Guguran Awan Panas Gunung Merapi mencapai 1,5 Kilometer

Merapi hari ini meluncurkan awan panas dengan jarak maksimal 1,5 kilometer ke arah Barat Daya. Memunculkan hujan abu di Magelang.


awan panas merapi

Guguran awan panas Merapi hari ini. (Foto: BPPTKG/Twitter)


Oleh: tmtimes news

Diterbitkan:

the Monkey Times – BPPTKG hari ini mencatat guguran awan panas Gunung Merapi yang mengarah ke Barat Daya dengan jarak luncur kurang lebih 1,5 Kilometer.

Guguran awan panas tersebut terjadi hari ini (30/03/2021) pada pukul 07:06 WIB. Lebih jauh lagi, awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi selama 135 detik.

BPPTKG telah menetapkan status Siaga untuk Merapi, terhitung sejak 5 November 2020 hingga hari ini.

Sebelumnya BPPTKG mencatat guguran lava pijar dari Merapi, yang terjadi sebanyak 19 kali dan mengarah ke Barat Daya sejauh maksimal 1 kilometer. Data ini berdasarkan amatan yang dilakukan mulai pukul 00:00 hingga 06:00 WIB.

Terkait dengan gempa vulkanik Merapi, BPPTKG mencatat dua kali gempa fase (amplitudo 2mm selama 5 detik), satu kali gempa hembusan (amplitudo 2mm selama 11 detik) dan 50 kali gempa guguran (amplitudo 3-20 mm selama 10-92 detik).

Di tempat lain, akun Twitter BPDB Kab. Magelang menginformasikan terjadinya hujan abu tipis di wilayah KRB III Kabupaten Magelang. Namun sekarang hujan abu di wilayah tersebut berangsur reda.

Baca Juga:  Google Maps diperbarui, Memperluas fungsi fitur Crowdedness Predictions
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita hari ini

Atau baca artikel lain yang ditulis: tmtimes news

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru