Penulis: Redoni

Kiamat Kubro, Tanda Akhir Kehidupan dan Tanda-Tanda Datangnya

Tidak ada yang tahu kapan itu terjadi, sehingga sebagai hamba Allah kita harus mempersiapkan diri dan bekal untuk menghadapinya.

the Monkey Times – Apa itu kiamat kubro? Bentuk berakhirnya kehidupan yang ada di muka bumi dan langit, semua yang ciptaan Allah SWT akan kembali kepadanya, seperti alam, hewan, dan manusia.

Kiamat kubro atau dikenal juga sebagai kiamat besar, datangnya hari akhir ini dalam Islam termasuk rukun iman kelima, sehingga harus dipercaya dan akan terjadi. 

Dalil mengenai hari kiamat itu dijelaskan, salah satunya, di Surat Al Hajj 22:7:

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Bacaan latin: Wa annas-sā’ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab’aṡu man fil-qubụr

“Dan sungguh [hari] Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur,” (QS. Al-Hajj [22]: 7).

Tidak ada yang tahu kapan itu terjadi, sehingga sebagai hamba Allah kita harus mempersiapkan diri dan bekal untuk menghadapinya. Lantas, Apa itu kiamat kubro? Bagaimana tanda-tanda hari akhir tersebut? Mari kita bahas

Pengertian Kiamat Kubro

Makna kubro itu berasal dari bahasa Arab yang berarti besar. Kata lainnya kiamat kubro dapat diartikan sebagai kiamat besar.

Secara umum, kiamat kubro merupakan keadaan yang membuat alam semesta hancur dan semua makhluk hidup yang ada akan musnah, semuanya akan binasa, baik itu manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. 

Berdasarkan gambaran yang ada, kiamat kubro begitu sangat mengerikan yang mana air laut akan meluap layaknya tsunami yang begitu dasyhat, semua benda yang ada di langit akan jatuh, semua gunung berapi akan meletus.

Peristiwa ini begitu menakutkan, karena tidak ada lagi perlindungan dan semuanya tidak ada yang selamat dari kiamat kubro. 

Dalam tahap ini, kiamat kubro adalah hari berakhirnya alam semesta dan membuat semua makhluk yang ada akan musnah dan tidak tersisa, semuanya akan mendapatkan kehidupan yang abadi di akhirat kelak. 

Tanda-Tanda Kiamat Kubro 

Meskipun tidak dijelaskan kapan waktunya akan terjadi, tetapi umat muslim khususnya dapat melihat beberapa tanda-tanda akan berakhirnya kehidupan (kiamat kubro) tersebut. Nah, apa saja itu? Simak yuk

1. Muncul Api di Yaman 

Awal tanda kiamat itu terjadi di Negara Yaman yang membuat semua mata menyoroti dan melihat fenomena tersebut.

Keadaannya muncul api di kawah Aden yang berada di atas lereng dari gunung berapi, Yaman.

Hal ini dapat Anda lihat dalam Kitab Al-Bukhari bab Keutamaan Orang Anshar VII h 272 dari gramedia.com yang menyebutkan tanda kiamat. 

Pada bagian ini juga didapatkan dari Abdullah ibn Salam yang kedatangan Rasulullah SAW dan bertanya mengenai tanda hari akhir, salah satunya Nabi SAW menjawab apabila akan ada api yang muncul dan mengumpulkan manusia dari sisi timur ke barat. 

2. Ka’bah Mengalami Kerusakan 

Tempat suci umat Islam (ka’bah) mengalami kerusakan, hal ini dilakukan oleh seseorang bernama Zul-Suwayqatayn yang merusaknya.

Seseorang itu berasal dari Abyssinia yang merusak dan menghancurkan ka’bah. Hal ini didapatkan dari Abdullah ibn Amr yang mengatakannya yang didapatkan mendengar Rasulullah SAW mengatakan akan ada seseorang yang menghancurkan ka’bah, ia adalah Zul Suwayqatayn. 

Hancurnya ka’bah membuat kegiatan umat Islam untuk menunaikan haji dan umroh akan berkurang, sehingga berpengaruh pada seruan untuk Allah SWT akan berkurang.

Meskipun begitu, keadaan ini tidak membuat kiamat akan terjadi sampai semuanya tidak ada lagi yang menyebutkan nama Allah SWT. 

Pernyataan ini ada dan diperkuat oleh hadits shahih dari Muslim yang menyatakan kiamat akan terjadi jika semua umat yang ada tidak lagi menyebutkan nama Allah SWT. 

3. Matahari Terbit Arah Barat

Tanda-tanda kiamat kubro akan terjadi ketika sang surya atau sumber cahaya yang berkontribusi besar dalam kehidupan tidak lagi terbit dari arah timur, melainkan akan terbit dari arah barat.

Pada bagian ini semua amalan manusia tidak lagi dihitung atau sudah ditutup oleh Allah SWT, proses ini hanya terjadi satu hari saja. 

Bahkan, menurut HR Bukhari dan Muslim, Abu Dawud, dari Abu Hurairah menjelaskan apabila tidak terjadi hari kiamat jika matahari terbit dari tempat semula, jika matahari telah terbit berada dari sisi barat dan semua umat manusia melihatnya, maka iman seseorang yang sama sekali belum beriman tidak akan ada gunanya. 

Bagian ini tentunya akan sangat mengerikan, sebelum semuanya terjadi pastikan kita telah mempersiapkannya untuk menghadapi hari akhir tersebut. 

4. Imam Mahdi Muncul dan Dajjal ke Dunia

Tanda keempat dari kiamat kubro yang terjadi adalah munculnya Imam Mahdi dan Dajjal yang hadir ke muka bumi.

Imam Mahdi adalah seseorang yang tidak ingin ada kezaliman dan kemungkaran serta permusuhan yang ada di dunia.

Ketika ia memimpin, maka semua umat manusia merasakan sisi keadilan dan kemakmuran yang sebelumnya tidak terjadi. 

Selain Imam Mahdi muncul ke bumi, Dajjal juga turut diturunkan oleh Allah SWT yang termasuk dalam ujian terbesar umat muslim.

Kemunculannya benar-benar membuat umat manusia bingung dan hanya umat beriman yang mampu mengenali bahwa ialah Dajjal.

Kehadirannya mengaku orang yang saleh, mengaku nabi, dan mengaku tuhan. 

Untuk itulah, sebelum semuanya terjadi dan masih ada waktu mempersiapkan, mulailah untuk memperbaiki diri dan meminta perlindungan Allah SWT, terutama terhindar dari fitnah Dajjal. 

Sebenarnya masih ada banyak tanda-tanda hari kiamat kubro, hal paling utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri dan termasuk dalam golongan yang beriman. 

Photo of author
Sibuk mengurus konten sambil menikmati hidup.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

kiamat sugra
Kiamat Sugra: Arti dan Tanda tandanya Menurut Agama Islam
Pengertian Tawakal dan Keutamaan Berserah Diri dalam Ajaran Islam
10 malakat dan tugasnya
Mengenal 10 Malaikat dan Tugasnya dalam Perspektif Islam
Kiamat Kubro
Kiamat Kubro, Tanda Akhir Kehidupan dan Tanda-Tanda Datangnya

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini