JAK 28 dan JAK 73: Dua Angkot ke LRT Harjamukti

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
Poin Penting
  • Mikrotrans JAK 28 merupakan layanan Transjakarta yang menyediakan akses angkot dari Terminal Kampung Rambutan ke Stasiun LRT Harjamukti yang terletak di Cibubur.
  • Selain JAK 28, ada JAK 73 yang melayani penumpang dari Pasar Rebo ke Stasiun LRT Harjamukti.

Sejak Stasiun LRT Harjamukti, Depok, yang berada di kawasan Cibubur diaktifkan, praktis pola angkutan umum di kawasan ini turut berubah. Di bagian depan stasiun, di jalan raya penghubung ke Cibubur Junction, misalnya, siapa pun yang kebetulan merambah kawasan tersebut untuk naik LRT akan dengan mudah menemukan pengemudi ojol dan taksi berkerumun di area pintu keluar stasiun.

Dan di antara kerumunan pengemudi ojol dan taksi di depan stasiun, kita juga akan dengan mudah menemukan dua angkot Jaklingko yang dikelola Transjakarta, yakni JAK 28 dan JAK 73. Keduanya menyodorkan rute yang berbeda, yakni dari Stasiun LRT Harjamukti dengan tujuan Pasar Rebo (JAK 73) dan Kampung Rambutan (JAK 28). Kemana saja kedua angkot tersebut mengantar penumpangnya?

Rute JAK 28

peta rute jak 28
Peta rute JAK 28. (Foto: Transjakarta.co.id)

Rute JAK 28 sangat praktis bagi warga yang bertempat tinggal di kawasan sebelah barat Cibubur Junction. Dari Stasiun LRT Harjamukti, angkot ini akan melaju ke arah barat melewati Puskesmas Cibubur hingga Ciba, kemudian berbelok ke Jalan Raya Bogor, terus hingga ke arah Flyover Raya Bogor. Dari titik tersebut, angkot kemudian berbelok ke kanan, arah RS Jantung Binawaluya, dan melewati Jalan Baru Tanah Merdeka, terus ke Gang Molen untuk kemudian memutar menuju ke dalam Terminal Kampung Rambutan.

JAK 28 beroperasi setiap hari, Senin — Minggu mulai pukul 05:00 hingga 22:00. Sampai artikel ini ditulis, ongkosnya masih gratis.

Angkot JAK 28 menjadi sebuah opsi alternatif selain bus Transjakarta 7V yang melayani penumpang di rute Cibubur Junction ke Kampung Rambutan.

Rute JAK 73

peta rute jak 73
Peta rute JAK 28. (Foto: Transjakarta.co.id)

Rute JAK 73 nyaris sama dengan JAK 28. Perbedaannya hanya angkot satu ini berangkat dari Stasiun LRT Harjamukti, kemudian menyusuri kawasan Kelapa Dua Wetan, Jalan Raya Bogor, RS Harapan Bunda, dan mengakhiri rute di akses bawah Flyover Raya Bogor. Dengan kata lain, di perempatan Flyover Raya Bogor angkot ini berjalan lurus ke arah Pasar Rebo, kemudian memutar di bus stop Jakarta Islamic Hospital (Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Fauzan).

Sama seperti JAK 28, JAK 73 masih menggratiskan ongkos bagi penumpangnya.

Memudahkan Penumpang

mikrotrans jak 73 lrt harjamukti pasar rebo
Angkot JAK 73 dari Pasar Rebo ke LRT Harjamukti, Depok, berbelok ke arah Stasiun LRT. Angkot satu ini memudahkan akses bagi warga Cibubur yang ingin bertolak ke Cawang sampai Dukuh Atas menggunakan LRT. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Hadirnya kedua angkot, JAK 73 dan JAK 28, memang memudahkan bagi warga Cibubur yang tinggal di kawasan sebelah barat Cibubur Junction, sekaligus sehari-hari bekerja di kawasan yang dilalui LRT Cibubur Line. Ongkos keduanya yang masih gratis juga menjadi nilai plus lain.