makanan anjing terbaik
Ilustrasi makanan anjing terbaik (Foto : Alex_Ugalex/Canva Pro)

Ini dia 5 Makanan Anjing Terbaik Edisi 2021: Penuh Nutrisi untuk Peliharaan Kesayangan

Anjing juga membutuhkan protein yang berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Photo of author
Penulis konten yang tinggal di Jogja. Menggemari segala hal berbau Korea. Tetap santai dikala ada kesempatan.
advertisement

the Monkey Times – Pernah gak sih kamu bingung untuk memberikan jenis makanan apa untuk anjing kesayangan? Hal ini wajar, karena jenis makanan anjing di luar sana sangatlah banyak dan datang dari berbagai merk.

Agar kamu lebih mudah untuk memilih merk yang tepat, aku akan bagikan beberapa rekomendasi makanan anjing terbaik agar anjing bisa selalu sehat. 

Rekomendasi Merk Makanan Anjing Terbaik beserta Harganya 

Makanan anjing dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu makanan basah dan kering. Untuk makanan basah memiliki kandungan air hingga 80% sedangkan yang kering sekitar 10%.

Kalau ditanya mana yang lebih bagus, maka aku akan menyarankan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan si anjing kesayangan. 

Menurut Association of American Feed Control Officials, baik makanan kering dan basah mempunyai keuntungan masing-masing.

Untuk dryfood sangat baik untuk kekuatan gigi anjing, sedangkan wetfood mengandung kelembaban yang baik untuk kebutuhan cairan anabul.

Rata-rata makanan anjing yang dijual juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, kok.

Supaya kamu tidak bingung, berikut ini adalah rekomendasi merk makanan anjing yang terbaik beserta dengan harganya: 

  1. Purina Pro Plan Sensitive Skin & Stomach

Merk pertama yang aku rekomendasikan adalah Purina Pro Plan. Dogfood kering yang satu ini masuk dalam daftar makanan terbaik versi American Kennel Club.

Ada beberapa varian yang diberikan Purina Pro Plan. Di mana kamu bisa menyesuaikan dengan ras anjing, ukuran serta kebutuhannya. 

Nah, untuk anjing yang mempunyai kulit dan pencernaan sensitif, maka Purina Pro Plan Sensitive Skin & Stomach adalah pilihan yang tepat. Jenis dogfood yang satu ini mengandung ikan tuna dan salmon yang cocok untuk mengatasi peradangan pencernaan yang dialami oleh anabul. 

Tidak hanya itu saja, Purina Pro Plan Sensitive Skin & Stomach ini juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit anjing agar tetap lembab dan bebas dari gatal.

  1. Science Diet Canine Adult Small Paws Chicken 

Rekomendasi selanjutnya adalah Science Diet Canine Adult Small Paws Chicken. Untuk dogfood yang satu ini sendiri diperuntukan khusus untuk anjing ras kecil, seperti pomeranian, chihuahua dan lain sebagainya. 

Science Diet Canine Adult Small Paws Chicken mampu membantu agar bulu anabul menjadi berkilau dan memiliki kulit yang sehat karena adanya kandungan omega 6 dan vitamin E. 

Seluruh produk Science Diet sudah mendapatkan sertifikasi dari Association of American Feed Control Officials. Jadi, bisa dipastikan dogfood ini sangatlah aman dan cocok untuk anabul kesayangan.  

  1. Royal Canin Maxi Adult 

Rekomendasi selanjutnya adalah Royal Canin Maxi Adult. Untuk dogfood yang satu ini dikhususkan untuk jenis anjing yang berukuran besar, sekitar bobot 26 kilogram hingga 66 kilogram. Formula yang terkandung dalam dogfood ini mendukung persendian anjing agar kuat menahan bobotnya. 

Royal Canin Maxi Adult mempunyai ukuran dogfood yang mudah dikunyah oleh anjing. Selain itu juga, bisa membantu anjing agar selalu memiliki berat badan yang ideal.

  1. Royal Canin Poodle Adult

Sebagaimana terbaca dari labelnya, merek makanan anjing satu ini dikhususkan untuk pemilik anjing pudel.

Tipenya makanan kering yang dibuat khusus untuk menjaga kesehatan bulu pudel. Nutrisinya lumayan kaya, dan mengandung asam lemak Omega 3 (EPA&DHA) dan minyak borage.

Mengutip laman Klik Dokter, minyak borage dipercaya mengandung Gamma Linolenic Acid (GLA) yang tinggi.

