Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

Whatsapp di iPhone
Whatsapp di iPhone
Ilustrasi Whatsapp dipakai oleh pengguna iPhone. (Foto: Canva Pro)

DigiDay

Whatsapp Melunak, Takkan Memaksa Pengguna Menyetujui Kebijakan Privasi Baru

Tapi mereka akan terus mengingatkan pengguna akan hal itu.

the Monkey TimesAplikasi Whatsapp yang dimiliki Facebook sebelumnya mengumumkan bahwa pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi terbaru akan kehilangan sejumlah fungsi aplikasi tersebut, terhitung mulai 15 Mei silam.

Seperti dikutip the Monkey Times dari the Next Web (29/05/2021), pihak Whatsapp mengumumkan, seminggu sebelum 15 Mei, bahwa mereka tidak akan menghapus akun pengguna bila ternyata mereka tidak menyetujui kebijakan privasi terbaru. Sebagai gantinya Whatsapp akan terus mengingatkan pengguna untuk menyetujuinya.

Waktu itu Whatsapp juga mengumumkan beberapa fungsi vital aplikasi perpesanan itu akan dibatasi bagi pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi terbaru. Pengumuman tersebut sontak mengundang protes banyak pihak.

Agaknya Whatsapp kemudian melunak karena protes itu juga. Mereka mengumumkan tidak akan membatasi fungsi vital aplikasi, walaupun penggunanya tidak menyetujui perubahan kebijakan privasi terbaru.

Melunaknya sikap Whatsapp agaknya terkait dengan “ketakutan” mereka akan migrasi pengguna besar-besaran ke pesaing dengan fungsi yang sama, seperti Telegram dan Signal. Fenomena itu sudah terjadi pada Januari kemarin, ketika pengumuman kebijakan privasi baru menyebabkan lebih dari ratusan ribu pengguna Whatsapp pindah ke Signal.

Whatsapp lewat artikel resminya mengaku sebagian besar pengguna mereka sudah menyetujui kebijakan privasi terbaru. Artikel yang sama juga menyebut pengguna yang belum menyetujui kebijakan terbaru akan terus diingatkan tentang hal tersebut.

“Mengingat diskusi baru-baru ini dengan berbagai otoritas dan pakar privasi, kami ingin menjelaskan bahwa saat ini kami tidak memiliki rencana untuk membatasi fungsionalitas cara kerja WhatsApp bagi mereka yang belum menerima pembaruan.

Sebaliknya, kami akan terus mengingatkan pengguna dari waktu ke waktu tentang pembaruan serta kapan orang memilih untuk menggunakan fitur opsional yang relevan, seperti berkomunikasi dengan bisnis yang menerima dukungan dari Facebook,” tulis Whatsapp di artikel resminya.

Artikel Menarik Lain

Mau Tahu Donk

Ada dua cara: gratisan dan berbayar.

DigiDay

Sebaiknya Anda memperbarui APKPure ke versi baru, sebelum serangan Trojan jahat menginfeksi perangkat Anda.

Mau Tahu Donk

Supaya jadi benar, kamu mesti tahu beberapa mitos seputar mengecas baterai hp sepanjang malam. Benarkah buruk bagi smartphone kita?

DigiDay

Di tengah situasi global terkait vaksinasi COVID-19, Facebook takkan memberi ampun bagi para penyebar hoax tentang vaksin.

Ekonomi

Wabah COVID-19 membuat penjualan smartphone secara global menurun pada 2020. Akankah penjualannya naik tahun ini?

DigiDay

Seseorang yang sedang mencari smartphone terbaru, dan penghasilannya di bawah 5 juta per bulan, kemungkinan besar akan mencari handphone yang harganya di bawah 2...

DigiDay

Poco agaknya senang betul melabeli produknya dengan embel-embel "killer". Ketika Poco F1 dirilis pada 2018, perangkat smartphone satu ini dilabeli sebagai flagship killer.