Penulis: Mas Hadid

Review Xiaomi Mi 11 Lite: Dilupakan, tapi Hasil Fotonya Boleh jadi Andalan

Saingan Redmi Note 10 Pro ada di depan mata. Tapi perangkat satu ini memang sedikit underrated.

the Monkey TimesXiaomi boleh saja membuang branding “Mi”, namun kalau disuruh memilih satu ponsel dengan embel-embel “Mi” yang pernah diproduksi perusahaan asal China itu, saya dengan mantap memilih Mi 11 Lite.

Mi 11 Lite merupakan versi ekonomis dari flagship Mi 11, yang pertama kali dirilis bulan April 2021. Dengan embel-embel seperti itu, jadinya saya nggak heran bila Xiaomi akhirnya mengurangi kualitas material yang dipakai untuk merakit Mi 11 Lite.

Sebagai contoh, Mi 11 Lite memakai prosesor Qualcomm sm7150 Snapdragon 732G yang umumnya dipakai di ponsel kelas menengah. Dan lebih jauh lagi, frame yang melingkari empat sisi bodi ponsel tersebut dibuat dari material plastik polikarbonat.

Namun untuk sebuah ponsel yang dihargai kurang lebih sekitar Rp 3,5 jutaan, versi lite Mi 11 yang kami miliki rasanya sudah lebih dari cukup.

Tapi omong-omong, seberapa populer sih, ponsel macam Mi 11 Lite ini, ketimbang – misalnya – Redmi Note 10 Pro?

Di artikel review mi 11 Lite ini kami akan menyajikan hasil pengujian terhadap kemampuan kamera perangkat dalam menghasilkan foto dalam kehidupan sehari-hari.

Xiaomi Mi 11 Lite: Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga

Kebanyakan orang cenderung mengingat Poco X3 NFC, X3 Pro, atau X3 GT Pro ketika diminta menyebut ponsel Xiaomi kekinian.

Ditambah dengan fakta bahwa siklus produk smartphone berlangsung begitu cepat – dimana satu model baru bisa muncul dalam hitungan bulan, jadilah Mi 11 Lite nongol sebagai salah satu sub-seri Mi yang mudah dilupakan.

Walau begitu saya tetap menyukai versi lite dari Mi 11. Sebagai pengguna yang selalu merasa kerepotan ketika menggunakan ponsel dengan layar besar – yang biasanya hadir dengan bobot yang tidak ringan pula – saya suka dengan cara Xiaomi menanamkan filosofi ‘besar layarnya, ringan bobotnya’ di produk mereka itu.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

Dan memang bobot Mi 11 Lite relatif ringan. Saya tidak punya timbangan untuk mengklarifikasi bobot sebenarnya perangkat tersebut. Namun berdasarkan spesifikasi resmi di situs web Xiaomi, ponsel itu diproduksi dengan bobot 157 gram.

Bandingkan, misalnya, dengan Xiaomi Note 10 Pro – yang diproduksi dengan prosesor yang sama dan berbobot 193 gram, Mi 11 Lite jelas jadi juara.

Kelebihan Xiaomi Mi 11 Lite

Walau begitu saya tidak ingin berhenti di penilaian smartphone Mi 11 Lite sebagai ponsel dengan desain tipis, ringan dan menarik.

Setelah memakainya selama kurang lebih empat bulan, setidaknya ada empat kelebihan yang membuat saya suka memakainya untuk jangka panjang:

  • Warna perangkat Mi 11 Lite yang unik (saya memiliki unit dengan warna bubblebum blue.)
  • Hasil kamera yang mumpuni di kelasnya (setidaknya cukup untuk memuaskan kebutuhan fotografi mobile sehari-hari.)
  • Bebas lag (walaupun prosesor Qualcomm sm7150 Snapdragon 732g mungkin bukan pilihan terbaik, tapi setidaknya sangat cukup untuk pemakaian sehari-hari.)
  • Layar kaya warna (1 triliun warna yang direproduksi di atas layar AMOLED 1080p 90Hz, plus HDR10, cukup untuk membuat semua jenis konten di smartphone saya terasa lebih hidup.)

Satu-satunya kekurangan Mi 11 Lite – yang terasa minor – adalah baterai 4250mah yang kurang oke untuk orang yang sering memakai smartphone untuk streaming film maupun lagu seperti saya.

Dalam kondisi baterai penuh 100 persen, dengan dua slot hybrid dual sim nano terpakai, ponsel milik saya sanggup bertahan selama kurang lebih 12 – 14 jam jam. Tapi kekurangan itu saya sebut minor, karena waktu pengecasan baterai Mi 11 Lite yang relatif cepat.

Dalam kondisi baterai 0 persen, baterai ponsel saya itu akan akan terisi hingga 58 persen dalam waktu setengah jam. Ini dimungkinkan berkat teknologi fast charging 33W.

Mi 11 Lite Harga di Beberapa eCommerce

Empat bulan lalu, tepatnya di bulan Agustus 2021, saya membeli Mi 11 Lite 6/64GB toko resmi Xiaomi di Shopee, dengan harga Rp 3,599 juta.

Harga Xiaomi mi 11 Lite dengan spesifikasi yang sama mungkin sudah turun ketika tulisan ini diterbitkan. Namun tentu saja yang namanya klaim butuh pembuktian.

Berikut perbandingan harga Mi 11 Lite di sejumlah ecommerce terpopuler – dengan tawaran terbaik yang bisa kami temukan ada di BliBli.

Mi 11 Lite 6/64GB Rp 3,578,000

Mi 11 Lite 6/64GB Rp 3,599,000

Mi 11 Lite 6/64GB Rp 3,599,000

Mi 11 Lite 6/64GB Rp 3,599,000

Setelah empat bulan sejak Agustus 2021, pergerakan harga Mi 11 Lite tidak begitu signifikan. Artinya harganya tidak melonjak naik, namun di saat bersamaan juga tidak turun drastis.

Di antara empat ecommerce yang saya rekomendasikan, Tokopedia jadi referensi terbaik. Walau harganya lebih tinggi Rp 21,000 ketimbang harga yang ditawarkan di BliBli, namun perangkat Mi Lite 11 yang ditawarkan Tokopedia dijual oleh toko resmi Xiaomi.

Review Kamera Mi 11 Lite

Menurut saya kebanyakan orang zaman sekarang tidak bisa melepaskan smartphone dari kebutuhan fotografi.

Nggak peduli apakah kamu punya ponsel dengan kamera 108MP, 64MP, atau bahkan 32MP, fotografi mobile jadi satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan orang-orang zaman modern.

Berdasarkan penampakan lensa kamera yang diusung Xiaomi Mi 11 Lite, Xiaomi membenamkan 4 lensa kamera. 3 lensa berada di bagian belakang dan 1 lensa swafoto di bagian depan ponsel, dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Modul kamera belakang 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97″, 0.7µm, PDAF
  • Modul kamera belakang 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
  • Lensa tambahan 5 MP, f/2.4, (macro), AF di bagian belakang
  • Lensa kamera depan 16MP, f/2.5, 25mm (wide), 1/3.06″ 1.0µm

Di atas kertas, saya – sebagai orang biasa yang ingin mendapat kemudahan mengambil foto dengan smartphone kesayangan – menganggap sensor kamera 64MP sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan diri ini: bahwa saya membeli ponsel yang tepat untuk urusan fotografi mobile.

Lagipula, semakin besar MP-nya, maka kemungkinan besar hasil foto yang dihasilkan juga semakin baik, kan? Tapi memangnya ada jaminan angka MP besar bisa menghasilkan foto yang bagus pula? Di sinilah pengujian perlu dilakukan.

UI Kamera Mi 11 Lite

Buat orang yang sudah bertahun-tahun akrab Xiaomi, tampilan setting kamera di MIUI mereka bukan sesuatu yang susah dipelajari. Penggantian dari satu mode ke mode potret lain dilakukan dengan cara melakukan swipe kanan/kiri pada menu kamera.

Di bagian atas UI, satu deret menu berisi sejumlah tombol. Kamu bisa mengaktifkan mode HDR dan AI, menghidupkan atau mematikan fungsi lampu kilat, memilih opsi filter foto, menghubungkan kamera dengan Google Lens, atau memilih menu hamburger untuk pengaturan opsi pengambilan foto lainnya.

setting kamera Mi 11 Lite
Tampilan setting kamera Xiaomi Mi 11 Lite. (Foto: tmtimes.id)

Klik menu hamburger di bagian kanan atas UI kamera, maka kamu akan menemukan sejumlah pengaturan, termasuk pengaturan rasio foto (secara default rasio foto yang dihasilkan adalah 3:4), timer, foto makro, efek bokeh (tilt shift), dan lain sebagainya.

Geser menu di atas tombol rana, ke arah kiri, kamu akan menemukan opsi “lainnya”. Klik bagian ini dan kamu bisa memilih sejumlah mode lain selain yang sudah disediakan secara default.

menu setting tambahan di Mi 11 Lite
Menu setting tambahan di Mi 11 Lite. (Foto: tmtimes.id)

Di opsi “lainnya” pula kamu akan menemukan pilihan “setelan” tambahan. Di opsi ini kamu bisa mengatur mode malam secara otomatis, memperbaiki distorsi bila mengambil foto memakai lensa ultra wide, mengatur kualitas foto, dan lain sebagainya.

Geser lagi menu ke kanan, Xiaomi menyediakan opsi “Pro”. Di bagian ini kamu bisa memilh jenis lensa (makro, kamera ultra wide, dan wide), mengatur ISO, kecepatan shutter, F, EV dan whitebalance.

mode pro di kamera Xiaomi Mi 11 Lite
Opsi menu mode pro di Mi 11 Lite. (Foto: tmtimes.id)

Tergantung apakah kamu cukup ‘pro’ dalam memakai kamera, menu “Pro” sebetulnya bisa meningkatkan kualitas hasil foto otomatis yang pengaturannya diberikan Xiaomi.

Bila menggunakan lensa kamera utama (wide), kamu bisa menyetel shutter selambat-lambatnya hingga 30 detik dan ISO hingga 6,400.

Namun kalau pilih ultrawide, kecepatan shutter paling lambat adalah 30 detik. Terakhir, kecepatan shutter untuk lensa makro paling lambat adalah 1 detik.

Hasil Kamera Mi 11 Lite

Ketika dipakai, kamera utama Mi 11 Lite di mode otomatis menghasilkan foto dengan output 16MP (3472×4640 piksel). Selama gambar diambil dalam kondisi cukup cahaya, hasilnya terbilang memuaskan.

Detail gambar terbilang oke untuk kamera yang terpasang di sebuah smartphone kelas menengah. Dan yang paling penting, noise hampir tidak terlihat secara kasat mata. Untuk sebuah ponsel pintar dengan harga Rp 3,5 jutaan, hasil foto Mi 11 Lite menurut saya sangat memuaskan mata. Hasil gambar terlihat nyata, sesuai apa yang terlihat mata.

Sebaliknya, foto yang diambil dengan mode kamera belakang 64 MP – kalau kamu membutuhkannya – menurut saya tidak begitu spektakuler. Pertama karena proses pengambilan foto membutuhkan beberapa detik sebelum kamu bisa melihat hasilnya.

Kedua karena ukuran berkas foto membengkak hingga 25MB! Plus, reproduksi warna yang dihasilkan dari mode 64MP Mi 11 Lite terlihat lebih hangat.

Hasil foto 64MP vs 12MP Mi Lite 11
Foto 64MP
hasil foto Mi 11 Lite 64MP
Foto 16MP
hasil foto Mi 11 Lite 16MP
Perbandingan foto Mi 11 Lite. (Foto: tmtimes.id)

Itu tadi hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite di siang hari. Bagaimana bila kamu memakainya di malam hari?

Pada dasarnya gambar yang diambil pada malam hari masih cukup enak dipandang. Detil objek cukup jelas terlihat, walaupun ketajaman warna ada di level ‘oke’. Dari segi noise masih bisa ditolerir, dan saturasi warnanya lumayan.

Ketika saya bilang hasil foto Mi 11 Lite enak dilihat, terutama kalau kita mengambil gambar dalam kondisi cahaya terang, fakta itu nggak cuma berlaku kalau gambar diambil memakai lensa wide, tapi juga ketika gambar diambil memakai lensa ultra wide.

Ketika gambar diambil memakai lensa ultra wide, objek yang terpotret masih memperlihatkan detil yang terbilang oke. Tidak ada distorsi di bagian tepian foto, walaupun di bagian area yang menerima backlight, objek kemungkinan besar terlihat lebih halus. (Ini bisa kita lihat pada bagian foto dahan dan ranting di bawah ini).

hasil foto kamera ultra wide Mi 11 Lite
Hasil foto Xiaomi Mi 11 Lite diambil menggunakan mode pro, dengan setting lensa ultra wide (UW). (Foto: MH/tmtimes.id)

Hasil foto Mi 11 Lite mode AI

Xiaomi Mi 11 Lite menyediakan mode AI untuk modul lensa utama di kamera belakangnya. Walau barangkali kita cenderung terkesima dengan istilah “AI”, alias kecerdasan buatan, yang diklaim membantu pengguna menghasilkan foto yang lebih baik dalam segala kondisi, namun saya beranggapan kita nggak terlalu membutuhkan mode tersebut.

Hasil foto Mi 11 Lite yang diambil memakai mode AI cenderung membuat gambar terlihat lebih ngejreng dari segi warna. Ketika objek berwarna tertangkap lensa, Xiaomi menaikkan saturasi warna, menjadikannya terlihat lebih menonjol.

Untuk saya pribadi, pendekatan foto AI yang diambil Xiaomi tidak terlalu istimewa. Ini dikarenakan saya lebih menyukai hasil foto yang natural, alias lebih dekat kondisi sebenarnya dari sebuah objek yang terfoto.

mode AI mi 11 lite
Foto Xiaomi Mi 11 Lite AI Mode
Mode AI Mi 11 Lite
Hasil foto Mi 11 Lite.
Exit full screenEnter Full screen
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
 

Kesimpulan

Bahagiakah saya dengan dengan Xiaomi Mi 11 Lite? Tentu saja! Bobotnya ringan, hasil fotonya oke untuk penggunaan sehari-hari, dan warna perangkatnya pun cakep. Di rentang harga Rp 3,5 jutaan, bolehlah perangkat satu ini masuk dalam daftar smartphone yang layak diincar.

[rwp_box id=”0″]

Photo of author
Editor in chief di the Monkey Times. Menaruh minat luas pada perkembangan media digital dan arus wacana yang berkembang di sekitarnya. Bergabung dengan the Monkey Times sejak 2019.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

review kamera Xiaomi Mi 11 Lite
Review Xiaomi Mi 11 Lite: Dilupakan, tapi Hasil Fotonya Boleh jadi Andalan
review kamera dan hasil foto Poco X3 NFC
Kami bermain-main dengan Poco X3 NFC untuk Menilai Hasil Fotonya

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini