Connect with us

Hi, what are you looking for?

DigiDay

Ada TROJAN di APKPure Apps

Sebaiknya Anda memperbarui APKPure ke versi baru, sebelum serangan Trojan jahat menginfeksi perangkat Anda.

ilustrasi software trojan
Foto: Getty Images lewat Canva Pro

the Monkey Times – Baru-baru ini perusahaan penyedia solusi keamanan digital, Kaspersky, mengumumkan bahaya sumber unduhan alternatif APKPure Apps, yang ternyata membawa potensi serangan Trojan di perangkat pengguna.

Bagi yang belum mengenal APKPure, ini adalah aplikasi yang menampung berbagai macam aplikasi smartphone Android. Ia akhir-akhir ini dikenal sebagai sumber alternatif bagi Google Play, aplikasi resmi yang jadi wadah bagi pengguna Android untuk memasang berbagai macam aplikasi mobile.

iklan

Pada dasarnya kehadiran APKPure merupakan fenomena wajar di dunia aplikasi mobile, khususnya yang berhubungan dengan Android. Ia dibuat dan ada karena sifat open source Android itu sendiri yang memungkinkan seseorang untuk merancang apps market di luar ekosistem Google Mobile Services yang terikat dengan infrastruktur Google.

Sederhananya, APKPure adalah apps market yang independen. Dan ia jadi wadah di mana seorang pengguna Android bisa mengunduh aplikasi free atau shareware.

Sayangnya APKPure bukanlah semesta apps market yang aman, setidaknya menurut Kaspersky.

Apa yang terjadi dengan APKPure?

Kaspersky melakukan serangkaian tes dan berkesimpulan APKPure bukanlah apps market yang aman untuk dipasang di perangkat pengguna. Tidak lain karena ia ikut menginjeksi entitas jahat bernama Trojan Dropper.

Kaspersky mendeteksinya sebagai HEUR:Trojan-Dropper.AndroidOS.Triada.ap. Cara kerjanya sederhana: ketika pengguna menjalankan APKPure, ia kemudian mengekstrak serangkaian komponen Trojan yang memaksa perangkat untuk melakukan beberapa hal: menunjukkan iklan di lock screen, membuka tab peramban, mengumpulkan informasi perangkat, dan mengunduh malware lain.

Perwakilan APKPure bukannya tidak menyadari resiko keamanan apps market buatan mereka. Mengutip Kaspersky kembali, versi terbaru APKPure 3.7.19 sudah muncul di situs resmi APKPure. Mereka mengatakan sudah memperbaiki masalah keamanan yang ada dan membuat versi terbarunya lebih aman digunakan.

Kalau kamu sudah kadung memasang APKPure di perangkat, perbarui aplikasinya ke versi terbaru 3.7.19 guna mengeliminasi Trojan yang menyerang perangkat. Jangan lupa lakukan pemindaian perangkat memakai antivirus.

Masalah program jahat yang menginfeksi perangkat pengguna sebetulnya kadung jadi masalah klasik yang belum pernah terselesaikan dengan baik. Jadi sebaiknya kamu mengunduh dan memasang aplikasi langsung dari sumber resmi.

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

DigiDay

Supaya jadi benar, kamu mesti tahu beberapa mitos seputar mengecas baterai hp sepanjang malam. Benarkah buruk bagi smartphone kita?

DigiDay

Di tengah situasi global terkait vaksinasi COVID-19, Facebook takkan memberi ampun bagi para penyebar hoax tentang vaksin.

Ekonomi

Wabah COVID-19 membuat penjualan smartphone secara global menurun pada 2020. Akankah penjualannya naik tahun ini?

DigiDay

Seseorang yang sedang mencari smartphone terbaru, dan penghasilannya di bawah 5 juta per bulan, kemungkinan besar akan mencari handphone yang harganya di bawah 2...

DigiDay

Poco agaknya senang betul melabeli produknya dengan embel-embel "killer". Ketika Poco F1 dirilis pada 2018, perangkat smartphone satu ini dilabeli sebagai flagship killer.

DigiDay

Belantara aplikasi perpesanan bergoyang oleh kabar perubahan Kebijakan Privasi Whatsapp terbaru dimana aplikasi tersebut dikabarkan akan berbagi data penggunanya ke Facebook, perusahaan yang memilikinya.

DigiDay

Signal sempat memperoleh popularitas dadakan. Apa yang membedakan aplikasi tersebut dengan Whatsapp?

DigiDay

Salah satunya adalah keberadaan layar AMOLED 90Hz yang cocok untuk para gamers.