Penulis: tmtimes news

Hari ini FPI Resmi Menerima Cap Organisasi Terlarang

Kalau ada sebuah organisasi mengatasnamakan FPI, itu dianggap tidak ada dan harus ditolak, karena legal standingnya tidak ada.

the Monkey Times – Pemerintah secara resmi hari ini (Kamis, 30/12/2020) membubuhkan cap kepada Front Pembela Islam (FPI) sebagai organisasi terlarang. Hal itu disampaikan secara gamblang oleh Menko Polhukam Mahfud MD dalam jumpa pers terkait status FPI, yang ditayangkan di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI.

Pemerintah menyatakan FPI secara de jure sudah bubar sebagai ormas sejak 21 Juni 2019. Namun organisasi yang dimaksud terus melakukan aktivitas yang dianggap melanggar ketertiban, keamanan, dan bertentangan dengan hukum.

“Seperti tindak kekerasan, sweeping, provokasi, dan sebagainya. Berdasar peraturan perundang-undangan dan sesuai dengan putusan MK no. 82 PUU 11/2013 Tanggal 23 Desember 2014, pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan FPI.

Karena FPI tidak lagi mempunyai legal standing baik sebagai ormas maupun sebagai organisasi biasa,” kata Mahfud MD. Mahfud mengingatkan kepada aparat pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk menolak organisasi yang mengatasnamakan FPI.

Pelarangan kegiatan FPI dituangkan dalam keputusan bersama enam pejabat tertinggi di kementerian dan lembaga negara, yang terdiri dari Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala BNPT.

Jumpa pers Menko Polhukam itu juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian , Kepala BIN Budi Gunawan, Menkumham Yasonna Laoly, Menkominfo Johnny G. Plate, Jaksa Agung Burhanuddin, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, Kepala KSP Hadi Moeldoko, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, dan Kepala PPATK Dian Ardeana Rae.

Artikel Terkait:

Komisi Pemberantasan Korupsi

KPK Ingatkan Pentingnya Transparansi Komoditas Guna Mencegah Korupsi Pangan

Jalur KA Sulawesi

Dua Jalur Kereta Sulawesi Dijadwalkan Beroperasi pada Oktober 2022

layanan BI-Fast

Layanan BI-FAST akan Menurunkan Biaya Transfer jadi Rp 2.500

kok bulu tangkis

Kalahkan Malaysia, Jepang bertemu China di Final Piala Sudirman

china di final piala sudirman

China Melenggang Mulus ke Final Piala Sudirman

ilustrasi terowongan cisamdawu

Pengoperasian Terowongan Tol Cisumdawu di Indonesia Dipercepat