Jelang Liverpool vs Tottenham Hotspur: Siapa Paling Berpeluang Menang?

Prediksi hasil, H2H, link live streaming Liverpool vs Tottenham Hotspur.


liverpool-vs-tottenham

Ilustrasi jelang matchday liverpool vs tottenham. (Grafis: the Monkey Times)

Oleh: Bola
Diterbitkan:

the Monkey Times – Liverpool dan Tottenham akan bertemu di Anfield dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris pada Kamis, 17 Desember 2020.

Hadiah sebagai pemimpin klasemen sementara EPL akan diberikan bagi siapa pun yang menang di antara keduanya.

Baik Liverpool maupun Tottenham sama-sama menempati puncak klasemen Liga Premier Inggris, meski kali ini Tottenham berada di puncak karena menang selisih gol.

Matchday 13 yang mempertemukan kedua tim memang tidak menentukan gelar juara. Namun jelas tidak bisa diremehkan.

Sebab bila kalah, salah satu dari Liverpool atau Tottenham akan disusul Leicester City di peringkat ketiga. Namun dengan catatan Leicester menang melawan Everton di hari yang sama.

Walau begitu, pertemuan antara Liverpool dan Tottenham bukan cuma soal perebutan pucuk pimpinan klasemen. Lebih dari itu, pertandingan kamis nanti menandai pertemuan dua manajer untuk kali kesepuluh.

Rekor pertemuan Jurgen Klopp dan Jose Mourinho

Sebelumnya Klopp bersua dengan Mourinho dalam sembilan pertandingan. Dan pertemuan pertama antara keduanya terjadi pada 12 Oktober 2012 ketika Dortmund menang 2-1 atas Real Madrid di babak penyisihan grup Liga Champions.

Di pertemuan berikutnya Dortmund menahan imbang Real Madrid dengan skor 2-2. Ini terjadi pada 6 November 2012 di kompetisi yang sama.

Setahun kemudian, dua orang manajer brilian itu bertemu lagi di Liga Champions, di babak hidup-mati, semifinal Liga Champions.

Pertemuan pertama 24 April 2013 menghasilkan kemenangan telak 4-1 Dortmund atas Real Madrid.

Mou membalas kekalahan itu dengan membawa Real Madrid menang 2-0 di Santiago Bernabeu pada 30 April 2013. Tapi hasil itu tidak cukup membawa Real Madrid ke final.

Kedua manajer bertemu lagi di kompetisi Liga Premier Inggris, sebanyak lima kali. Kalau Klopp tetap ‘setia’ dengan Liverpool, Mou bertemu Klopp di bawah panji tiga klub berbeda: Chelsea, Manchester United, dan nantinya: Tottenham.

Dari rekam jejak historis pertemuan antara kedua manajer, boleh dibilang keduanya nyaris imbang dalam hal rekor kalah-mengalahkan dengan tim yang mereka latih.

Dalam sembilan kali pertemuan, Klopp 3 kali menang melawan Mourinho. Sedangkan Mourinho 2 kali menang melawan Klopp. 4 pertemuan lain kedua manajer menghasilkan skor imbang.

TanggalKompetisiHasil
10 Maret 2018Liga Premier InggrisMan United 2-1 Liverpool
14 Oktober 2017Liga Premier InggrisLiverpool 0-0 Man United
15 Januari 2017Liga Premier InggrisMan United 1-1 Liverpool
17 Oktober 2016Liga Premier InggrisLiverpool 0-0 Man United
31 Oktober 2015Liga Premier InggrisChelsea 1-3 Liverpool
30 April 2013Semifinal Liga ChampionsReal Madrid 2-0 Dortmund
24 April 2013Semifinal Liga ChampionsDortmund 4-1 Real Madrid
6 November 2012Babak grup Liga ChampionsReal Madrid 2-2 Dortmund
24 Oktober 2012Babak grup Liga ChampionsDortmund 2-1 Real Madrid

Pakem statistik rekor pertemuan kedua manajer tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk mengatakan Mourinho lebih inferior ketimbang Klopp. Pada gilirannya kita tidak bisa mengatakan Klopp lebih jenius ketimbang Mourinho.

Baca Juga:  Liverpool yang Tunduk di Hadapan Brighton

Namun bila acuannya kondisi terkini kedua tim, Mourinho lebih unggul ketimbang Klopp. Paling tidak ketika Klopp dipusingkan dengan kondisi cedera yang dialami punggawa pertahanan, plus situasi terkini dimana Diogo Jota dipaksa absen selama 10 pekan karena cedera lutut, Mourinho relatif bebas dari kepusingan macam itu.

Pertanyaannya kemudian: apakah pasukan asuhan Jurgen Klopp lantas jadi tidak stabil karena badai cedera yang menimpa pemainnya?

Sejauh ini tidak. Kecuali kekalahan memalukan dari Aston Villa, Liverpool sejauh ini bisa mengatasi krisis cedera dengan tetap meraih hasil maksimal.

Mereka dinyatakan lolos ke babak 16 besar Liga Champions, dan sampai saat ini masih bisa bersaing secara kompetitif di Liga Premier Inggris.

Jadi pertandingan antara keduanya nanti bisa jadi menarik bagi kita. Pragmatisme sepakbola ala Mou akan berhadapan dengan gegenpressing ala Klopp. Siapa yang akan keluar sebagai pemenang?

Bila rekor pertemuan jadi ukurannya, kita belum melihat keunggulan mutlak Klopp atas Mourinho. Namun di masa lalu pragmatisme sepakbola ala Mou jadi kunci utama yang membuatnya mampu memberi treble winner untuk Inter pada 2010.

Rekor H2H Liverpool vs Tottenham

  • Liverpool memenangkan lima pertandingan terakhir melawan Tottenham.
  • Sejak 1909, Liverpool telah bertemu Tottenham di semua kompetisi sebanyak 175 kali. Liverpool menang 85 kali, sedangkan Tottenham 48 kali. 42 pertandingan lain berakhir imbang.
  • Kemenangan terbesar Tottenham atas Liverpool terjadi pada 15 April 1963. Tottenham menang 7-2 atas Liverpool.
  • Pada 31 Oktober 1914, Liverpool mengalahkan Tottenham 7-2 dan tercatat sebagai kemenangan terbesar Liverpool atas Tottenham

Link Streaming Liverpool vs Tottenham

Anda bisa menyaksikan pertandingan Liverpool vs Tottenham melalui platform Mola TV. Bila tidak ada halangan, siaran pertandingan Liverpool vs Tottenham akan dimulai pada Kamis dini hari (17/12/2020) pukul 03:00 WIB.

Link streaming Mola TV bisa diakses lewat tautan berikut ini. Anda diharuskan berlangganan dan login terlebih dulu sebelum menonton pertandingan Liverpool vs Tottenham di Mola TV.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: baca berita, berita hari ini, jelang matchday, kabar sepakbola

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru