Jelang Inter vs Juventus: Yang Menang bakal Lebih Tentram

Kalian menjagokan tim mana?


jelang-matchday-inter-juventus

Inter maupun Juventus sama-sama mengejar gelar juara Serie A. (Foto: the Monkey Times)


Oleh: Bola

Diterbitkan:

the Monkey Times – Deby d’Italia jilid ke 175 mempertemukan Inter Milan dan Juventus di atas lapangan hijau. Pertandingan kedua tim akan berlangsung Senin dini hari mendatang (18/01/2021).

Kedua tim berhadap-hadapan, dengan isi kepala masing-masing pelatih yang berbeda. Kalau Andrea Pirlo mengambil ancang-ancang keinginan mempertahankan gelar juara Serie A, maka Antonio Conte punya misi memberikan gelar juara Serie A untuk pertama kalinya buat Inter.

Kedua tim dipisahkan empat poin di klasemen, dengan Inter menempati posisi kedua dengan 37 poin dari 17 pertandingan. Sementara itu Juventus di posisi empat, mengumpulkan 33 poin dari 16 pertandingan.

Namun nasib kedua tim berbeda dalam enam pekan Serie A terakhir.

Inter mengawali awal tahun di Serie A dengan kekalahan dari Sampdoria, setelah sebelumnya berjaya dengan rentetan 8 kemenangan berturut-turut.

Dari pihak lawan sebaliknya, Juventus belum pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka di Serie A, bahkan menang tiga kali berturut-turut.

Itulah mengapa Inter tampak mempertaruhkan banyak hal di pertandingan melawan Juventus Senin dini hari mendatang.

Menang berarti mereka bisa menjaga jarak dengan AC Milan, sekaligus memelihara asa juara. Kalah berarti hidup mereka bisa jadi tegang, karena diancam tim yang berada di bawah mereka.

Bagi Juventus, kemenangan atas Inter nantinya akan membuat beban mereka dalam mengejar posisi puncak berkurang. Selain mengurangi gap poin, toh mereka masih punya tabungan satu pertandingan.

Jadi bila salah satu dari keduanya menang, hidup mereka sama-sama bakal tentram.

Kondisi terkini Inter dan Juventus

Inter agaknya menyimpan semangat baik setelah kemenangan 2-1 atas Fiorentina memastikan tempat tim di perempat final Coppa Italia. Lalu catatan khusus patut diberikan untuk Lukaku.

Walaupun striker asal Belgia itu tidak mencetak gol ketika Inter kalah 2-1 dari Sampdoria, dia toh mencetak 5 gol dalam 6 pertandingan terakhir melawan Inter. Sumbangsih terbarunya terlihat ketika melawan Fiorentina, dimana dia mencetak satu gol sundulan di menit-menit akhir.

Dan jangan lupa, duetnya bersama Lautaro Martinez, ditambah dengan bek sayap Achraf Hakimi, sejauh ini sudah mencetak rata-rata 2,5 poin per pertandingan, menurut data Sportsmole.

Rataan sebesar itu sudah cukup mensahkan Inter sebagai tim dengan agresivitas tertinggi di Serie A, meski sebetulnya mereka masih perlu mengimbanginya dengan pertahanan yang kuat.

Baca Juga:  41 Gol di matchday 4: Hasil dan Klasemen Liga Italia Serie A

Untuk soal pertahanan, Inter sudah kebobolan 23 gol. Menjadikannya tim dengan pertahanan kedua terburuk diantara tim penghuni enam besar klasemen sementara Serie A.

Tapi di tengah status tersebut, muncul Marcelo Brozovic. Dia kini jadi pemain penting di starting eleven Inter dengan menyumbang assist dalam empat pertandingan terbaru Inter.

Ada kemungkinan dia akan disandingkan dengan Cristian Eriksen di lapangan tengah, yang pada pertandingan melawan Fiorentina tempo hari dipasang sebagai deep-lying play-maker.

Sebaliknya, Juventus sedang on-fire dengan empat kemenangan berturut-turut sejak pergantian tahun, termasuk diantaranya kemenangan 1-3 melawan AC Milan.

Jangan lupa, secara tradisi Juventus selalu unggul dari Inter sejak 2017, dengan lima kemenangan dan dua kali imbang.

Pada gilirannya pertemuan kedua tim bukan cuma soal masing-masing tim secara keseluruhan, namun juga soal persaingan individu.

Lukaku dan Ronaldo bersaing menggaet gelar individu sebagai top skorer Serie A. Nama pertama sudah mencetak 12 gol sejauh ini. Dan Ronaldo 15 gol.

Tampaknya Lukaku punya kesempatan mendekati jumlah gol Ronaldo, sebab pemain Portugal itu kabarnya bakal absen karena COVID-19.

Kesimpulannya, Juventus takkan kesulitan memenangkan pertandingan melawan Inter, dengan catatan mereka nantinya mampu mengeksploitasi kelemahan pertahanan Inter.

Di pihak Inter, kesuburan Lukaku plus kehadiran Lautaro dan Hakimi bakal menjadikan Inter lebih eksploitatif. Apalagi bila Brozovic juga menemukan harinya di pertandingan melawan Juve Senin dini hari mendatang.

  • Lima pertandingan terbaru Inter Milan di Serie A: WWWLD
  • Lima pertandingan terbaru Juventus di Serie A: WLWWW

Prediksi starting XI Juventus:
Szczesny; Danilo, Demiral, Bonucci, Frabotta; Chiesa, Rabiot, Bentancur, Ramsey; Morata, Ronaldo

Prediksi starting XI Inter:
Handanovic; Skriniar, De Vrij, Bastoni; Hakimi, Barella, Brozovic, Vidal; Young; Martinez, Lukaku

Temukan artikel menarik lainnya di topik: jelang matchday, kabar sepakbola

Atau baca artikel lain yang ditulis: Bola



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial