Penulis: tmtimes news

Jadwal KRL Yogyakarta Solo dan Sebaliknya: Harga Tiket, Rute dan Stasiun Pemberhentian

Mau naik KRL dari Jogja ke Solo? Kami sudah menyediakan jadwal terbarunya.

the Monkey Times – Akhir 2021 silam PT KAI Indonesia sudah menyelesaikan elektrifikasi jalur kereta Yogyakarta – Solo. Konsekuensinya, jadwal Prambanan Ekspress berubah dan tidak lagi melayani jalur tersebut.

Sebagai gantinya, warga Jogja dan Solo bisa bolak-balik ke kedua kota menggunakan commuter line atau Kereta Rel Listrik. Berikut jadwal KRL Yogyakarta Solo yang berangkat setiap hari.

Harga Tiket dan Rute KRL Jogja ke Solo dan Sebaliknya

Rute KRL dari Stasiun Yogyakarta ke Solo Balapan dan sebaliknya berhenti di sembilan stasiun, yakni Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok dan Purwosari.

KRL Jogja Solo di stasiun Solo Balapan
KRL Jogja Solo terparkir di Stasiun Solo Balapan. (Foto: Mas Hadid/tmtimes.id)

Harga tiketnya sendiri ditetapkan flat Rp 8,000 sekali perjalanan, dan tidak memperhitungkan titik keberangkatan awal penumpang. Jadi katakanlah kamu mau naik KRL Jogja Solo dari Stasiun Ceper ke Solo Balapan, maka harga tiketnya tetap Rp 8,000.

Dengan kata lain, penumpang yang berangkat dari Stasiun Ceper tetap dikenakan tarif yang sama dengan penumpang yang berangkat dari Stasiun Yogyakarta.

Penumpang bisa naik KRL Jogja Solo menggunakan Kartu Multi Trip yang disediakan KAI Commuter.

Tapi kalau tidak mau repot dan ternyata kamu sudah punya kartu e-money, KAI juga menerima pembayaran lewat BNI Tap Cash, Brizzi, Mandiri e-Money, dan Flazz BCA.

Jadwal KRL Solo ke Jogja

Jadwal KRL Solo ke Jogja berikut ini dilayani kereta dengan nomor ganjil, dan berlaku mulai 1 Februari 2022.

Jadwal KRL Jogja ke Solo

Jadwal KRL dari Jogja ke Solo berikut ini berlaku mulai 1 Februari 2022. Seluruh jadwal harian dilayani kereta dengan nomor genap.

Selain jadwal KRL reguler Jogja ke Solo dan sebaliknya, KAI Commuter juga memberangkatkan KRL tambahan yang hanya berjalan setiap hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur. Berikut jadwalnya:

  • KRL 654 Jogja – Solo berangkat Stasiun Yogyakarta 10:45 WIB
  • KRL D6/670A Jogja – Solo berangkat Stasiun Yogyakarta 20:17 WIB
  • KRL 651 Solo – Jogja berangkat Stasiun Solo Balapan 09:00 WIB
  • KRL 669A Solo – Jogja berangkat Stasiun Solo Balapan 19:00
bagian dalam KRL Jogja Solo
Bagian dalam KRL Jogja Solo. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit, ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di 7 stasiun.