Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Sangat Beracun, Jangan Dekati Hewan di Laut Berikut Ini

Sama seperti daratan yang memiliki hewan berbahaya, laut pun juga ada. Beberapa hewan di laut menyimpan racun mematikan.


hewan di laut

Ilustrasi hewan di laut (Foto : Yann HUBERT/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Laut adalah bagian dari bumi yang menyimpan banyak hewan eksotis. Bahkan ilmuwan meyakini bahwa masih banyak bagian laut yang belum bisa dieksplor.

Iklan

Sama seperti daratan yang memiliki hewan berbahaya, laut pun juga ada. Beberapa hewan di laut menyimpan racun mematikan.

Apa saja hewan laut yang memiliki racun berbahaya? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini. 

Iklan

Hewan Laut dengan Racun Mematikan 

Racun pada hewan sebenarnya adalah perlindungan diri untuk mereka. Tapi, kadar racun yang dimiliki berbeda-beda dan zatnya pun bisa sangat berbahaya bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa hewan laut yang terkenal akan racunnya yang mematikan: 

Box Jellyfish 

Box Jellyfish atau ubur-ubur kotak ini masuk sebagai salah satu hewan laut yang paling mematikan di dunia.

Iklan

Bahkan National Geographic pun menyatakan bahwa ubur-ubur ini adalah bisa membunuh manusia dengan racunnya.

Zat-zat yang terkandung dalam racun Box Jellyfish akan menyerang sel kulit, jantung dan juga saraf. 

Satu hal yang mengerikan dari ubur-ubur kotak adalah ia dapat hidup di perairan dengan kondisi apapun.

Tercatat sudah ada sekitar 6000 kasus kematian yang disebabkan oleh sengatan Box Jellyfish.

Habitat dari ubur-ubur ini adalah di lautan Australia dan Asia Tenggara. Jika kamu bertemu dengan ubur-ubur kotak, lebih baik jangan didekati apalagi disentuh. 

Ular Laut Belcher 

Jika berbicara hewan paling berbisa di laut, maka ular laut Belcher adalah salah satunya. Ada beberapa spesies ular laut yang dikenal sangat berbisa, tapi Belcher memiliki bisa yang sangat luar biasa.

Satu tetes bisa dari ular ini bisa membunuh 1.800 orang. Hal ini tidak lepas dari kandungan neurotoksin serta miotoksin yang sangat kuat. 

Apabila manusia terkena bisa ular laut Belcher, maka gejala yang akan muncul adalah pendarahan dalam hebat dan sesak napas.

Tapi, hingga saat ini, tidak ada satupun laporan kasus kematian karena bisa dari ular laut yang masih satu dengan kobra ini. Ia mempunyai sifat yang sangat pemalu dan lebih memilih menjauhi manusia. 

The Blue Ringed Octopus 

Jangan terkecoh dengan warnanya yang cantik, ya. Gurita cincin biru ternyata memiliki racun yang mematikan.

Ia memiliki dua racun yang digunakan untuk kondisi berbeda. Satu racun untuk berburu kepiting atau ikan kecil, satu racun lagi untuk melindungi dirinya sendiri. Nah, yang untuk proteksi inilah yang sangat berbahaya.

Gurita cincin biru menyimpan racun di seluruh bagian tubuhnya dan berbentuk lendir serta liur.

Ketika seseorang terkena racun dari gurita ini, maka tubuh tidak akan bisa bergerak dan perlahan napas serta denyut akan melemah.

Lalu, akan tewas secara perlahan. Hingga saat ini sendiri masih belum ditemukan penawarnya. The Blue Ringed Octopus ini bisa ditemukan di negara Filipina, Jepang, Australia dan Indonesia. 

Stonefish 

Hewan laut beracun selanjutnya adalah Stonefish atau Ikan Batu. Ia dinamakan ikan batu karena memang habitatnya di sekitaran karang-karang di perairan laut dangkal.

Racun dari ikan ini tersimpan pada duri yang ada di bagian kepalanya. Banyak kasus yang disebabkan oleh ikan batu.

Hal ini karena ikan ini memang selalu menyamar di bebatuan karang sehingga sulit terlihat manusia. 

Bila manusia tertusuk durinya, maka racun akan masuk dan menyebabkan sakit yang teramat sangat, gagal jantung bahkan hingga kematian.

Ada beberapa kasus, di mana manusia yang terkena racun ikan ini harus diamputasi. Meski Stonefish dikenal memiliki racun yang berbahaya, tapi ikan ini sering diburu dan dijual. 

Siput Laut 

Satu lagi hewan laut yang terlihat kecil tapi sangat mematikan adalah siput laut. Tapi bukan sembarang siput laut, di mana yang memiliki racun berbahaya adalah siput laut bercangkang marble.

Siput ini bisa menembakan racun untuk membunuh ikan-ikan kecil yang akan dijadikan makanannya. 

Tapi, terkadang saat menembakan racun, bisa juga sering mengenai manusia. Jika ada yang terkena racunnya, maka sudah dipastikan akibatnya akan sangat fatal.

Racun dari siput laut ini bisa membunuh 20 orang hanya dengan satu tetes saja. Jadi, bisa dibayangkan bila kamu terkena racun siput laut dengan cangkang bercorak marble ini. 

Lionfish 

Ikan yang satu ini sangatlah cantik baik dari corak dan bentuk tubuhnya. Tapi, jangan terlalu percaya dengan kecantikannya. Karena Lionfish juga dikenal sebagai salah satu hewan laut yang mempunyai racun berbahaya. 

Racun-racun ini tersimpan siripnya yang indah. Ketika kamu terkena racun dari Lionfish ini, maka bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat selama 6 jam. Bila tubuh sedang tidak kuat bisa sangat fatal akibatnya. 

Demikianlah jenis hewan di laut yang kelihatannya indah tapi nyatanya menyimpan racun berbahaya.

Bila kamu sedang bermain di tepi pantai dan menemukan hewan-hewan ini, lebih baik menjauh walau mereka sudah mati. Karena belum tentu racun yang ada dalam tubuh mereka sudah hilang. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Seputar dunia binatang