iPhone 13 Segera Meluncur Tahun 2021, Catat Tanggal Mainnya

Muncul desas desus bahwa produk iPhone terbaru akan sepenuhnya bergantung pada pengisian daya nirkabel tanpa port.


iPhone 13

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Mendekati bulan September, desas desus kehadiran penerus iPhone 12 semakin santer terdengar.

Meskipun hal ini belum secara resmi diumumkan oleh Apple, tapi banyak pihak yang memprediksi perusahaan teknologi multinasional tersebut akan merilis jajaran iPhone baru melanjutkan tradisi yang mereka lakukan setiap tahunnya pada bulan September.  

Jika benar demikian, maka hanya tinggal beberapa minggu lagi dari jadwal peluncuran iPhone baru.

Dan paling mungkin penerus iPhone 12 itu akan dirilis pada tanggal 14 September 2021, mengikuti rencana acara sebelumnya.

Selain jadwal perilisan, bocoran mengenai nama, series dan spesifikasi produk baru Apple ini kian tersiar di ruang maya.

Konon, iPhone penerus ini akan dinamai dengan iPhone 13 yang muncul dengan empat model yaitu ipHone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Bila benar di bulan September tahun 2021 ini Apple akan meluncurkan produk baru, maka mereka akan mengumumkan ke media secara resmi pada tanggal 7 September dan mulai menggelar penjualan perdana pada 24 September yang akan datang.

Meski demikian, pihak Apple belu memberikan informasi resmi terkait penerus iPhone 12, dan jadwal peluncuran di atas masih berupa bocoran.

Para penggemar hanya dapat berharap jadwal tersebut tidak meleset ataupun mundur seperti yang terjadi pada tahun 2021, dimana harusnya iPhone 12 keluar pada bulan September, namun karena dampak pandemi Covid-19 membuat jadwalnya harus diundur sampai bulan Oktober 2020.

Namun berdasarkan penuturan dari Jon Prosser, salah seorang Youtuber yang kerap memberi bocoran produk-produk Apple dengan akurat ini membenarkan bahwa akan ada produk baru yang rilis pada tanggal 14 September nanti.

Prediksi ini semakin kuat setelah didukung oleh Dan Ives, seorang analis dari firma investasi asal AS Wedbush.

Tidak Ada Perubahan Besar Terhadap Desain

Jajaran iPhone baru ini akan terlihat mirip dengan keluaran sebelumnya, baik desain maupun ukuran tidak ada perubahan besar.

iPhone 2021 akan mempunyai fitur yang sama dengan iPhone 2020, hanya saja penggemar dapat berharap pada peningkatan prosesor, kapasitas baterai, teknologi kamera, serta chips 5G dari Qualcomm.

Selain itu juga muncul desas desus bahwa produk iPhone terbaru akan sepenuhnya bergantung pada pengisian daya nirkabel tanpa port.

Apple juga diharapkan memperkenalkan kecepatan refresh layar 120Hz untuk model iPhone Pro, dan mempertimbangkan penambahan sensor sidik jari sebagai metode otentikasi biometrik selain face ID.

Baca Juga:  Penjualan Smartphone Global akan Naik 11 persen pada 2021, kata Riset Gartner

Sementara untuk kamera iPhone 13 disebut-sebut akan memiliki beberapa perubahan desain, seperti susuan kamera yang jauh lebih besar dan adanya peningkatan untuk lensa Ultra Wide.

Dengan peningkatan tersebut, tentu kinerja kamera akan lebih baik meskipun berada di kondisi cahaya redup.

Ponsel ini disinyalir akan menggunakan chipset yang lebih hemat energi seperti A15 Bionic dengan RAM 8 GB yang mampu meningkatkan performa, dan menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 1 TB.

Menurut situs Jepang Macotakara, iPhone baru akan memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 12, hanya saja sedikit lebih tebal dan berat karena punya baterai yang lebih besar.

Untuk model iPhone 13 Pro akan lebih tebal 0,2 mm dan akan memiliki kamera yang ukurannya sama dengan kamera iPhone 12 Pro Max.

Apple sepertinya juga tampak mempertimbangkan warna-warna seperti hitam matte dan oranye bersama lapisan baja yang tahan karat. 

Perlu diketahui, ini hanyalah prediksi saja dan belum dikonfirmasi langsung oleh pihak Apple sendiri.

Harga iPhone 13 Disinyalir Akan Naik 20%

Dari segi harga, dikabarkan produk terbaru Apple ini akan dijual dengan harga yang lebih mahal dari produk sebelumnya. 

Harga iPhone 13 series disinyalir akan naik 20%, penyebabnya adalah karena adanya peningkatan biaya produksi chipset yang digunakan Apple dalam komponen produk terbaru mereka.  

Menurut laporan TrendForce, untuk satu unit iPhone 13 mini kemungkinan akan dijual dengan harga mulai dari 11 jutaan rupiah.

Sedangkan untuk seri Pro dan Pro Max akan dijual paling murah dengan harga 14 jutaan dan 15 jutaan rupiah.

Kapan iPhone 13 rilis di Indonesia?

Jika peluncuran produk terbaru ini tidak mundur seperti iPhone 12, maka diperkirakan Apple akan menjual iPhone secara resmi di Indonesia pada bulan Oktober atau November 2021.

Atau juga bisa tahun depan mengingat kondisi ekonomi sekarang yang sedang kacau akibat dampak panjang penyebaran Covid-19.

Itu semua tergantung pada seberapa tinggi permintaan konsumen saat masa pemesanan awal.

Kemungkinan lainnya adalah produk ini akan dipasarkan secara online seperti tahun lalu melalui PT Erajaya Swasembada Tbk (iBox) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (Digimap).

Seperti yang sudah disebutkan dalam bocoran di atas, para penggemar Apple dapat menikmati iPhone 13 ini dalam 4 series, yakni standar, mini, pro dan pro max.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi, harga iPhone 13, iphone, kapan Iphone 13 rilis

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru