Connect with us

Hi, what are you looking for?

iklan
Pengertian refresh rate 90Hz
Pengertian refresh rate 90Hz
Ilustrasi Realme 7, smartphone dengan refresh rate 90Hz. (Foto: Technical Cheez lewat Youtube)

DigiDay

Layar Smartphone Refresh Rate 90hz: pengertian, kelebihan dan kekurangannya

Realme gencar menawarkan smartphone dengan layar 90hz. Kita bisa melihat tawaran itu dari beberapa tipe dan model. Apa saja keistimewaan layar 90hz?

the Monkey Times – Realme mungkin jadi satu merek smartphone di Indonesia yang gencar menawarkan produk dengan embel-embel layar 90hz. Kita bisa menemukan klaim itu lewat sejumlah produk seperti Realme 7i, Realme 7, Realme C17, maupun Realme Narzo.

Ambil contoh Realme Narzo, misalnya. Tipe ini hadir dengan 90hz ultra smooth display, yang diklaim Realme “mampu membuat setiap gerakan lebih halus dan ringan”.

Pengertian layar dengan refresh rate 90Hz

Pada dasarnya setiap layar smartphone bukanlah area statis. Setiap konten dan gerakan halus yang terlihat di atas layar terus menerus diperbarui lewat jumlah satuan piksel.

Nah, ‘refresh rate’ disini dimaknai sebagai waktu jeda yang digunakan panil layar untuk memperbarui konten yang tampil di atas layar.

Sederhananya, angka ‘refresh rate’ menghitung seberapa cepat piksel memperbarui tampilan konten di atas layar. Atau dengan kata lain, angka ‘refresh rate’ mengacu pada seberapa sering dan seberapa cepat konten di atas layar diperbarui.

Satuan ‘refresh rate’ dihitung dalam Hertz (Hz). Refresh rate 60Hz berarti layarnya diperbarui sebanyak 60 kali dalam satu detik. 90Hz berarti 90 kali dalam satu detik. Dan 120Hz berarti 120 kali per detik.

Singkat cerita, layar 120Hz menyegarkan piksel 2 kali lebih cepat ketimbang layar 60Hz. Angka 120Hz juga 4 kali lebih tinggi ketimbang, misalnya, televisi tua dengan layar 30Hz.

Lantas apa kelebihan dan kekurangan refresh rate tinggi?

Refresh rate layar yang semakin tinggi berarti gerakan konten di atas layar smartphone kita akan terlihat lebih halus dan lebih tajam.

Dengan kata lain, bila Anda menikmati konten video atau motion graphic di atas layar 90Hz, maka bisa dipastikan tampilan konten akan jauh lebih mulus.

Perbedaannya bakal sangat terasa bila smartphone dengan refresh rate layar 90Hz (atau 120Hz) dipakai untuk memainkan gim. Respon layar yang cepat dan frame rate yang tinggi memberikan lebih banyak manfaat, antara lain gameplay-nya bakal tampil lebih halus.

Kekurangannya hanya satu: smartphone dengan angka refresh rate cepat, baik di angka 90Hz maupun 120Hz, cenderung lebih boros baterai.

Ini disebabkan oleh tuntutan, dimana gim dengan frame rate tinggi meminta kemampuan prosesor yang juga tinggi – dan prosesor berkemampuan tinggi biasanya mengkonsumsi lebih banyak daya baterai.

Jadi rumusnya sederhana: semakin baik kemampuan prosesor smartphone, maka semakin mumpuni kemampuan graphic frame rate dalam mengimbangi refresh rate layar yang cepat.

Artinya ketika berniat membeli sebuah smartphone dengan refresh rate layar yang cepat, sebaiknya pembeli juga memperhitungkan kemampuan prosesor serta besaran daya baterai yang tertanam di bodi smartphone.

Lalu, apa kita butuh smartphone dengan layar 90Hz?

Tidak. Jawaban untuk pertanyaan tersebut sama seperti ketika kita menanyakan ke diri sendiri apakah kita butuh ponsel dengan kamera terbaik. Atau apakah kita butuh gim Pinball terpasang di ponsel kesayangan.

Lalu ada harga yang relatif mahal untuk sebuah ponsel dengan layar 90Hz. Sebelum kamu bilang ‘mahal’ itu relatif, yang ingin kami katakan sebetulnya sederhana: ketika mempertimbangkan kebutuhan orang banyak, maka ponsel dengan angka refresh rate besar tidak dibutuhkan.

Sebagian besar dari kita memakai ponsel pintar untuk kebutuhan sederhana seperti mengakses media sosial, melakukan belanja daring, atau untuk googling.

Tentu menghabiskan budget lebih dari tiga jutaan untuk sebuah ponsel layar 90Hz akan terasa percuma, kalau kita hanya memakai ponsel tersebut untuk kegiatan itu-itu saja.

Memang sekarang kamu bisa membeli seri Realme Narzo, ponsel layar 90Hz yang harganya paling rendah diantara ponsel lain dengan layar sejenis.

Namun ketimbang menghabiskan uang lebih banyak untuk sebuah ponsel yang secara fungsi sama dengan ponsel dengan layar 60Hz, tidak ada salahnya membeli yang standar saja.

Ceritanya lain kalau kamu adalah seorang gamers kelas wahid, atau seorang youtuber yang dari minggu ke minggu membuat konten tentang mobile gaming.

Di titik itu, ponsel dengan layar 90Hz akan menunjukkan kapabilitasnya tanpa sungkan.

Hero
Written By

Segala macam tulisan berbau hiburan selalu ditulis oleh redaktur hiburan satu ini. Humoris tapi suka nangis.

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

Mau Tahu Donk

'Keju keledai' toh nyatanya jadi keju termahal sejagat. Harganya kurang lebih sekitar $600 per kilogram, atau sekitar Rp 8,7 juta bila dikonversi ke dalam...

DigiDay

Sebaiknya Anda memperbarui APKPure ke versi baru, sebelum serangan Trojan jahat menginfeksi perangkat Anda.

Mau Tahu Donk

Pancasila pada dasarnya adalah ideologi negara. Dan karenanya sila 1 Pancasila bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari juga.

DigiDay

Supaya jadi benar, kamu mesti tahu beberapa mitos seputar mengecas baterai hp sepanjang malam. Benarkah buruk bagi smartphone kita?

Mau Tahu Donk

Di Indonesia kita mengenal angin muson sebagai penanda pergantian musim. Lantas apa pengertiannya dan apa pengaruhnya terhadap iklim di negara ini?

Sehat dan Bahagia

Kita tentu tahu 75 persen tubuh kita terdiri dari air. Tanpa air tubuh bakal mengalami dehidrasi. Dan tanpa air, sistem metabolisme tubuh takkan bisa...

Mau Tahu Donk

Hak bercerai tidak hanya milik lelaki. DI Indonesia, peraturan menyebut perempuan juga memiliki hak menggugat cerai suaminya.

Mau Tahu Donk

Sejarah perdagangan di seluruh negara cenderung mengenal mata uang sebagai alat transaksi yang sah, namun sistem perdagangan kuno seperti barter, toh, nyatanya masih dilakukan...