Penulis: Anggie Warsito

Gary Sinise yang Humanis

Bagaimana perannya sebagai Lt. Dan Taylor di Forest Gump mempengaruhi hidupnya.

the Monkey Times – Gary Sinise mungkin bukanlah sosok yang namanya dikenal begitu luas layaknya Leonardo DiCaprio maupun Tom Hanks. Namun, aktor kelahiran 17 Maret 1955 ini masih konsisten hingga kini lewat sederet film dan series yang ia bintangi.

Salah satunya adalah 13 Reason Why (2020) yang mana di sana ia berperan sebagai Dr. Robert Ellman. Diluar kesibukannya sebagai aktor, Sinise juga masih konsisten menyelenggarakan kegiatan amal bagi sejumlah veteran perang yang ada di Amerika Serikat.

Lieutenant Dan Taylor yang Memengaruhi Hidupnya

Film bukanlah hal yang asing bagi Sinise. Ayahnya yang bernama Robert L. Sinise merupakan sosok editor film ternama. Karier Sinise di perfilman sendiri dimulai saat ia menjadi ekstras di film A Wedding (1978).

Namun, sebelum itu, ia terlebih dulu mendirikan theater company bernama Steppenwolf Theatre Company bersama kedua temannya. Theatre company tersebut kelak bakal melahirkan sejumlah aktor Hollywood ternama, semisal Joan Allen, John Malkovich, dan Ethan Hawke.

Sinise mulai menyeriusi karier keaktorannya dengan membintangi film yang ia sutradarai sendiri, Of Mice and Men (1992). Dua tahun berselang, ia pun bermain di salah satu film tebaik yang dirilis pada 1994, Forrest Gump (1994).

Pada film adaptasi novel itu, ia berperan sebagai Lieutenant Dan Taylor. Sosok Letnan yang memimpin Forrest Gump (Tom Hanks) semasa perang Vietnam. Tokoh tersebut digambarkan sebagai tentara yang berdedikasi dan berharap bisa gugur dalam peperangan, namun malah diselamatkan Forrest dan harus mengalami amputasi pada kedua kakinya.

Walau bukan tokoh utama, Lieutenant Dan berhasil mencuri perhatian lewat karakternya serta lika-liku hidupnya setelah kedua kakinya diamputasi. Lewat tokoh ini, penonton bisa belajar bahwa Tuhan mengambil sesuatu dari kita bukan karena Dia jahat, tapi justru ingin mengganti sesuatu tersebut dengan hal yang lebih baik untuk kita.

Keberhasilan Sinise memerankan sosok Lieutenant Dan membutnya diganjar sejumlah nominasi dan penghargaan, dimana salah satunya yang paling presitisius adalah nominasi Academy Awards untuk kategori Best Supporting Actor.

Selain mendapat nominasi dan penghargaan, tokoh tersebut juga membuat Sinise lebih peduli terhadap para veteran. Sejak saat itulah, ia pun mulai rajin menggalang kegiatan amal untuk mereka.

Beramal dalam Bentuk Band dan Yayasan

Dala menjalankan kegiatan amalnya, Sinise melakukan pendekatan yang cukup unik, yaitu membuat band bernama Lt. Dan Band. Nama band tersebut tentu saja terinspirasi dari sosok Lieutenant Dan yang ia perankan. Di sana, ia berperan sebagai pendiri band sekaligus pembetot bass. Sejumlah musisi turut diajak dalam band bergenre pop-rock itu.

Sejak berdiri pada 2004 hingga sekarang, band besutan Sinise itu konsisten menyanyikan cover song dari sejumlah lagu ternama. Uang yang mereka dapat dari panggung ke panggung nantinya langsung disumbakan kepada para veteran, terutama mereka yang pernah menjadi tentara pada Perang Dunia I.

Kegiatan amalnya bersama Lt.Dan Band lantas meraih penghargaan dari berbagai pihak. Salah satunya yang paling presitisius adalah Presidential Citizen Medal pada 2008 yang diberikan presiden Amerika Serikat saat itu.

Tak hanya lewat band, Sinise pun melakoni kegiatan amalnya lewat suatu yayasan yang ia dirikan pada 2011. Pada yayasan bernama Gary Sinise Foundation itu, Sinise banyak melakukan kegiatan amal dan pelayanan yang dikhususkan para veteran yang masih mengalami luka fisik akibat perang.

Dari awal berdirinya hingga 2019 kemarin, yayasan tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar USD 194 juta yang langsung disalurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan. Kegiatan Gary Sinise Foundation kini bisa disimak di kanal YouTube mereka.

Gary Sinise mungkin bukan aktor bergelimangan popularitas. Namun, dari akting, Sinise berhasil menghidupi mereka yang membutuhkan, khususnya para veteran perang.