Connect with us

Hi, what are you looking for?

Cara Hidup

Biarkan Cuan Bekerja untuk Anda lewat Reksa Dana Pasar Uang

Walaupun Reksa Dana Pasar Uang sempat jadi primadona investor, tingkat return-nya terbilang rendah. Walau begitu, ia tetap pantas dilirik.

Ilustrasi reksa dana

Pandemi COVID-19 memang menciptakan iklim ketidakpastian di sektor pasar modal. Walau begitu salah satu instrumen investasi rendah resiko seperti Reksa Dana Pasar Uang tetap seksi untuk dilirik sebagai salah satu pilihan utama berinvestasi.

Reksa Dana pasar uang rasanya memang pantas primadona investor karena resikonya yang rendah. Proses pembeliannya pun cukup mudah, sebab anda hanya perlu menyerahkan sejumlah modal kepada manajer investasi.

Mengutip situs Bareksa. Jumlah investor reksadana secara keseluruhan pada Oktober 2019 mencapai 1,59 juta. Angkanya naik sekitar 60,2 persen ketimbang periode yang sama pada akhir 2018, yang mencapai 995.510 investor.

Keberadaan manajer investasi memang selalu disebut sebagai salah satu kelebihan investasi Reksa Dana pasar uang. Tetapi betulkah itu satu-satunya kelebihan yang bisa kita tangkap dari instrumen tersebut?

Rupanya nggak juga. Ada lebih banyak kelebihan Reksa Dana pasar uang yang patut jadi bahan pertimbangan ketika memilih investasi.

  • Investor Tinggal Memantau Pergerakan Harga Instrumen 

Bisa dibilang Reksa Dana pasar uang termasuk salah satu instrumen investasi paling nyaman ketimbang instrumen investasi lainnya. Ia sering dipilih sebagai sumber penghasilan pasif. 

Investor yang berminat dengan Reksa Dana pasar uang akan mempunyai seorang manajer investasi yang mengurus portofolio pembelian modal. 

Melalui manajer investasi, jumlah uang nantinya akan dikonversi dalam bentuk unit Reksa Dana, sering disebut dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Berhasil atau tidaknya investasi tergantung dari bagaimana Manajer Investasi mengelola uang. 

Disini kepiawaian manajer investasi dalam melihat situasi pasar uang diperlukan, selain itu Ia harus paham jenis investasi yang menguntungkan. Terus yang perlu aku lakukan?

Tidak ada. Tapi sesekali Anda bisa memantau pergerakan harga instrumen yang Anda beli. 

  • Jumlah Minimum Investasi Rendah 

Reksa Dana memang disarankan untuk anda yang baru memulai investasi. Istilahnya coba-coba sebagai pemula sambil belajar bagaimana mengelola portofolio investasi dengan benar yang baik. Meski Reksa Dana pasar uang digolongkan ke dalam investasi jangka pendek, tetapi cuan yang didapatkan cukup stabil. 

Selain itu instrumen investasi pasar uang tidak mengenakan biaya penjualan kembali maupun biaya pembelian. Hanya saja karena resikonya yang terbilang kecil, pasar uang bukanlah sebuah instrumen investasi yang menjanjikan return tinggi.

Walau begitu, angka return instrumen pasar uang tetap lebih tinggi ketimbang rekening tabungan.

Dalam Reksa Dana Pasar Uang anda boleh menanam modal sebesar Rp 100,000. Nilai modal awal yang tergolong rendah membuatnya cenderung cocok untuk pemula.

Jadi investor pemula tak perlu berpikir dua kali bila mau melakukan investasi. 

  • Tak Punya Syarat Khusus

Kalau investasi dalam bentuk deposito biasanya mensyaratkan nasabah untuk datang dulu ke bank kemudian membuat rekening, transaksi pembelian Reksa Dana bisa dilakukan secara daring. 

Hari ini banyak aplikasi daring yang membuat pembelian dan penjualan kembali portofolio Reksa Dana. Satu fenomena yang tentu saja mempermudah pemrosesan investasi.

Persyaratan yang diminta tidak ribet. Cukup foto KTP dan foto selfie dengan KTP, kemudian mengisi formulir daring, Anda sudah bisa membuka portofolio Reksa Dana.

Selanjutnya memilih produk Reksa Dana yang hendak dibeli. Di beberapa aplikasi pengelolaan Reksa Dana, anda bisa mulai membeli portofolio dari harga Rp10,000.

  • Tarik Dana Lebih Fleksibel 

Berbeda dengan jenis investasi lain di mana dana investasi tidak bisa diambil kapan pun nasabah mau, penarikan modal dan keuntungan dari Reksa Dana boleh dilakukan kapan saja. 

  • Jangka Waktu Tak Terbatas 

Dalam investasi Reksa Dana Pasar Uang, para investor diajak mengikuti perkembangan saham dengan santai. Tidak perlu pusing pengelolaan modal, karena sudah ada manajer investasi.

Ditambah dengan kehadiran aplikasi pengelolaan Reksa Dana, anda bisa mengontrol instrumen investasi lewat smartphone. Lalu Anda bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Dengan berbagai macam kelebihannya, Reksa Dana pasar uang memang cocok bagi investor pemula yang membutuhkan instrumen investasi dengan resiko rendah. Anda boleh memulai investasi dengan nominal paling kecil sebagai awal pembelajaran.

Rekomendasi Artikel

Otomotif

Volvo memperkenalkan sedan S60 generasi ketiga, yang menantang keberadaan BMW Seri 3 dan Mercedes Benz S-Class.

Sepakbola Inggris

Liverpool mengalami kesialan kala bertandang ke markas Brighton, yang berhasil menahan imbang anak asuhan Jurgen Klopp dengan skor 1-1.

Surat

Surat ini kutujukan untuk pujaan hati. Aku memujamu setiap saat. Sampai-sampai semuanya terasa begitu indah.

Surat

Surat ini kutujukan untuk sosok istimewa. Ayah yang kuingat sebagai seorang sosok pekerja keras yang rela berkorban untuk keluarga.