Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Ini Beberapa Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Kalau didiamkan begitu saja, ponsel yang panas bisa membahayakan.


HP panas

Ilustrasi gadget (Foto : JESHOOTS/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – HP panas mungkin menjadi salah satu masalah yang sering kamu alami. Kadang tentu saja menjadi pertanyaan mengapa HP cepat panas pada saat digunakan. Padahal sepertinya tidak ada masalah berarti.

Iklan

Tapi, kalau didiamkan handphone yang terlalu tinggi suhunya bisa berbahaya. Lalu, sebenarnya apa penyebab dari smartphone panas? Bagaimana cara mengatasinya? Simak terus ulasannya berikut ini. 

Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Handphone merupakan perangkat vital masyarakat dalam melakukan berbagai banyak hal.

Iklan

Maka, ketika handphone tersebut panas, pasti akan membuat tidak kamu menjadi tidak nyaman.

Bahkan smartphone juga tidak akan berfungsi dengan baik, seperti lemot atau bahkan ngehang. 

Iklan

Agar bisa mengatasi masalah handphone panas kamu harus tahu terlebih dahulu penyebabnya, yaitu: 

Baterai handphone rusak 

Penyebab dari smartphone cepat panas salah satunya karena baterai rusak. Penyebab yang satu ini adalah yang paling umum.

Apabila ketika kamu sedang menggunakan ponsel kemudian bagian belakangnya terasa sangat panas, maka bisa dipastikan bahwa baterai bermasalah. 

Ketika baterai mengalami kerusakan, daya ponsel pun akan cepat habis. Selain itu, jika terus kamu diamkan, bisa berbahaya. Banyak sekali kasus ponsel meledak karena baterai terlalu panas dan tidak diganti. 

Jika ingin mengatasi masalah ini, lebih baik kamu segera mengganti batu baterai dengan yang baru.

Tapi, pastikan bahwa baterai yang kamu beli ini adalah produk original. Jika perlu beli di gerai official dari brand ponsel yang kamu gunakan. 

Ponsel terus mencari sinyal 

Apabila kamu berada di daerah yang sulit sinyal, maka bisa jadi ini penyebab utama ponsel selalu panas.

Ketika sedang tidak mendapatkan sinyal, secara otomatis ponsel akan mencari sendiri. Ini menandakan bahwa ponsel terus bekerja tanpa henti. Sehingga tidak heran jika ponsel pun menjadi cepat panas. 

Agar hal ini tidak berlangsung lama, matikan saja terlebih dahulu sinyal pada ponsel. Kamu bisa masuk ke pengaturan ponsel dan disable signal.

Apabila hanya sementara saja di tempat yang susah sinyal, tidak ada salahnya menyalakan airplane mode.

Tapi, jika kamu harus berada di lokasi susah sinyal dalam waktu lama, carilah jaringan wifi agar handphone tidak bekerja terlalu berat. 

Penggunaan charger yang tidak sesuai 

Apakah kamu menggunakan ponsel dengan charger bawaannya? Bisa jadi ini adalah penyebab mengapa ponsel kamu meningkat suhunya.

Bila kamu sentuh pada bagian port di ponsel dan terasa panas, sudah dipastikan bahwa memang charger adalah masalahnya.

Charger palsu ini biasanya tidak sesuai dengan kemampuan handphone yang kamu gunakan. 

Sudah jelas untuk mengatasi masalah kamu harus membeli charger original yang sudah sesuai dengan kemampuan ponsel. Memang harganya lebih mahal, tapi ini akan membantu ponsel tetap awet. 

Terlalu lama main game 

Siapa diantara kamu yang hobi main game di ponsel? Ketika bermain game komponen CPU Dan GPU kan bekerja secara bersamaan.

Di saat komponen-komponen ini bekerja, maka akan mengeluarkan suhu panas. Terlebih ketika kamu memainkan aplikasi game yang terbilang berat, maka suhu juga akan naik dengan cepat. Apalagi ketika kamu bermain dalam waktu lama. 

Cara mengatasi bila ponsel panas karena hal ini adalah dengan kamu membatasi waktu bermain.

Lebih baik atur waktu kamu agar tidak terlalu lama bermain. Bisa juga tidak memainkan game yang memang terlalu berat untuk prosesor ponsel. 

Brightness pada layar ponsel terlalu tinggi 

Alasan lain dari ponsel yang panas adalah kamu mengatur brightness atau kecerahan layar terlalu tinggi.

Tidak hanya membuat ponsel bekerja terlalu keras, tapi juga akan membuat baterai cepat habis.

Belum lagi layar yang terlalu cerah akan membuat mata menjadi cepat lelah. Jadi, lebih baik kamu mengatur brightness layar secukupnya dan juga sesuai dengan kenyamanan mata. 

Menggunakan ponsel beberangan saat mengisi daya 

Pasti sebagian besar dari kamu menggunakan ponsel bersamaan ketika di charge. Padahal kegiatan ini malah akan membuat ponsel menjadi cepat panas, lho.

Karena pada saat diisi ulang, akan membuat baterai bekerja lebih keras dan suhu ponsel akan naik.

Agar hal ini tidak terjadi, lebih baik kamu tidak menggunakan ponsel saat dicharge. Biarkan saja sementara agar baterai terisi penuh. 

Suhu udara sedang panas 

Faktor dari lingkungan juga mempengaruhi suhu pada handphone. Di saat cuaca sedang sangat panas, bisa membuat ponsel bahkan perangkat elektronik lain juga ikut naik suhunya.

Apabila kamu memang sedang berada di luar dan suhu terlalu panas, sebaiknya tidak menggunakan ponsel terlebih dahulu. Jika memang harus digunakan, carilah tempat teduh. 

Aplikasi yang terbuka terlalu banyak 

Menggunakan aplikasi terlalu banyak juga salah satu penyebab ponsel panas. Apalagi ketika kamu selesai memakai sebuah aplikasi tidak kamu tutup dan masih berjalan di background.

Banyak yang menyepelekan masalah ini, padahal dengan aplikasi berjalan secara terus menerus, maka baterai pun akan terkuras lebih cepat. Lalu membuat ponsel menjadi panas. 

Agar hal ini tidak terjadi, sehabis menggunakan satu aplikasi lebih baik langsung tutup dan jangan didiamkan terlalu lama di background. Selain bisa menghemat baterai, hal ini juga akan sangat membantu agar mesin ponsel awet. 

Itulah beberapa penyebab Hp panas dan cara mengatasinya. Sebaiknya kamu benar-benar memperhatikan penggunaan ponselmu.

Selain untuk menjaga ponsel tetap awet, juga untuk mencegah hal tidak diinginkan seperti handphone meledak. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Penyebab ponsel mudah panas