Jadi kalau diberikan sebagai bagian dari diet seimbang untuk hewan peliharaan, minyak borage dipercaya membantu merawat kesehatan kulit pudel kesayangan, terutama bila kulit si anjing terbilang sensitif.

  1. Pedigree Adult Beef & Vegetable

Salah satu kelebihan yang kami sukai dari Pedigree Adult Beef & Vegetable adalah kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, mulai dari Omega 6 & Zinc, Kalsium & Phosphorus, dietery fiber, protein dan berbagai jenis vitamin serta mineral.

Dan satu lagi kelebihan yang dijanjikan oleh Pedigree: makanan anjing satu ini bisa membantu mengkilatkan bulu anjing dalam waktu 6 minggu.


Kami telah membuat daftar harga makanan anjing di artikel ini, untuk membantu kamu mendapatkan rekomendasi makanan terbaik demi diet yang seimbang untuk peliharaan di rumah:

*harga makanan anjing terbaik per 29 Desember 2021


Kebutuhan Nutrisi Anjing

Tapi, sebelum kamu memilih merk mana yang sekiranya tepat untuk anjing kesayangan, kamu harus tahu nutrisi apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk mereka.

Berikut ini nutrisi yang diperlukan anjing seperti yang dirangkum dari website The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals:

  1. Protein 

Jenis nutrisi yang pertama adalah protein. Sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan protein yang berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan. Selain itu protein juga akan membantu membentuk antibodi agar anjing tidak gampang sakit. 

  1. Air 

Sama seperti makhluk hidup lainnya, anjing juga membutuhkan air untuk tubuh mereka. Kamu harus memperhatikan asupan air yang dibutuhkan oleh anjing. 

Karena ketika anjing kekurangan air atau dehidrasi, maka bisa menyebabkan penyakit serius hingga kematian. Maka daripada itu, penting sekali untuk menyediakan air bersih untuk anabul kesayangan. 

  1. Karbohidrat 

Anjing juga membutuhkan karbohidrat sebagai salah satu sumber energi untuk tubuh mereka.

Tidak hanya itu saja, karbohidrat juga mampu menjaga kesehatan usus anabul juga. Meski tidak ada takaran resmi berapa jumlah karbohidrat yang boleh dikonsumsi oleh si kaki empat, tapi tetap harus diperhatikan takarannya. 

  1. Lemak 

Nutrisi yang dibutuhkan anjing selanjutnya adalah lemak. Nutrisi yang satu ini mempunyai peranan penting untuk menghasilkan energi yang lebih besar dari protein dan karbohidrat.

Lemak juga memiliki fungsi untuk memproduksi hormon yang ada dalam tubuh anabul. Anjing yang kekurangan asupan lemak bisa mengakibatkan malnutrisi dan masalah kulit. 

  1. Vitamin 

Vitamin juga sangat dibutuhkan oleh anjing. Tapi, tidak semua vitamin yang dikonsumsi manusia dapat dicerna.

Maka, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan mana saja asupan vitamin yang bisa diserap oleh tubuh anabul kesayangan.

Dari website ASPCA, pemberian vitamin tidak begitu diperlukan bila anjing dalam keadaan sehat. 

Apabila sedang sakit dan membutuhkan vitamin tertentu, maka yang bisa memberikannya adalah dokter hewan.

Jadi, ada baiknya memberikan suplemen dalam bentuk apapun kepada anjing kesayangan harus berdasarkan saran dokter hewan yang kamu percaya, ya. 

Selain kelima nutrisi yang sudah disebutkan, anjing terkadang juga membutuhkan mineral. Tapi, pemberian mineral ini juga harus diperhatikan karena tidak semua bisa diserap oleh pencernaan anjing. 

Itulah beberapa rekomendasi merk makanan anjing terbaik dan juga harganya. Kalau dilihat memang mahal, tapi bisa dipastikan nutrisi yang terkandung sesuai dengan kebutuhan anjing kesayanganmu, kok. 

Tapi, perlu kamu ingat bahwa pemberian makanan kepada anabul kesayangan harus disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhannya.

Ada beberapa anjing yang memang memiliki perawakan langsing. Jadi bukan berarti anjing kurus sama dengan tidak terawat atau sakit. Selama mereka tidak kekurangan nutrisi, maka bisa dipastikan tubuh anjing dalam kondisi yang sehat. 

Berita Terkini:
Bagian depan Stasiun Tangerang

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

advertisement
Artikel Terkait:
makanan anjing terbaik
Ini dia 5 Makanan Anjing Terbaik Edisi 2021: Penuh Nutrisi untuk Peliharaan Kesayangan
advertisement

Logo the Monkey Times

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia.

Bagikan artikel ini