Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Narasi

Melanggengkan Hubungan LDR yang Dewasa, Walau Dipisah Pandemi dan Beda Negara

Kenapa sih, masih betah menjalankan LDR beda negara?


hubungan LDR

Ilustrasi hubungan LDR (Foto : Rithicall/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Ada yang lagi jalani hubungan LDR atau long distant relationship? Pasti susah banget jaga hubungan supaya langgeng. Yah, setidaknya kalau memang serius LDR-an, dua belah pihak harus membangun hubungan yang dewasa.

Iklan

Apalagi di tengah pandemi sekarang ini, pasti makin sulit ketemu. Aku juga mengalami hal yang sama, kok. Mungkin kalau hanya beda kota atau beda pulau masih bisa curi-curi kesempatan bertemu. 

Tapi, bagaimana dengan beda yang beda negara? Tidak cuma sulit bertemu, jarak waktu yang jauh juga pasti terasa sulit.

Iklan

Bagi kamu yang lagi menjalani LDR beda negara, aku mau bagiin tips agar hubungan tetap awet walau susah bertemu. 

Kenapa Masih Mempertahankan Hubungan LDR?

Pertanyaan ini sebenarnya sering kali ditanyakan oleh pihak keluarga. Kenapa sih, masih betah menjalankan LDR beda negara.

Iklan

Padahal kalau dibilang sulit, pasti sulit. Tapi ada beberapa alasan yang buat aku masih bertahan, seperti berikut ini: 

  1. Tujuan akhir sudah jelas 

Alasan pertama adalah karena tujuan akhir antara aku dan pasangan sudah sangat jelas. Dari awal memutuskan LDR kami sudah saling terbuka apa tujuannya.

Karena ini penting supaya aku bisa selalu jaga hubungan dengan pasangan. Biar ada badai menghadang, kalau tujuan sudah jelas pasti akan lebih mudah. 

  1. Masih ingin kejar mimpi masing-masing 

Alasan lain kenapa masih bertahan dengan hubungan jarak jauh adalah masih ingin kejar mimpi masing-masing.

Meski sebenarnya bisa dilakukan bersama, tapi tentu saja ini berbeda. Saat mengejar mimpi masing-masing, aku lebih mudah bergerak kesana kemari. Kalau sudah bersama, pasti ada batasan yang aku dan pasangan rasakan. 

  1. Sudah mengerti satu sama lain 

Ini poin paling penting yang aku pertahankan. Aku dan pasangan sudah benar-benar mengerti satu sama lain. Contohnya saja urusan pekerjaan. Kadang si dia yang sibuk, kadang aku yang sibuk. 

Mengerti kalau hal ini tidak bisa dijadikan bahan konflik. Jadi, kita berdua sudah paham bahwa urusan pekerjaan tidak bisa jadi alasan untuk bertengkar. Bahkan, aku dan pasangan saling mendukung kalau urusan pekerjaan. 

Dari alasan di atas, mungkin tidak semua dari kalian akan mengerti. Tapi, kalau sudah sampai tahap saling paham satu sama lain, masalah apapun dalam hubungan LDR pun pasti akan selesai dengan baik. 

Tips Menjalani Hubungan LDR Beda Negara Agar Awet 

Setelah mengetahui alasan kenapa masih bertahan dengan hubungan jarak jauh ini, aku akan bagikan beberapa tips agar LDR in awet. Simak tipsnya berikut ini: 

  1. Komunikasi paling penting 

Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi itu penting. Jangankan yang LDR, bagi yang punya pasangan dekat komunikasi juga harus berjalan dengan baik.

Karena perbedaan waktu antara aku dengan pasangan termasuk jauh, sampai 12 jam. Biasanya kita menyempatkan diri telepon sebentar. Walau cuma 5 menit, itu sudah sangat berarti. 

  1. Bangun rasa percaya 

Poin ini juga banyak yang bertanya, masa hanya 5 menit telepon sudah cukup? Kadang tentu saja tidak. Pasti ada rasa ingin ngobrol lebih lama.

Tapi, hal itu tidak perlu dilakukan setiap saat. Di sini aku membangun kepercayaan satu sama lain. Aku percaya dengan pasangan di sana dan dia juga begitu. 

Yakin tidak akan selingkuh? Aku pasti akan jawab yakin, kok. Kenapa? Karena aku selalu berusaha untuk selalu berkomunikasi bahkan saat sama-sama sibuk.

Chatting dan telepon selalu tetap berjalan. Aku juga punya prinsip, kalau aku tidak pernah berbohong, hasilnya pun akan tetap baik-baik saja. 

  1. Kirim selfie dan video call 

Kegiatan yang satu ini juga rutin aku lakukan dengan pasangan. Sering kirim selfie atau foto sedang di suatu tempat. Ini bisa jadi salah satu cara bangun rasa percaya, lho. Aku dan pasangan juga selalu video call. Walau cuma sebentar, tapi setidaknya bisa bikin lega melihat dia baik-baik saja. 

  1. Melibatkan keluarga masing-masing 

Karena tujuanku dengan pasangan adalah hidup bersama, jadi tidak ragu juga untuk melibatkan keluarga.

Semisalnya saat sedang telepon, kadang saudara atau orang tua ikutan mengobrol. Dia pun juga melakukan hal yang sama, sehingga kedekatan dengan kedua keluarga bisa terjalin. Jadi hubungan pun akan semakin solid. 

  1. Terbuka satu sama lain 

Nah, bagi kamu yang juga sedang menjalani hubungan LDR beda negara jangan takut untuk selalu terbuka.

Contohnya adalah saat aku sedang ada masalah dengan apapun, pasti akan bilang kepada pasangan begitupun sebaliknya.

Rasa kangen dan kesepian juga aku utarakan. Dengan mengatakan hal-hal seperti itu, maka kamu dan pasangan pasti akan lebih saling mengerti. 

Jadi, kamu jangan down bila ada yang mengatakan bahwa hubungan LDR itu sia-sia. Karena kenyataannya aku dan pasangan sudah menjalankan ini bertahun-tahun dan baik-baik saja. Selama kamu dan pasangan saling mengerti dan percaya, hambatan apapun pasti bisa diselesaikan. 

Kamu harus yakin bahwa kamu dan pasangan akan terus bersama. Itulah hubungan LDR yang dewasa. Apalagi pandemi pasti akan berakhir, jadi sudah pasti kalian akan bertemu. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: menjalin hubungan
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments