Connect with us

Hi, what are you looking for?

IKLAN

Ekonomi

Penjualan Smartphone Global akan Naik 11 persen pada 2021, kata Riset Gartner

Wabah COVID-19 membuat penjualan smartphone secara global menurun pada 2020. Akankah penjualannya naik tahun ini?

prediksi-smartphone-2021
Setelah menurun, penjualan smartphone pada 2021 diharapkan bisa naik. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

the Monkey Times – Publikasi riset yang diadakan Gartner, Inc. menyebut penjualan smartphone ke pengguna akan berjumlah 1,5 miliar unit pada akhir 2021. Ini berarti angkanya diprediksi naik sekitar 11,4 persen.

Riset yang sama sekaligus menyebutkan kondisi penjualan smartphone pada 2020, dimana pengguna mengurangi pengeluaran untuk membeli perangkat baru.

Namun seiring dengan strategi produsen yang terus menerus menambah stok perangkat baru, peluang terbuka bagi kemungkinan penambahan penjualan produk.

“Kombinasi dari penggantian smartphone [baru] yang tertunda, dan ketersediaan smartphone 5G kelas bawah, siap meningkatkan penjualan smartphone pada tahun 2021,” kata Anshul Gupta, Direktur Riset Senior Gartner seperti dikutip the Monkey Times (05/02/2021) dari Gartner.

Tahun 2020, penjualan smartphone memang mengalami penurunan. Gartner mencatat angka penjualan yang turun 10,5 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Wabah COVID-19 yang berlangsung panjang jadi alasan yang menjawab mengapa penurunan penjualan terjadi di ranah bisnis smartphone.

Namun tahun lalu China menyumbang penjualan perangkat ponsel pintar paling banyak. Disana angka penjualan ponsel pada 2020 mencapai 368,016 unit, menurut data Gartner.

Bila produsen smartphone menjual 1,540,655 unit perangkat pada 2019, maka penjualan ponsel pintar menurun pada 2020, alias terjual sebesar 1,378,719 unit.

Sejumlah pasar penjualan ponsel seperti Amerika Latin, Eropa Barat dan negara maju di Asia Pasifik diprediksi jadi zona yang menampakkan pertumbuhan penjualan terkuat sepanjang 2020 dan 2021.

Dengan prediksi kenaikan penjualan sebesar 11 persen pada 2021, artinya ada kemungkinan penjualan global tahun ini naik sampai 1,535,358 unit.

Di saat bersamaan teknologi jaringan 5G juga terus berkembang. Tren ini diikuti oleh ketersediaan ponsel pintar 5G dengan harga mulai dari $200.

Di pasar yang lebih dewasa dan juga China, kata Gartner, permintaan ponsel pintar akan didorong oleh faktor ketersediaan teknologi tersebut.

Sedangkan di negara berkembang, Gartner memprediksikan perilaku pengguna dimana mereka agaknya lebih mencari ponsel pintar dengan spek yang lebih baik, dengan teknologi 5G sebagai opsi tambahan.

Riset yang sama juga menyebut prediksi penjualan ponsel pintar 5G akan menyentuh angka 539 juta unit secara global pada 2021.

Angka tersebut sekaligus merepresentasikan prediksi sumbangsih 35 persen penjualan ponsel pintar 5G secara global tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya

Ekonomi

NIlai ekspor Indonesia pada bulan Januari mencapai angka US$ 15,30 milliar, dengan surplus sebesar US$ 1,96 Milliar.

DigiDay

Di tengah situasi global terkait vaksinasi COVID-19, Facebook takkan memberi ampun bagi para penyebar hoax tentang vaksin.

DigiDay

Seseorang yang sedang mencari smartphone terbaru, dan penghasilannya di bawah 5 juta per bulan, kemungkinan besar akan mencari handphone yang harganya di bawah 2...

DigiDay

Poco agaknya senang betul melabeli produknya dengan embel-embel "killer". Ketika Poco F1 dirilis pada 2018, perangkat smartphone satu ini dilabeli sebagai flagship killer.

DigiDay

Belantara aplikasi perpesanan bergoyang oleh kabar perubahan Kebijakan Privasi Whatsapp terbaru dimana aplikasi tersebut dikabarkan akan berbagi data penggunanya ke Facebook, perusahaan yang memilikinya.

DigiDay

Signal sempat memperoleh popularitas dadakan. Apa yang membedakan aplikasi tersebut dengan Whatsapp?

DigiDay

Salah satunya adalah keberadaan layar AMOLED 90Hz yang cocok untuk para gamers.

DigiDay

Yang berubah setelah WhatsApp memperbarui term of services serta kebijakan privasi mereka terkait penggunaan aplikasi.