Fitur Instagram Shopping dan Cara Mengaktifkannya

Melalui fitur Instagram Shopping, para pengguna dapat langsung membeli atau menjual produk yang ditampilkan di feed atau story. 


fitur instagram shopping

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Instagram saat ini telah menjadi alat promosi dan pemasaran online yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, sosial media milik perusahaan Facebook ini sudah menyediakan fitur-fitur khusus yang dapat mengoptimalkan penjualan di platformnya.

Salah satunya adalah Instagram Shopping yang sudah resmi dirilis di Indonesia sejak awal awal Oktober tahun lalu.

Melalui fitur ini, para pengguna Instagram dapat langsung membeli atau menjual produk yang ditampilkan di feed atau story. 

Sepertinya menarik, ya? Sangat cocok untuk pemilik bisnis online yang ingin meningkatkan penjualan.

Apabila Anda ingin menggunakan fitur ini, maka beralihlah ke akun Instagram for Business.

Instagram Shopping dan Fitur-fiturnya

Seberapa penting sih penggunaan penggunaan fitur Instagram Shopping ini untuk bisnis Anda? Untuk mengetahuinya, kamu perlu mempelajari sejumlah fitur dari Instagram Shopping berikut ini.

  1. Shops

Fitur ini berlaku sebagai etalase toko yang dilihat calon konsumen ketika berkunjung ke akun bisnis Anda.

Melalui fitur ini, pengunjung dapat melihat semua produk yang dijual di akun Instagram tanpa harus masuk ke situs website.

  1. Instagram Shop

Fitur yang membantu pengguna menemukan berbagai brand dan produk yang ditampilkan sesuai jenis yang relevan.

Instagram Shop mempunyai Shop Directory yang didalamnya berisi rekomendasi akun-akun bisnis yang dicari pengguna sebelumnya.

  1. Shopping Tags

Di Instargram shoping juga ada fitur Shopping Tags yang membantu pengguna mempelajari produk yang ditampilkan di story atau feed akun bisnis. Pengguna atau calon pembeli dapat mengetahui nama produk, harga, serta deskripsinya.

  1. Product Launches

Dapat membantu meningkatkan hype orang-orang terhadap produk baru dan membuat mereka penasaran melihatnya.

Fitur Product Launches bisa digunakan untuk mengumumkan produk yang akan diluncurkan dalam waktu dekat kepada calon pembeli, sehingga mereka dapat mengatur pengingat dan melihat detailnya setelah produk tersebut keluar.

  1. Shopping From Creators

Fitur ini dapat digunakan ketika Anda bekerjasama dengan content creator atau influencer.

Dimana melalui fitur Shopping From Creators mereka dapat langsung menandai produk Anda langsung.

Postingan yang ditandai akan menampilkan tulisan “Paid Partnership with” untuk memberitahu pengguna lainnya bahwa produk yang diunggah influencer atau content creator tersebut merupakan milik brand Anda.

Customer dapat langsung mengetahui harga dan detail produk apabila mengklik foto yang ditampilkan kemudian melakukan transaksi.

  1. Shopping Ads
Baca Juga:  HP Samsung Terbaru: Infografis dan Spesifikasi Galaxy A42 5G

Anda bisa menjangkau konsumen lebih banyak dengan fitur Shopping Ads. Selain meningkatkan jumlah view, Anda juga dapat langsung mengarahkan calon pembeli ke website toko online untuk melakukan check out.

  1. Collections

Fitur yang emmungkinkan pengguna membagi produk ke dalam beberapa kategori. Dengan fitur ini, tentu lebih mudah bagi calon pembeli mencari dan menemukan produk yang diinginkan di akun bisnis Anda.

Jika ingin mengoptimalkan promosi dan pemasaran di Instagram, Anda harus memanfaatkan fitur-fitur dari Instagram Shopping.

Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan mempermudah calon pembeli melakukan transaksi. Tapi, bagaimana ya cara menggunakannya?

Tidak perlu bingung. Pada kesempatan kali ini, kamu akan membantu Anda mempelajari cara mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

5 Langkah Mudah Mengaktifkan Fitur dari Instagram Shopping

Sebelum mengaktifkan fitur ini, kamu harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang ada. Hal ini karena Instagram Shopping tidak dapat digunakan oleh semua akun bisnis.  Untuk itu, perhatikan beberapa syarat berikut supaya permintaan Anda diterima pihak Instagram:

  • Bisnis berlokasi di pasar yang tersedia untuk Instagram Shopping.
  • Bisnis mempunyai website untuk jualan.
  • Bisnis mematuhi perjanjian dan kebijakan sebagai pelapak di Instagram.
  • Produk yang dijual berbentuk fisik dan telah memenuhi syarat Instagram.

Berikut cara mengaktifkan fitur dari Instagram Shopping.

  1. Beralih ke Akun Bisnis

Ubah akun jualan Anda ke akun bisnis supaya dapat menggunakan fitur ini. Jika belum tahu caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke akun Instagram yang dipakai berjualan.
  • Buka menu pengaturan dan pilih Account.
  • Ganti akun Anda ke profesional akun.
  • Pilih lanjutkan dan atur kategori bisnis.
  • Selesai.
  1. Membuat Website dan Halaman Facebook

Website adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai pelapak di Instagram Shopping. Jika sudah punya, maka beralih ke langkah selanjutnya yaitu membuat halaman Facebook. Berikut caranya:

  • Buat akun pengelola halaman Facebook dengan akun milik Anda.
  • Isi informasi sesuai perintah.
  • Pilih pengaturan bisnis dan klik sumber data.
  • Buat katalog dan tambahkan produk.
  • Tentukan siapa saja yang boleh mengakses katalog tersebut.
  1. Hubungkan Akun Instagram dengan Katalog Facebook

Setelah membuat website dan halaman katalog di Facebook, Anda dapat mulai mengaktifkan Instagram Shopping dengan cara berikut:

  • Klik pengaturan dan pilih bisnis.
  • Pilih ‘Sign Up for Shopping”
  • Ikuti langkah-langkah yang diminta
  1. Tunggu Peninjauan Akun dan Aktifkan Fitur Shopping
Baca Juga:  Google akan Mempermudah Pengguna Mendapat Informasi Vaksin COVID-19

Dibutuhkan beberapa waktu sampai pihak Instagram selesai meninjau pendaftaran anda. Jika tidak ada masalah, Anda dapat mengaktifkan fitur Shopping.

  1. Tambahkan Label Produk

Anda dapat mengunggah foto produk yang ingin dijual, beserta deskripsi dan harganya di label produk. Supaya berhasil, lakukan promosi terus menerus.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengaktifkannya? Segera manfaatkan fitur ini untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Semoga berhasil.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: fitur di instagram, jualan di instagram, tips teknologi

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial