Connect with us

Hi, what are you looking for?

DigiDay

Layar Smartphone Refresh Rate 90hz: pengertian, kelebihan dan kekurangannya

Realme gencar menawarkan smartphone dengan layar 90hz. Kita bisa melihat tawaran itu dari beberapa tipe dan model. Apa saja keistimewaan layar 90hz?

Pengertian refresh rate 90Hz
Ilustrasi Realme 7, smartphone dengan refresh rate 90Hz. (Foto: Technical Cheez lewat Youtube)

the Monkey Times – Realme mungkin jadi satu merek smartphone di Indonesia yang gencar menawarkan produk dengan embel-embel layar 90hz. Kita bisa menemukan klaim itu lewat sejumlah produk seperti Realme 7i, Realme 7, Realme C17, maupun Realme Narzo.

Ambil contoh Realme Narzo, misalnya. Tipe ini hadir dengan 90hz ultra smooth display, yang diklaim Realme “mampu membuat setiap gerakan lebih halus dan ringan”.

Pengertian layar dengan refresh rate 90Hz

Pada dasarnya setiap layar smartphone bukanlah area statis. Setiap konten dan gerakan halus yang terlihat di atas layar terus menerus diperbarui lewat jumlah satuan piksel.

Nah, ‘refresh rate’ disini dimaknai sebagai waktu jeda yang digunakan panil layar untuk memperbarui konten yang tampil di atas layar.

Sederhananya, angka ‘refresh rate’ menghitung seberapa cepat piksel memperbarui tampilan konten di atas layar. Atau dengan kata lain, angka ‘refresh rate’ mengacu pada seberapa sering dan seberapa cepat konten di atas layar diperbarui.

Satuan ‘refresh rate’ dihitung dalam Hertz (Hz). Refresh rate 60Hz berarti layarnya diperbarui sebanyak 60 kali dalam satu detik. 90Hz berarti 90 kali dalam satu detik. Dan 120Hz berarti 120 kali per detik.

Singkat cerita, layar 120Hz menyegarkan piksel 2 kali lebih cepat ketimbang layar 60Hz. Angka 120Hz juga 4 kali lebih tinggi ketimbang, misalnya, televisi tua dengan layar 30Hz.

Lantas apa kelebihan dan kekurangan refresh rate tinggi?

Refresh rate layar yang semakin tinggi berarti gerakan konten di atas layar smartphone kita akan terlihat lebih halus dan lebih tajam.

Dengan kata lain, bila Anda menikmati konten video atau motion graphic di atas layar 90Hz, maka bisa dipastikan tampilan konten akan jauh lebih mulus.

Perbedaannya bakal sangat terasa bila smartphone dengan refresh rate layar 90Hz (atau 120Hz) dipakai untuk memainkan gim. Respon layar yang cepat dan frame rate yang tinggi memberikan lebih banyak manfaat, antara lain gameplay-nya bakal tampil lebih halus.

Kekurangannya hanya satu: smartphone dengan angka refresh rate cepat, baik di angka 90Hz maupun 120Hz, cenderung lebih boros baterai.

Ini disebabkan oleh tuntutan, dimana gim dengan frame rate tinggi meminta kemampuan prosesor yang juga tinggi – dan prosesor berkemampuan tinggi biasanya mengkonsumsi lebih banyak daya baterai.

Jadi rumusnya sederhana: semakin baik kemampuan prosesor smartphone, maka semakin mumpuni kemampuan graphic frame rate dalam mengimbangi refresh rate layar yang cepat.

Artinya ketika berniat membeli sebuah smartphone dengan refresh rate layar yang cepat, sebaiknya pembeli juga memperhitungkan kemampuan prosesor serta besaran daya baterai yang tertanam di bodi smartphone.

Lalu, apa kita butuh smartphone dengan layar 90Hz?

Tidak. Jawaban untuk pertanyaan tersebut sama seperti ketika kita menanyakan ke diri sendiri apakah kita butuh ponsel dengan kamera terbaik. Atau apakah kita butuh gim Pinball terpasang di ponsel kesayangan.

Lalu ada harga yang relatif mahal untuk sebuah ponsel dengan layar 90Hz. Sebelum kamu bilang ‘mahal’ itu relatif, yang ingin kami katakan sebetulnya sederhana: ketika mempertimbangkan kebutuhan orang banyak, maka ponsel dengan angka refresh rate besar tidak dibutuhkan.

Sebagian besar dari kita memakai ponsel pintar untuk kebutuhan sederhana seperti mengakses media sosial, melakukan belanja daring, atau untuk googling.

Tentu menghabiskan budget lebih dari tiga jutaan untuk sebuah ponsel layar 90Hz akan terasa percuma, kalau kita hanya memakai ponsel tersebut untuk kegiatan itu-itu saja.

Memang sekarang kamu bisa membeli seri Realme Narzo, ponsel layar 90Hz yang harganya paling rendah diantara ponsel lain dengan layar sejenis.

Namun ketimbang menghabiskan uang lebih banyak untuk sebuah ponsel yang secara fungsi sama dengan ponsel dengan layar 60Hz, tidak ada salahnya membeli yang standar saja.

Ceritanya lain kalau kamu adalah seorang gamers kelas wahid, atau seorang youtuber yang dari minggu ke minggu membuat konten tentang mobile gaming.

Di titik itu, ponsel dengan layar 90Hz akan menunjukkan kapabilitasnya tanpa sungkan.

Artikel Menarik Lainnya

DigiDay

Belantara aplikasi perpesanan bergoyang oleh kabar perubahan Kebijakan Privasi Whatsapp terbaru dimana aplikasi tersebut dikabarkan akan berbagi data penggunanya ke Facebook, perusahaan yang memilikinya.

DigiDay

Signal sempat memperoleh popularitas dadakan. Apa yang membedakan aplikasi tersebut dengan Whatsapp?

DigiDay

Salah satunya adalah keberadaan layar AMOLED 90Hz yang cocok untuk para gamers.

Mau Tahu Donk

Walau begitu, kemunculan Kalender Gregorian sempat ditentang negara-negara Eropa yang menganut agama Protestan.

DigiDay

Yang berubah setelah WhatsApp memperbarui term of services serta kebijakan privasi mereka terkait penggunaan aplikasi.

DigiDay

Oppo akan mengumumkan kehadiran Reno 5 varian 4G di Indonesia. Apa saja spesifikasi hp yang diletakkan di kelas upper-mid tersebut?

Mau Tahu Donk

Akar sejarah kalender masehi, atau kalender modern, yang kita kenal sekarang, bisa dilacak balik sejak era Republik Romawi.

Mau Tahu Donk

Bila Anda berniat pergi dari Cileungsi ke Bandung, ini dia beberapa opsi transportasi yang tersedia, termasuk bus antarkota.