Hasil Uruguay VS Ekuador, La Celeste Menang Tipis 1-0 di Kualifikasi Piala Dunia

Uruguay mengalahkan Ekuador menjelang menit-menit terakhir lewat tandukan Gaston Pereiro.


Uruguay VS Ekuador

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Timnas Uruguay menghadapi Ekuador di Stadion Campeón del Siglo, Montevideo, dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Jadwal pertandingan kedua tim ini telah dilaksanakan pada hari Jumat 10 September 2021 pukul 05.40 WIB.

Uruguay kembali ke jalur kemenangan setelah berhasil menekuk timnas Ekuador dengan skor 1-0.

Kemenangan ini membuat tim Uruguay yang berada dibawah asuhan pelatih Oscar Tabarez berada di posisi ke-3 teratas puncak klasemen babak penyisihan Piala Dunia 2022.  

Selama pertandingan berlangsung, kedua tim saling memperebutkan bola dengan sengit hingga akhirnya Uruguay menang tipis dari Ekuador.

Meskipun pada menit-menit pertama bola dikuasai oleh Timnas Ekuador, namun karena pertahanan Uruguay sangat tangguh membuat tim asuhan Gustavo Alfaro ini sulit untuk menembus gawang lawan.

Bagi yang penasaran dengan laporan jalan pertandingan antara timnas Uruguay vs Ekuador, simak informasi berikut.   

Kondisi Tim Uruguay dan Ekuador Sebelum Bertanding

La Celeste (julukan timnas Uruguay) tidak memiliki striker bintangnya yaitu Edinson Cavani dan Luis Suarez.

Seperti yang kita tahu, kedua pemain ini merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Uruguay.

Sayangnya mereka tidak bermain di laga melawan Ekuador karena harus beristirahat. Sedangkan untuk pemain unggulan lainnya seperti Maxi Gomez dan Agustin Alvarez tampil paling depan di tim Uruguay.  

Dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2022, pemain Uruguay yang tampil impresif adalah Giorgian de Arrascaeta dengan sumbangan tiga gol.

Sedangkan untuk Diego Godin, dipercaya oleh Tabarez untuk mengisi bek tengah saat melawan La Tricolor (julukan timnas Ekuador).

Di sisi lawan, yaitu Timnas Ekuador harus bermain tanpa Junior Sornoza, sang pemain sayap yang diusir dari lapangan hijau.

Hernan Galendez yang merupakan penjaga gawang pilihan La Tricolor ini juga turut absen saat laga melawan Uruguay.

Sementara itu, Jhegson Mendez sang gelandang utama juga tidak ikut membela La Tricolor.

Tim asuhan Gustavo Alfaro ini akan dipimpin oleh Enner Valencia yang terus mencari gol internasional ke-32.

Menang 1-0, Gol Timnas Uruguay dari Tandukan Gaston Pereiro

Uruguay mengalahkan Ekuador menjelang menit-menit terakhir lewat tandukan Gaston Pereiro.

Pertandingan yang digelar di Stadion Campeon del Siglo pagi Jumat ini berakhir dengan skor tipis 1-0.

Selama pertandingan berlangsung, tim Uruguay berhasil menguasai bola lebih baik dari Ekuador.

Kedua timnas ini sama-sama tampil apik, terlihat dari perlawanan sengit yang diberikan oleh timnas Ekuador untuk menguasai bola di lapangan hijau.

Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 ini hampir berakhir dengan seri, namun timnas Uruguay lebih beruntung karena berhasil mencetak gol di menit-menit terakhir.

Adapun formasi menyerang yang digunakan timnas Uruguay dalam pertandingan melawan Ekuador cukup umum, bahkan di babak pertama tim asuhan Oscar Tabarez ini menunjukkan dominasi yang sedikit lebih baik.

Luis Suarez dan kawan-kawan terus mencoba menebar ancaman, meskipun itu tidak cukup berhasil menembus lini pertahanan Ekuador.

Uruguay sempat berpeluang mencetak gol pada menit ke-36 melalui sundulan Agustin Alvarez yang mendapat umpan silang dari Rodrigo Bentancur.

Hanya saja sundulan ini tidak berhasil menembus gawang Ekuador karena meleset ke sisi kiri. Kesempatan mencetak gol juga datang ke pihak lawan, Ekuador hampir berhasil unggul dalam pertandingan.

Di babak kedua, Uruguay tak mengendurkan serangan dan hampir saja mencetak gol pada menit ke-52.

Valverde masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan dari sisi kanan gawang. Mungkin karena belum beruntung saja bola tersebut hanya membentur atas gawang Ekuador.

Timnas Uruguay baru berhasil mencetak gol pada menit ke-85, namun itu dianulir karena terjadi handball oleh Matias Vecino.  

Gol sebenarnya baru tercipta ketika memasuki masa injury time. Uruguay berhasil mencetak skor 1-0 dari Ekuador berkat tandukan Gaston Pereiro yang berhasil memaksimalkan umpan silang dari Nandez.

Dengan hasil ini, Uruguay berhasil mendapat 15 poin dan membuat tim asuhan Oscar Tabarez ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Uruguay dan Ekuador    

Uruguay (4-3-1-2):

  • Pelatih: Oscar Tabarez
  • Pemain: Fernando Muslera, Agustin Alvarez, Maximiliano Gomez, Giorgian de Arrascaeta, Rodrigo Bentancur, Matías Vecino, Federico Valverde, Joaquín Piquerez, Diego Godin, Jose Gimenez, dan Nahitan Nandez.

 Ekuador (4-3-3):

  • Pelatih: Gustavo Alfaro
  • Pemain: Michael Estrada, Angel Mena, Enner Valencia, Moises Caicedo jeison Mendez, Pervis Estupiñan, Piero Hincapie, Luis Fernando Leon, Xavier Arreaga, Felix Torres, Pedro Ortiz.

Setelah menang melawan Ekuador, Uruguay akan berhadapan dengan timnas sepakbola lainnya untuk  memperebutkan posisi puncak klasemen supaya melenggang ke Piala Dunia 2022.

Demikian laporan pertandingan Uruguay VS Ekuador Jumat, 10 September 2021 yang telah diselenggarakan pada pukul 05.40 WIB di Stadion Campeon del Siglo, Montevideo.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk pecinta sepakbola sekalian. Salam olahraga.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Hasil Uruguay Vs Ekuador, Piala dunia 2022

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru