Penulis: tmtimes bola

Hasil Final Piala Super UEFA: Man of the Match dan Fakta Menarik

Bayern memenangkan trofi Piala Super UEFA 2020 setelah mengalahkan Sevilla 2-1 dalam pertandingan yang melelahkan.

tmtimes.id – Stadion Puskás Aréna di Budapest, Rumania, berdiri sebagai saksi bisu dalam pertandingan Piala Super UEFA 2020 yang dimenangkan Bayern kemarin malam (24/09/2020).

Pertandingan semalam tidak mudah, sebab Sevilla tampil ngotot dan berusaha keras memperlihatkan jati diri sebagai tim yang tidak kalah superior ketimbang juara Liga Champions 2019/2020 itu.

Walau begitu, Sevilla kalah 1-2 dari Bayern. Gol-gol malam itu dicetak Ocampos (penalti menit ke-13), Goretzka (34) dan Javi Martinez (104).

Sevilla duluan yang memulai agresivitas mereka. Umpan silang Jesus Navas yang mengarah kepada Luuk de Jong disundul sang pemain ke tengah kotak penalti. Dia menargetkan bola mengarah kepada Ivan Rakitic, yang akhirnya dilanggar David Alaba. Ocampos mengeksekusi penalti untuk membuka keunggulan 1-0 agi Sevilla di menit ke-13.

Tertinggal 1-0. Bayern meningkatkan intensitas serangan ke daerah pertahanan Sevilla. Thomas Müller, Benjamin Pavard, Lewandowski, silih berganti mengancam gawang Sevilla, entah lewat tendangan melebar maupun yang diblok dengan baik oleh kiper Sevilla Bounou.

Gol balasan akhirnya didapatkan Bayern, ketika Lewandowski dengan cantik mengumpan bola kepada Goretzka yang menyontek bola ke gawang Sevilla. Bayern menyamakan kedudukan pada menit ke-34.

Kedudukan 1-1 sama-sama memperkuat intensitas aura penyerangan kedua tim. Sevilla ngotot tak mau kalah dari Bayern, dan hasilnya adalah ancaman yang sempat ditebar de Jong. Menerima umpan silang Sergio Escudero, de Jong mendapat peluang menjebol gawang Bayern kendati dibayangi dua bek lawan. Namun Neuer menggagalkannya.

Pemain pengganti dari pihak Sevilla, Youssef En-Nesyri, sempat menghadirkan ancaman yang – lagi-lagi – digagalkan Neuer. Mendapat umpan silang, En-Nesyri terlepas di kotak penalti Bayern. Sang pemain melepaskan tembakan mendatar. Cukup keras meski refleks Neuer lebih dari cukup untuk menggagalkan peluang emas tersebut.

Sampai menit ke-90, kedudukan tidak berubah. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Dan di sinilah perlawanan Sevilla tuntas.

Javi Martinez memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol dengan sundulan, yang mengakhiri perlawanan Sevilla di menit ke-104. Bayern akhirnya menjadi juara Piala Super UEFA 2020, untuk pertama kalinya sejak 2013.

Selai trofi juara, gelandang serba bisa Bayern Thomas Müller dianugerahi kehormatan sebagai man of the match final Piala Super Eropa 2020.

Fakta menarik Piala Super UEFA 2020

Piala super Eropa 2020 diserahkan kepada Bayern.
Bayern menerima trofi Piala Super UEFA 2020. (Foto: Twitter/FC Bayern)

Pertandingan final Piala Super UEFA antara Sevilla dan Bayern menyajikan beberapa fakta menarik:

  • Bayern memenangkan 23 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.
  • Juara Liga Champions UEFA memenangkan 25 trofi dalam 45 kali perhelatan final Pila Super UEFA.
  • Javi Martinez dua kali menciptakan gol di dua final Piala Super UEFA bersama Bayern.
  • Enam dari delapan pertandingan Piala Super UEFA di 8 tahun terakhir diakhiri di babak tambahan.

Artikel Terkait:

West Ham VS Totenham

West Ham vs Tottenham, Bisakah The Hammers Menang Di Kandang Sendiri?

ilustrasi Arsenal menang

Arsenal menang 3-1 atas Aston Villa, Hati Arteta Gembira

hasil liga inggris tadi malam

Hasil Liga Inggris Tadi Malam: MU Keok, Liverpool Puas, Chelsea Lega

chelsea vs shouthampton

Menang 3-1, The Blues Mampu Bertahan di Posisi Puncak Klasemen Liga Inggris

Brighton VS Arsenal

Hasil Imbang, The Gunner Belum Bisa Menyumbangkan Gol

pertandingan liga Inggris

Hwang Hee-Chan jadi Aktor Kemenangan The Wolves atas Newcastle United