Penulis: tmtimes data

Disney Plus Hotstar akan Memanjakan Penikmat Video Streaming di Indonesia

Disney Plus Hotstar akan jadi layanan streaming pesaing Netflix di Indonesia.

tmtimes.idDisney Plus Hotstar, layanan streaming video milik Novi Digital Entertainment, akan membuka layanan streaming video dan film di Indonesia. Jelas ini jadi kabar bagus untuk para penikmat streaming. 

Kabar ini dirilis Variety, yang mengutip CEO Disney Bob Chapek. Pihak Disney mengatakan layanan Disney Plus akan tersedia di sembilan dari sepuluh negara dengan ekonomi top secara global. 

Khusus di Indonesia, layanan Disney+ Hotstar akan tersedia mulai 5 September 2020 mendatang. 

Dalam sejarah Disney Plus, yang belum genap berusia satu tahun, Disney Plus Hotstar dimunculkan pada Maret 2020. Ia diperlakukan sebagai versi internasional dari layanan streaming Disney Plus.

Sebelum itu Hotstar adalah sebuah layanan streaming untuk warga India. Popularitas Hotstar yang cepat melejit membuat Disney Plus memutuskan untuk mengakuisisi layanan tersebut. 

Sebagai informasi, jumlah pelanggan Hotstar – sebelum diakuisisi Disney – mencapai 150 juta pengguna pada 2019. Disney Plus Hotstar dimiliki oleh Novi Digital Entertainment, anak perusahaan Star India milik Disney.

Di Indonesia, aplikasi tersebut akan berhadap-hadapan langsung dengan Netflix, yang baru-baru ini mencetak rekor unduhan 1 triliun.

Tampilan situs DIsney Plus Hotstar Indonesia
Tampilan situs Disney Plus Hotstar Indonesia

Lebih jauh lagi, perilisan layanan Disney Plus Hotstar memunculkan kabar bahwa Mulan tidak akan ditayangkan di bioskop Indonesia. 

Mengutip Variety kembali, Disney sebelumnya mengumumkan bahwa mereka tidak akan merilis Mulan di negara yang sudah mendapat layanan Disney Plus. 

Kabar tentang pembukaan kembali bioskop di Indonesia masih penuh simpang siur. Otoritas Indonesia sempat mengizinkan pembukaan bioskop pada 29 Juli 2020 yang lalu, namun dibatalkan karena alasan pandemi yang belum terkontrol.