Penulis: Dina Meidiana

Tips Liburan Ke Luar Negeri Anti Gagal Untuk Pemula

Karena tidak seperti di negara sendiri, jika ke negara lain berarti kamu harus memahami segala bahasa, budaya, keamanan dan lain sebagainya.

the Monkey Times – Berlibur ke luar negeri saat ini tidaklah sulit seperti dulu. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang yang bisa membantu kamu untuk menikmati liburan ke luar negeri tanpa repot. Dari mulai transportasi hingga akomodasi bisa direncanakan dengan lebih praktis. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips berlibur ke luar negeri bagi kamu yang masih pemula. Ikuti terus pembahasannya, ya. 

Tips Berlibur Ke Luar Negeri Untuk Pemula 

Meski sekarang ini semua sudah sangat mudah untuk dilakukan, tapi berlibur ke luar negeri juga membutuhkan banyak persiapan matang.

Karena tidak seperti di negara sendiri, jika ke negara lain berarti kamu harus memahami segala bahasa, budaya, keamanan dan lain sebagainya.

Supaya liburan di negeri orang bisa lebih nyaman, berikut ini tipsnya: 

Siapkan dokumennya 

Ketika kamu ingin mengunjungi negara lain, maka ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi. Pertama sudah pasti paspor.

Jika kamu masih belum memiliki paspor, baiknya membuatnya terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk membuat paspor tiga bulan sebelum rencana keberangkatan.

Karena pembuatannya memerlukan waktu agak lama. Kadang, paspor juga dibutuhkan untuk booking tiket pesawat. 

Apabila paspor sudah jadi, selanjutnya kamu harus membuat visa yang diperlukan jika mengunjungi negara yang tidak bebas visa.

Tujuan dari visa ini adalah sebagai dokumen izin masuk ke negara yang kamu tuju. Pembuatan visa tidaklah mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan termasuk mengisi formulir secara online dan menyerahkan buku tabungan. 

Bahkan biaya untuk bisa memperoleh visa ini terbilang tidak sedikit. Bila kamu memang tidak memiliki budget tinggi ketika ingin berlibur ke luar negeri, bisa mengunjungi beberapa negara yang sudah bebas visa.

Misalnya negara-negara ASEAN yaitu Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan lain-lain. Jepang pun juga telah memberikan bebas visa untuk turis di Indonesia. 

Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari 

Bila kamu ingin menghemat biaya perjalanan ke luar negeri, lebih baik memesan tiket jauh-jauh hari, paling tidak 3 bulan sebelumnya.

Biasanya jika sudah memesan tiket jauh sebelum waktu keberangkatan, ada promo yang diberikan oleh pihak maskapai.

Selain untung karena tiket yang jauh lebih murah, kamu juga bisa mempersiapkan beberapa hal lainnya seperti paspor dan visa. 

Buat itinerary 

Jika kamu ikut agen travel, mungkin masalah itinerary tidak perlu dikhawatirkan. Tapi, kalau kamu liburan sendiri maka jelas harus membuat seluruh jadwal liburan sendiri.

Seperti yang kamu tahu, sekarang ini segala informasi bisa diperoleh dari internet. Kamu juga bisa membuat itinerary dari travel blogger atau artikel lain yang berhubungan dengan negara tujuan. 

Tidak hanya lokasi tujuan saja yang harus kamu cari tahu, tapi juga transportasi serta biaya untuk menuju destinasi wisata, restoran terdekat, jarak tempuh, hotel dan lain sebagainya.

Pastikan tidak ada satupun yang terlewat, karena ini untuk mencegah kamu kesasar sehingga waktu liburan singkat pun tidak akan sia-sia. 

Tukarkan uang asing di Indonesia 

Ada baiknya kamu menukarkan uang dari rupiah ke mata uang asing di Indonesia saja. Karena ada beberapa negara yang tidak menerima rupiah untuk ditukarkan ke mata uang mereka.

Alasan lain kenapa harus menukarkan uang di dalam negeri juga dari biayanya. Kalau kamu menukarnya di bandara, bisa jadi akan lebih mahal. Kamu bisa ke money changer atau bank lokal untuk melakukan penukaran mata uang.

Perdalam Bahasa Inggris 

Poin yang satu ini sangatlah penting, tidak mungkin kamu berlibur keluar negeri hanya dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Tapi, jika kamu ke Malaysia tidak masalah tidak begitu pandai Bahasa Inggris karena bahasa Melayu mirip dengan bahasa kita.

Setidaknya, kamu sedikit paham Bahasa Inggris walau tidak lancar berbicara, minimal bisa mengerti apa yang orang lain bicarakan dan cara menjawabnya.

Bisa juga menggunakan bantuan dari aplikasi penerjemah yang bisa didownload di ponsel.

Pesan penginapan saat di Indonesia 

Kalau ingin mendapatkan penginapan murah di luar negeri, coba pesan ketika masih di Indonesia.

Lebih murah karena uang yang digunakan masih rupiah. Selain itu, kelebihan memesan hotel saat masih di dalam negeri adalah untuk mengantisipasi kamu tidak mendapatkan jaringan internet ketika sudah sampai di negara tujuan.

Jadi, seluruh perjalanan liburan akan terasa lebih nyaman. 

Tidak ada salahnya bawa makanan kering dari Indonesia 

Bukan berarti kamu tidak akan bisa mendapatkan makanan lezat di luar negeri, hanya saja terkadang rasanya tidak cocok di lidah.

Jadi, tidak ada salahnya kamu membawa beberapa makanan kering selama perjalanan. Contohnya adalah abon, mie instan dalam bentuk cup, sambal dan lain-lain. Minimal, ada rasa yang kamu sukai ketika memang tidak menemukan makanan yang sesuai. 

Demikianlah beberapa tips liburan ke luar negeri untuk pemula agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Jangan lupa ketika berlibur ke luar negeri untuk selalu menjaga barang bawaan dengan baik, terutama dokumen paspor atau KTP. 

Photo of author
Penulis konten yang tinggal di Jogja. Menggemari segala hal berbau Korea. Tetap santai dikala ada kesempatan.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

Cafe di Solo
Rekomendasi Cafe di Solo yang Cocok untuk Nongkrong
Tips menabung untuk liburan
Buat yang Punya Mimpi traveling, ini Dia Tips Menabung untuk Liburan
Desa Wisata Bali
Daftar Desa Wisata Bali yang Bikin Dunia Terpukau
Biaya liburan ke Jepang
Kata Siapa Biaya Liburan ke Jepang Mesti Mahal?
Tips Liburan ke Luar Negeri
Tips Liburan Ke Luar Negeri Anti Gagal Untuk Pemula
Bali safari
Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Bali Berikut Tips Memilihnya

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini