Review Smart Capsule by Buton
Kami berkesempatan menginap di Smart Capsule by Buton ketika menghabiskan waktu semalam di Bandung, 21 Oktober 2022. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Smart Capsule by Buton: Pengalaman Semalam di Hotel Kapsul Bandung

Smart Capsule by Buton termasuk satu penginapan murah di Bandung yang bisa kami rekomendasikan.

Photo of author
Oleh: Mas Hadid
Editor in chief di the Monkey Times. Menaruh minat luas pada perkembangan media digital dan arus wacana yang berkembang di sekitarnya. Bergabung dengan the Monkey Times sejak 2019.
advertisement

the Monkey Times – Saya bukanlah seorang backpacker yang taat – dalam arti bukan menjadi hobi, namun di saat bersamaan saya tetap manusia yang nalurinya selalu menyukai sesuatu yang murah.

Naluri alamiah tersebut berlaku juga ketika mencari penginapan murah di Bandung.

21 Oktober 2022 silam saya menginap di Smart Capsule by Buton, sebuah hotel kapsul yang lokasinya sangat dekat dengan pusat oleh-oleh Kartika Sari dan Stasiun Bandung.

Saking dekatnya, kedua tempat tersebut bisa ditempuh dari penginapan Smart Capsule by Buton dengan berjalan kaki.

Lebih dekat dengan Smart Capsule by Buton scaled
Melihat dari dekat wujud kapsul tidur yang dipersembahkan Smart Capsule by Buton. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Saya suka dengan cara Buton menempatkan penginapan mereka di lokasi yang menurut saya paling strategis. Maksudnya, seseorang yang hanya ingin menghabiskan waktu semalam di kota yang jauh dari tempat tinggalnya cenderung mencari penginapan yang dekat dengan lokasi strategis (seperti stasiun, misalnya).

Ketika check in di malam hari – Jumat, 21 Oktober, sekitar pukul 21:00 – saya tidak terlalu memperhatikan level strategis Smart Capsule by Buton. Baru pagi harinya saya sadar bahwa saya tinggal berjalan kaki selama 5 menit untuk mencapai Stasiun Bandung, guna kembali lagi ke Jakarta.

Jadi dari segi lokasinya yang super strategis, Smart Capsule by Buton sangat memenuhi keinginan orang-orang yang ingin menghabiskan waktu untuk bermalam saja, di dekat pusat transportasi yang akan membawa mereka pulang keesokan harinya.

Namanya juga hotel kapsul

Dimana-mana yang namanya hotel kapsul cenderung sama. Kamu mendapatkan fasilitas minim; hanya satu ruang tidur dengan panjang kurang lebih 2 meter, lebar kurang lebih 60 cm dan tinggi sekitar 100 cm – yang harus dimasuki dengan cara merangkak ke dalam.

Ruangan Smart Capsule by Buton
Satu ruangan berpendingin udara di mana kapsul-kapsul tidur ditempatkan di Smart Capsule by Buton. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Karena minim fasilitas, Smart Capsule by Buton menyediakan ruangan tidur yang terlihat apa adanya.

Artinya penginapan murah di Bandung macam Smart Capsule by Buton menurut saya cenderung lebih cocok digunakan orang-orang yang sekadar ingin menghabiskan waktu semalam karena ketinggalan kereta, misalnya, dan sepertinya kurang cocok bila dijadikan opsi untuk menginap lebih dari tiga hari.

Fasilitas Smart Capsule by Buton

Seluruh ruangan tidur berbentuk kapsul ditempatkan di dalam ruangan, di bagian samping rumah. Kurang lebih ada 10 kapsul (saya tidak menghitungnya secara pasti) yang disediakan ketika saya mendatanginya.

Di dalam kapsul, setiap tamu disediakan handuk standar, namun minus perlengkapan mandi seperti sabun atau sikat gigi. Kipas angin dengan ventilasi tersedia di dalam kapsul, melengkapi pendingin udara yang ditempatkan di ruangan di mana tumpukan kapsul ditaruh.

Kasurnya empuk dan bersih. Walau terbilang sempit, saya tidak merasa kepanasan – sepertinya karena faktor pendingin ruangan, dan kipas berventilasi yang dipasang di dalam kapsul tidur.

Bangunan penginapannya sendiri merupakan rumah keluarga, di mana. bagian ruang tamu difungsikan sebagai “lobby”. Ketika saya check ini, terlihat sebuah soccer table di ruang tamu tersebut.

Pengelola menyediakan kulkas dan dapur dengan peralatan masak standar. Kalau kamu punya ide memasak, keduanya bebas digunakan. Tampaknya pengelola Smart Capsule by Buton merancang penginapan tersebut sebagai lanskap kecil di mana tamu yang menginap bisa bercengkerama dan melakukan kegiatan masak bareng, misalnya.

Kamar mandi yang disediakan biasa saja. Ada shower dengan air panas di bagian dalam dan sebuah cermin untuk berdandan.

3
Kamar mandi standar di Smart Capsule by Buton. Sudah menyediakan shower dengan air panas. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Sebuah ruang ibadah (sholat) kecil disediakan di ruangan di mana kapsul-kapsul tempat tidur ditempatkan.

Ketika menginap semalam di sana, saya disambut seorang pria sunda yang menjaga tempat tersebut sampai Sabtu pagi (22 Oktober 2022). Malam sebelumnya saya bertanya kepadanya apakah penginapan itu sering ramai.

“Ramai, mas. Apalagi kalau akhir pekan. Biasanya full,” pungkasnya. Jadi saya termasuk beruntung masih mendapat kamar murah untuk menginap semalam.

Oh ya, waktu itu saya menginap di sana hanya dengan membayar Rp 123,499 untuk satu malam, melalui Tiket.com. Terlalu murah? Atau masih termasuk mahal untuk kantong(mu)?

Salah satu ruang kapsul di Smart Capsule by Buton

Smart Capsule by Buton

★★★★★
Untuk sebuah hotel kapsul yang berada di lokasi super strategis, Smart Capsule by Buton termasuk satu penginapan yang bisa kami rekomendasikan.
Harga kapsul tidur per malam-nya terbilang sangat murah (di hari ketika kami menginap di sana). Soal fasilitas dan kebersihan kami nilai cukup untuk penginapan di kelasnya.

Kelebihan

Murah

Bersih

Penjaga ramah

Kekurangan

AC bocor

Ruang shalat sempit

Berita Terkini:
Bagian depan Stasiun Tangerang

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

advertisement
Artikel Terkait:
Review Smart Capsule by Buton
Smart Capsule by Buton: Pengalaman Semalam di Hotel Kapsul Bandung
tempat wisata horor di Malang
Wisata Horor di Malang, Sudah Pernah Nyoba?
ilustrasi keripik buah malang
Keripik Buah Malang Memang Juaranya Oleh-oleh
wisata pantai Malang
Liburan nggak Lengkap tanpa Jelajah Wisata Pantai Malang
ilustrasi wisata kuliner malang
7 Rekomendasi Wisata Kuliner Malang yang Pasti bikin Kangen
kampung warna-warni di Malang
9 Rekomendasi Lokasi Wisata di Malang Murah Meriah
advertisement

Logo the Monkey Times

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia.

Bagikan artikel ini