Guruku Yang Tangguh, Ini Surat Untukmu

Aku berharap bisa memenuhi cita-citaku: menjadi guru yang keren. Seperti dirimu yang selalu mengajar dengan penuh keihklasan.


surat untuk guruku yang tangguh

Oleh: Pak Pos

Diterbitkan:

the Monkey Times – Guru adalah profesi yang dulu aku cita-citakan. Karena menurutku menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang  akan bermanfaat bagi banyak orang. Tapi tentunya cita-citaku ini tidak terlepas dari guruku yang tangguh hatinya dan rasa iklhlasnya yang tak pernah putus.

Tak bisa dipungkiri jika perjuangan Bu Guru tak akan bisa tergantikan oleh apapun dan siapapun meskipun sekarang aku sudah cukup berhasil. Minimal aku berhasil meraih gelar sarjana sekarang.

Ibu guru adalah seorang yang sabar dan selalu mendukungku sejak aku masih duduk di bangku SD. Ibu yang cukup perhatian untuk mengarahkan ku untuk mengajari sulitnya menyelesaikan pelajaran matematika.

Bagi kami, bu guru sangat berarti dan tidak bisa tergantikan oleh guru manapun. Keberhasilan ku hari ini tidak luput dari support yang telah ibu berikan untuk anak didik mu ini. 

Bu, sekarang aku sudah mendapatkan gelar sarjana pendidikan di salah satu universitas di Pulau Jawa. Bu, impian menjadi seorang guru kutempuh agar aku bisa membalas jasamu.

Surat pilihan: Untuk Ibu Dosenku Tersayang

Engkau adalah salah satu alasan mengapa akhirnya aku mengambil jurusan pendidikan. Bu, tanpa engkau, aku tidak bisa melanjutkan pendidikan. Perjuanganmu kala itu, membuatku terus berpikir. 

Aku sering terharu begitu tahu engkau rela menempuh perjalanan jauh menggunakan sepeda untuk mengajar kami, murid SD yang hidup di pedesaan. Mungkin itu satu hal lagi yang membuatku mengingat semua kata-kata yang ibu ajarkan pada kami semua.

Ibu mengatakan jika kita adalah permata di bawah laut yang belum ditemukan. Namun jika kita ditemukan, maka masing masing dari kita akan berpijar dan bernilai sangat mahal. 

Katamu, aku akan menjadi seorang yang sangat berguna di masa depan. Aku ingat akan perkataanmu saat aku sangat takut untuk tampil pidato di hadapan ratusan orang.

Dengan nada yang menenangkan, engkau mengatakan jika adu adrenalin sangat penting untuk membuatku berani mengambil resiko. Lalu engkau tegakkan bahuku untuk tmpil di hadapan ribuan tamu undangan yang datang. 

Bu, hanya engkau yang sangat bisa kuandalkan dalam hal pendidikan sejak kecil. Bahkan ketika aku sudah lulus dari bangku SD, aku tetap mengunjungimu di SD lama dan menanyakan perihal apapun.

Engkau adalah ibu kedua yang sangat berarti yang pernah kumiliki. Seperti engkau tahu, jika keluargaku tidaklah paham akan pendidikan kala itu. Pendidikan adalah hal yang mahal bagi keluarga kami. 

Baca Juga:  Surat ini Adalah Kado Ulang Tahunmu, bu

Ibu kandungku bahkan tidak sempat mengenyam pendidikan, sedangkan ayahku tidak sempat lulus dari bangku SD.Namun engkau seperti bisa merangkul kami yang memiliki latar belakang yang sama untuk terus berjuang mendapatkan pendidikan yang layak di kota.

Engkau bahkan rela untuk mengajari kami belajar hingga sore hari, sedangkan engkau merelakan untuk pulang bersepeda tengah malam melewati jalanan sepi. 

Bu, katamu semua orang memiliki cara untuk sukses yang berbeda. Bu, katamu aku akan bisa melihat dunia dengan kedua mataku secara langsung alih alih hanya melihat melalui peta saja.

Bu, katamu aku akan menghadapi banyak masalah ketika sudah tumbuh dewasa. Bu, katamu aku juga akan menemui banyak rintangan yang harus aku hadapi dan lebih menakutkan dibandingkan harus berbicara di depan warga desa. 

Bu, semua katamu benar dan sudah terbukti. Ketika aku sudah memutuskan untuk mengenyam pendidikan di bandku SMA dan jauh dari orangtua, semua perkataan mu benar semua.

Aku bahkan tidak bisa langsung bercerita kepada mu karena keberadaan kita sangat jauh. Apalagi saat aku sedang menjalani masa studi di pulau orang dimana kerasnya perjuangan baru lebih terasa. 

Tapi bu, aku sudah berhasil melalui semua hal itu. Akhirnya aku bisa membuktikan jika aku berhasil untuk mendapatkan gelar sarjana. Aku ingin segera mengunjungi rumahmu dan menceritakan pengalamanku semasa kuliah.

Alih alih hanya menceritakan melalui sepucuk surat ini, aku ingin bertatap muka langsung dan menceritakan pengalamanku. 

Aku ingin sekali bercerita jika aku berhasil melihat negara orang. Dan ibu benar. Perjuangan tidak akan pernah membohongi hasil. Aku sudah berhasil dan aku senang sekali.

Baru beberapa bulan lalu akan berkesempatan untuk mengunjungi Singapura sebagai negara yang maju. Sebelumnya aku memiliki kesempatan untuk melihat negeri daun maple yang selama ini aku kagumi. 

Bu, aku akan menceritakan semua pengalamanku kepadamu. Supaya engkau tahu kenapa aku mengagumi orang kulit putih yang mahir berbahasa Inggris.

Baca Juga: Berbahasa Inggris untuk Masa Depan anak Indonesia

Bu, tanpa perjuangan mu aku sebagai anak didikmu tidak akan berhasil seperti sekarang ini. Semua kata kata yang pernah engkau ucapkan selalu terngiang di kepalaku. 

Bu, tunggu aku pulang ke kampung halaman dan mendirikan sekolah untuk anak anak desa. Bu, ini adalah salah satu cita citamu dan juga cita citaku. Bu, aku memiliki konsep yang bagus untuk mewujudkan sekolah cita cita kita.

Baca Juga:  Siapa Manusia Es Itu?

Aku akan menceritakan semua konsep beserta dengan ceritaku saat mengenyam pendidikan. Terimakasih karena telah menjadi ibu keduaku yang selalu memberiku semangat. Salam sayang, muridmu yang tidak pernah pintar. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar belakang

Atau baca artikel lain yang ditulis: Pak Pos



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial