Fakta-fakta Menarik Manga One Piece Karya Eiichiro Oda

Tidak hanya menyuguhkan kisah-kisah lucu, One Piece juga mempunyai kisah mengharukan yang tidak jarang membuat kita meneteskan air mata.


One Piece

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Siapa sih yang tidak tahu manga One Piece? Ini merupakan manga karya Eiichiro Oda yang menjadi favorit sepanjang masa.

Menceritakan tentang petualangan bajak laut topi jerami dalam mengarungi lautan untuk menemukan harta karun peninggalan raja bajak laut sebelumnya, Gold Roger yaitu One Piece.

Serial manga yang sudah terbit sejak tahun 1997 sampai sekarang ini juga sudah ada versi animenya, bahkan akan dibuatkan versi live action oleh Netflix, lho.

Manga One Piece memang telah menarik perhatian jutaan, bahkan milyaran orang di dunia selama 20 tahun lebih.

Wajar jika saat ini penggemarnya berasal dari berbagai kalangan usia. Luffy, Zoro, Nami, Sanji, Chopper, Usopp, Robin, Franky, Brook, dan kru terbarunya yaitu Jimbe telah mewarnai hari-hari kita dengan tawa dan tangis.

Ada saja tingkah laku konyol yang mengundang gelak tawa dari para bajak laut topi jerami atau yang disebut Mugiwara maupun musuh-musuh mereka yang bikin ngakak.

Tidak hanya menyuguhkan kisah-kisah lucu, One Piece juga mempunyai kisah mengharukan yang tidak jarang membuat kita meneteskan air mata.

Nah, buat para penggemar manga karya Eiichiro Oda, berikut ini ada fakta-fakta menarik tentang cerita Luffy dan kawan-kawan. Penasaran?

Manga One Piece dan Fakta-Fakta Menariknya

Komik, anime, dan film One Piece telah menghasilkan keuntungan mencapai miliaran dolar dan jumlah tersebut akan terus bertambah sampai Eiichiro Oda mengakhirinya nanti.

One Piece adalah salah satu manga yang punya banyak karakter dan cerita yang menggugah, tentu ada beberapa menarik yang harus diketahui penggemar.

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa fakta menarik One Piece yang kemungkinan belum diketahui banyak orang. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Dibalik Lahirnya One Piece

Eiichiro Oda sewaktu kecil sangat mengidolakan Akira Toriyama, komikus dari serial Dragon Ball. Siapa sih yang tidak kenal dengan manga Dragon Ball?

Tentu kita semua tahu, apalagi versi animenya pernah tayang di stasiun televisi tanah air.

Dari sanalah Oda mulai tertarik untuk menjadi komikus seperti sang idola. Oda sendiri sejak kecil punya ketertarikan terhadap dunia bajak laut setelah menonton serial animasi lawas berjudul Vicky the Viking.  

Memasuki usianya yang ke-17, Oda memulai karir sebagai komikus dengan menerbitkan manga koboi berjudul Wanted pada tahun 1992 yang kemudian mendapat juara kedua dalam ajang Tezuka Manga Awards.

Oda juga pernah bekerja dengan komikus Rurouni Kenshin, Nobuhiro Watsuki sebagai asisten. Tidak lama berselang, Oda akhirnya memutuskan untuk debut secara profesional pada tahun 1997 melalui manga One Piece.

  1. Hampi 80% dari Tamat

One Piece sudah menemani kita selama lebih dari 20 tahun. Manga ini juga sudah mempunyai 18 musim, 12 episode spesial, dan telah dijadikan film sebanyak 14 kali.

Bahkan kabar terbarunya, manga One Piece akan dibuat versi live action oleh salah satu layanan streaming ternama Netflix.

Tentu sebagai pengikut manga ini kamu penasaran kapan Oda akan mengakhiri kisah bajak laut Mugiwara.  

Beberapa waktu lalu, Eiichiro Oda sempat menjawab pertanyaan penggemar yang menanyakan kapan komik One Piece tamat.

Oda pun mengungkapkan bahwa manga ini sudah berjalan 80%, artinya petualangan Luffy dan kawan-kawan akan berakhir dalam waktu dekat.

  1. Memecahkan Rekor Guiness World

One Piece pernah memecahkan rekor Guinness World sebagai komik dengan cetakan terbanyak sepanjang masa, tepatnya pada bulan Juni 2015.

Pada bulan tersebut, penjualan manga One Piece menunjukkan angka yang impresif dengan total 230.866.000 kopi.

Dan tampaknya hingga sekarang belum ada yang bisa menyaingi popularitas manga karya Eiichiro Oda ini.

  1. Beberapa Karakter Ada di Dunia Nyata

Fakta menarik selanjutnya dari manga One Piece adalah sang komikus membuat karakter berdasarkan tokoh-tokoh kenamaan di dunia nyata.

Seperti karakter Sanji terinspirasi dari Mr Pink dari Reservoir Dogs yang diperankan oleh Steve Buscemi.

Sang komikus juga mengungkapkan nama Sanji awalnya adalah Naruto. Namun karena ada manga lain yang akan terbit dengan nama tersebut, maka ia pun mengganti nama kru bajak laut Topi Jerami yang terkenal genit ini menjadi Sanji.

Sedangkan untuk beberapa karakter lainnya seperti Enel, sang dewa petir terinspirasi dari Eminem.

  1. Akhir Kisah One Piece Hanya Diketahui 3 Orang

Akhir cerita dari petualangan Luffy dan kawan-kawan masih menjadi misteri. Meskipun sudah berjalan selama lebih dari 30 tahun lamanya, belum pernah sekalipun Oda membocorkan akhir cerita manga ini. 

Sang komikus mengatakan bahwa hanya ada tiga orang saja yang tahu tentang akhir dari One Piece, yaitu Oda sendiri, sang editor, dan seorang anak bernama Hinati Fujinami yang menderita kanker paru-paru.

  1. Beberapa Pengisi Suara Sudah Tiada

Jika Anda mengikuti serial anime One Piece, tentu sangat familiar dengan suara-suara yang mengisi karakter di dalamnya bukan?

Yang tidak diketahui penggemar adalah beberapa pengisi suara untuk karakter Jinbei, Smoker, Sengoku, Mihawk, Rayleigh, Benn Beckman bahkan sudah berpulang saking panjangnya komik dan anime satu ini.

Itulah fakta-fakta menarik dari One Piece, manga favorit sepanjang masa. Gimana, menarik bukan?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Fakta Menarik Seputar One Piece, Manga One Piece

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru