Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Foodies

Selain Cocok Buat Topping, Keju Mozzarella Menyimpan Beberapa Fakta Unik

Nama mozzarella sendiri berasal dari kata mozzare dalam bahasa Italia yang artinya memotong.


keju mozzarella

Tampilan Keju Mozzarella (Foto : Marbot/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Keju berasal dari benua Eropa, merupakan salah satu olahan susu yang dapat menambah rasa gurih dan lezat pada makanan.

Iklan

Beberapa tahun belakangan ini marak muncul ide kreasi makanan menggunakan keju, terutama pada jajanan kuliner tradisional.

Tujuannya untuk memberikan cita rasa yang lebih modern. Secara umum keju menjadi sumber kalsium, protein, dan beberapa nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan.

Iklan

Mulai dari varian tekstur, rasa, dan aroma produk olahan susu ini juga ada banyak, salah satunya keju mozzarella.

Jenis keju ini berasal tanah Itali. Produk satu ini sering dijadikan sebagai penambah citarasa berbagai sajian italia, seperti pizza dan beberapa resep burger, steak, lasagna, bahkan di Indonesia sendiri sudah digunakan untuk melengkapi sajian mie instan dan ayam geprek.

Iklan

Apakah kamu gak penasaran dengan asal usul dan beberapa fakta unik tentang keju mozzarella? Sepertinya menarik untuk dibahas bersama. Yuk, simak informasi berikut.  

Sejarah Keju Mozzarella

Ternyata mozzarella cheese pertama kali dibuat di kota Naples, Italia pada abad ke-12. Pada masa itu, yang notabene banyak peternak kerbau di daerah tersebut, sehingga masyarakat setempat mengolah bahan baku keju menggunakan susu kerbau. Sebenarnya kemunculan mozzarella berawal dari kecelakaan

Bermula ketika salah seorang pekerja pabrik pembuatan keju yang tak sengaja menumpahkan susu kerbau ke dalam ember air panas.

Dari kejadian ini kemudian tercipta keju yang melar saat dipanaskan dan memiliki tekstur yang lembut.

Sayangnya pada masa tersebut keju mozarella tak dapat disimpan lama karena dalam proses pembuatannya, susu kerbau yang menjadi bahan baku dasar belum melalui proses pasteurisasi.

Nama mozzarella sendiri berasal dari kata mozzare dalam bahasa Italia yang artinya memotong.

Hal ini diambil dari teknik memutar dan memotong untaian yang terjadi dalam proses pembuatan keju ini.

Meskipun awalnya dibuat dari susu kerbau, sekarang sudah banyak produsen yang mengolah mozzarella dari susu sapi. Keunggulan dari bahan baku susu sapi adalah kandungan kalsium yang lebih tinggi.

Diketahui dalam satu ons mozzarella ada kalsium sebanyak 183 mg, lho. Selain tinggi kalsium, keju mozzarella juga kaya akan asam amino dan pepton yang dapat mencegah kenaikan asam lambung berlebih.

Gak heran kalau diklaim baik untuk kesehatan, harga jualnya juga masih mahal hingga sekarang.

Keju mozzarella ternyata juga banyak jenis lho, padahal selama ini kita kira hanya ada satu saja, kan? Setidaknya ada 12 jenis mozzarella yang telah diproduksi, mulai dari:

  • Smoked
  • Scamorza
  • Shedded
  • String
  • Stracciatella
  • Burrata
  • Mozzarella di bufala
  • Perline
  • Bocconcini
  • Ovoline
  • Fresh mozzarella
  • Mozzarella curd

Fakta-Fakta Unik Keju Mozzarella, Belum Banyak Diketahui

Kalau kamu salah satu pecinta keju mozzarella, sudah tahu fakta-fakta uniknya ini, belum? Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Tidak Rendah Kalori

Terkadang kita sering melihat iklan keju mozarella yang rendah lemak, padahal sebenarnya hal tersebut bertujuan untuk promosi. Sangat mustahil untuk mengolah bahan dasar susu, apalagi dari sapi dan kerbau menjadi makanan yang rendah lemak.

  1. Keju yang Paling Mudah Dicerna Tubuh

Keju mozarella tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat dan gurih, tapi juga baik untuk kesehatan.

Beberapa kandungan dalam produk olahan susu ini ada kalsium, asam amino, dan pepton yang baik untuk penderita maag karena dapat mencegah kenaikan asam lambung yang berlebih.

  1. Keju Terbaik untuk Pizza

Alasan mozzarella paling pas untuk pizza tentu karena rasanya yang seperti susu, memiliki tekstur yang halus dan lembut, elastis, serta meltabilitasnya luar biasa. Makanya keju ini dianggap sebagai keju terbaik untuk hidangan khas italia tersebut.

  1. Paling Beraroma Saat Dijadikan Pada Suhu Kamar

Rahasia menyajikan mozarella adalah tetap berada pada suhu kamar. Jika kamu ingin menyajikannya, silahkan diamkan setidaknya satu jam setelah dibuka dan dikeluarkan dari lemari es.

  1. Tak Disimpan Dalam Kulkas Lebih Baik

Kamu pasti salah satu orang yang sering menyimpan bahan-bahan makanan dalam kulkas kan?

Meskipun merasa aman karena tidak basi atau dikerubuti semut, sebaiknya mulai dari sekarang lakukan pengecualian terhadap mozzarella ya. Karena penurunan tekstur yang drastis malah merusak tekstur keju, lho.

  1. Menyehatkan Tulang

Kalsium dalam mozarella sangat melimpah, sehingga baik untuk proses pertumbuhan anak-anak. Jika mendapatkan asupan rutin dari produk olahan susu ini, maka tulang kamu pun akan lebih kuat dan sehat.

  1. Disimpan Dengan Cara Unik di Italia

Mozzarella segar dijual dalam larutan air, whey, atau air garam supaya bentuk dan kelembabannya tetap terjaga. Cara unik penyimpanan mozzarella ini terjadi di negara asalnya, yakni Italia.

Sudah paham kan sekarang dari mana asal usul keju mozarella serta fakta-fakta uniknya? Yuk bagikan informasi ini ke teman-teman jika bermanfaat.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: serba-serbi panganan sehat