Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

ilustrasi menjadi seorang blogger
ilustrasi menjadi seorang blogger

Narasi

Blogging dulu, Urusan lain Belakangan yaa

Apakah kegiatan blogging masih relevan hari ini? Memangnya tidak ada kegiatan lain.

the Monkey Times – Beberapa waktu belakangan ini saya merasa sedikit terganggu dengan pernyataan teman-teman saya “ngapain masih ngurusin blog sekarang tuh jamannya visualisasi, nonton tutorial bukan baca blog”. Kebetulan waktu itu saya sedang memposting konten di sebuah blog.

Memang video semakin gencar dijadikan pilihan generasi sekarang. Sekalipun saya kadang merasa kesal, namun tidak bisa dipungkiri akhir-akhir ini saya juga lebih senang menonton video dibandingkan membaca ulasan panjang. 

Tetap saya masih merasa terganggu dengan pernyataan di atas, bagaimanapun juga saya adalah seorang blogger dan sampai sekarang menulis masih menjadi jalan hidup saya untuk mendapatkan penghasilan.

Demi mengobati kekesalan tersebut, akhirnya saya berselancar di dunia maya untuk mempertanyakan apakah ngeblog masih relevan hari ini?

Beberapa saat setelah mesin pencarian menunjukkan hasilnya saya kurang bersemangat untuk melakukan penelusuran. Bukan karena jawabannya bertolak belakang dengan yang saya inginkan, tetapi yang ada justru saya mendapatkan jawaban berkaitan dengan teknis melakukan blogging.

Yang pada akhirnya malah membuat orang malas blogging karena banyak printilan teknis yang harus dipahami. 

Kadang kenyataan bisa nggak sesuai dengan harapan. Mungkin memang seharusnya saya jawab sendiri keresahan ini. 

Baiklah untuk mengawalinya saya mulai dari pengertian aktivitas blogging ini terlebih dahulu.

Mengutip dari thebalancesmb disebutkan jika “Blogging refers to writing, photography, and other media that’s self-published online”.

Pernyataan tersebut akhirnya sedikit melegakan pertanyaan saya, jika ngeblog tidak sekedar menulis di blog website pribadi saja, lebih dari itu berbagai aktivitas yang berkaitan dengan menulis, fotografi hingga media lain yang diterbitkan secara online juga masuk dalam kategori ngeblog.

Baca Juga:  Benarkah Kaset sudah Mati (Secara Bisnis)?

Berlandaskan pernyataan singkat tersebut kesimpulan sederhananya ngeblog masih sangat relevan, bahkan di tengah meningkatnya minat konten dalam bentuk video.

Ngeblog tidak harus dilakukan di website pribadi juga memberikan pengertian kepada kita jika aktivitas menulis ulasan di sosial media, melakukan komentar dan menjawab komentar tanpa disadari itu merupakan bagian dari ngeblog.

Bahkan pada akhirnya banyak yang mendapatkan pengikut setia, hingga penghasilan melalui aktivitas yang berkaitan dengan marketing brand.

Ini sudah dibuktikan dengan banyaknya selebtwit dan beberapa influencer kondang yang dikenal karena tulisan-tulisan singkatnya di sosial media. 

Lebih luas lagi, sekalipun dunia semakin ramai diisi oleh konten visual, namun awal mula itu semua berasal dari tulisan terlebih dahulu.

Pembuatan konten dalam bentuk visual tidak serta merta langsung mengalami proses syuting, tetapi dibutuhkan konsep, ditulis terlebih dahulu bagian-bagian pentingnya, hingga bagaimana skenario konten tersebut. 

Bagaimana jika kedua hal tersebut sama-sama dipublikasikan? Bukan hanya memberikan pengetahuan kepada banyak orang, lebih dari itu juga membuat Anda mendapatkan keuntungan lebih atas aktivitas tersebut.

Sederhananya, Anda sangat menyukai aktivitas vlogging, hingga akhirnya Anda mau membeli berbagai perangkat vlogging dengan harga yang tidak mudah dan juga Anda rela belajar untuk bisa menghasilkan video yang menarik.

Saya kira Anda bisa mendapatkan double benefit jika Anda bukan hanya melakukan vlogging saja, melainkan juga melakukan blogging

Lalu bagaimana untuk mereka yang belum terjun dalam dunia vlogging?

Jika Anda masih sama seperti saya, yang belum merambah ke dunia video, Anda tetap masih sangat berpeluang mendapatkan benefit dari aktivitas blogging ini. Terlebih jika Anda memang serius dan senang melakukannya, terlebih lagi jika aktivitas bloggingnya bukan sekedar menulis di sosial media saja.

Baca Juga:  Tentang Radio yang Terus Bertahan dengan Caranya Sendiri

Tetapi Anda juga memiliki blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan Anda. Di era yang semakin maju seperti sekarang ini Anda bisa membuat blog semenarik mungkin tanpa harus menguasai dunia IT.

Misalnya dengan memilih platform wordpress yang menyediakan berbagai tema hingga plugin yang mudah dipakai. Ini semakin memudahkan Anda untuk melakukan blogging sehingga Anda semakin bersemangat dan membuka lebar peluang penghasilan. 

Untuk penghasilan, tentu Google Adsense dan beberapa program affiliate lain di internet masih sangat bisa diandalkan. Peluang menarik tersebut masih sangat terbuka lebar, belum jika Anda menyertainya dengan branding di sosial media terkait dengan aktivitas tersebut.

Potensi untuk mendapatkan banyak followers dan mendapatkan kunjungan ke blog pribadi semakin besar juga hingga akhirnya semakin banyak iklan yang tayang dan tentunya penghasilan Anda akan bertambah. 

Tentu kunci dari itu semua adalah ketertarikan Anda terhadap aktivitas tersebut sehingga Anda bisa melakukan dengan enjoy dan pada akhirnya juga mengamini jika ngeblog masih relevan untuk saat ini. 

Artikel Menarik Lain

Narasi

Tapi bukan berarti smartwatch tidak ada gunanya sama sekali.

Narasi

Sama seperti membuat video, menulis pun punya tantangan tersendiri. Dua-duanya sama-sama mengasyikkan, bila dikelola dengan baik.

Narasi

Berbekal ilmunya, Gus Baha menurut saya adalah sosok intelektual organik di bidang agama. Mengakar, sekaligus jauh dari menara gading.

Narasi

Radio lahir di masa penjajahan. Dan kelahirannya patut dirayakan sebagai Hari Radio Nasional.

Narasi

Konon katanya kaset sudah mati. Tapi data penjualan kaset di Amerika Serikat menunjukkan sebaliknya.

Narasi

Asyik nggak sih jadi anak agensi?

Narasi

Ada banyak kenangan tentang persewaan komik di Jogja, yang kini sudah sangat jarang ditemui.

Narasi

Kisahku dengan buku bukan dimulai dengan cinta yang menyeluruh.