Kukis dengan jenis yang beragam ini sangatlah banyak peminatnya. Tidak hanya anak-anak, tetapi juga digemari oleh semua usia dari seluruh kalangan masyarakat.

Bahkan, pada hari biasa (tidak hari raya) kukis masih menjadi cemilan dalam setiap keadaan, misal saat bersantai di sela-sela kesibukan atau sekedar sebagai teman minum teh di sore hari.

Jenis kue kering sangat banyak, untuk rasanya kukis tidak semuanya manis. Ada beberapa kukis yang memiliki rasa cenderung asin, gurih, bahkan semakin banyak juga pembuat kukis yang berinovasi dan menciptakan kukis dengan cita rasa beragam.

Selain mengalami perkembangan dari segi cita rasa, ukuran kue kering saat ini juga beraneka macam dari mulai kecil hingga besar, tentu harganya juga bervariasi.

Kue kering yang paling disukai

Namun, walau kukis mulai memiliki rasa dan ukuran yang bervariasi. Tetapi, ada beberapa kukis yang selalu menjadi pilihan favorit banyak orang dari dulu hingga sekarang. Berikut ini adalah beberapa jenis paling disukai :

Nastar

Kue kering pertama yang selalu wajib ada adalah Nastar. Kue yang diisi dengan selai nanas ini masih menjadi primadona di antara kue lainnya.

Bahkan tidak hanya disuguhkan saat Lebaran saja, namun saat Natal atau Imlek Nastar tetap pilihan nomor satu.

Untuk proses pembuatannya sendiri, kukis yang satu ini cukup memakan waktu. Karena selain membuat adonan kukis, kalian juga harus membuat selai nanas.

Diyakini bila Nastar akan lebih enak jika selai nanasnya dibuat sendiri daripada membeli selai yang sudah siap pakai.

Kastengel

Kue selanjutnya adalah kue keju atau lebih dikenal dengan kastengel. Kukis yang satu ini sangat cocok untuk penikmat makanan gurih cenderung asin.

Karena dari mulai adonan hingga taburannya didominasi dengan keju dan sama sekali tidak menggunakan pemanis untuk campurannya.

Untuk proses pembuatannya juga terbilang mudah, karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Akan lebih baik jika menggunakan beberapa jenis keju untuk dicampur pada adonannya. Bentuk dari kastengel juga tidak sulit dan cukup sederhana.

Baca Juga:  Kami Memberanikan Diri untuk Bikin All You Can Eat di Rumah

Putri Salju

Ciri khas utama dari kukis yang satu ini adalah taburan gula halus diatas kuenya. Sebenarnya untuk rasa dari kukisnya sendiri cenderung gurih.

Untuk adonan kue Putri Salju kalian memiliki banyak pilihan, karena ada beberapa resep yang menggunakan kacang (dihaluskan) sebagai campuran ada juga yang tidak. Tergantung selera saja.

Proses pembuatannya tidak terlalu rumit, untuk bentuk juga dapat dicetak sesuai keinginan.

Kebanyakan orang memilih bentuk bulan sabit atau bulat, yang terpenting dari Putri Salju jangan sampai lupa untuk menaburkan gula halus diatas kuenya.

Kue Kacang

Seperti namanya Kue Kacang, berarti bahan baku utama dari kukis ini adalah kacang.

Bagi kalian penggemar makanan olahan kacang, kue ini bisa menjadi pilihan. Aroma kacang yang sedap saat adonan dipanggang benar-benar menggugah selera.

Proses pembuatannya tidak rumit, bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Saran saja, jika ingin mendapatkan rasa kacang yang nikmat, ada baiknya menggunakan kacang mete atau almond sebagai campuran adonan, bisa kalian tumbuk kasar maupun halus.

Lidah Kucing

Kukis yang satu ini memiliki rasa manis walau bisa juga dibuat gurih dengan dicampurkan keju.

Bentuknya yang oval, pipih dan panjanglah penyebab kukis ini disebut Lidah Kucing.

Pembuatan dari kukis ini susah-susah gampang, karena bila salah takaran atau oven terlalu panas. Saat dipanggang tidak akan jadi atau meleleh.

Jadi, saat membuat Lidah Kucing pastikan takaran adonan kalian sudah pas dan pastikan suhu oven juga sesuai dengan petunjuk.

Karena jika tidak, kalian terpaksa harus mengulang pembuatan kue Lidah Kucing ini dari awal.

Sagu Keju

Kue Sagu Keju memiliki tekstur yang halus dan langsung lumer saat masuk ke dalam mulut.

Berbeda dengan kastengel yang memiliki adonan lebih padat, adonan dari Sagu Keju tidak sepadat kastengel, namun tidak juga selembut lidah kucing.

Kalian harus memastikan dengan baik semua ukuran bahan, sesuaikan dengan resep. Perhatikan juga temperatur oven saat memegangnya. 

Kue Cokelat

Kukis cokelat biasanya akan menjadi kegemaran anak-anak atau orang dewasa yang memang menyukai coklat.

Kue ini biasanya memiliki rasa manis atau sedikit pahit, tergantung campuran cokelat yang diberikan saat membuat adonan.

Saat dicetak, biasanya akan diberi taburan berupa coklat chip atau koko krunch, lalu setelahnya dipanggang hingga matang.

Nah, kukis coklat inilah yang paling banyak memiliki bentuk. Ada yang berukuran kecil, sedang, bahkan besar.

Baca Juga:  Jalan-jalan ke Toko Roti satu Abad

Dari ketujuh kue kering di atas, manakah yang menjadi favorit kalian? Sebenarnya banyak sekali ragam dari kukis.

Namun, sebagian masyarakat kita masih sangat mewajibkan kue-kue tersebut untuk menghiasi meja tamu, baik saat hari Raya Lebaran, Natal ataupun Imlek.

Tapi bukan berarti kue lain tidak enak, ini semua karena sudah menjadi tradisi sejak lama dan bertahan hingga sekarang.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: jenis kue kering, Kue kering, rekomendasi kuliner

Atau baca artikel lain yang ditulis: Redoni

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru