Penulis: Dina Meidiana

Bekerja Keras dan Berlebihan? Hati-hati bisa Berdampak Buruk dalam Kehidupan

Jika kamu teruskan, sudah baik kehidupanmu juga tidak akan lancar. 

the Monkey Times – Bekerja keras memang harus dilakukan. Tapi kalau bekerja “terlalu” keras juga ternyata tidak baik untuk kehidupan.

Sah-sah saja kita bekerja keras, namun tetap ada batasan limit yang harus dijaga agar tidak terjadi masalah besar dalam kehidupan.

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa sudah overwork. Hal ini sendiri karena adanya rutinitas yang dijalankan. 

Maka tidak heran jika banyak sekali yang tidak tahu bahwa sebenarnya mereka sudah bekerja terlalu keras.

Ada banyak sekali dampak yang akan dirasakan dalam kehidupan ketika kerja berlebihan.

Mungkin kamu sebenarnya juga salah satu yang menjalankan overwork. Sebaiknya kamu berhati-hati. Karena ada dampak yang akan kamu rasakan nantinya. 

Dampak Buruk Kerja Berlebihan Di Dalam Kehidupan 

Dampak dari kerja berlebihan yang akan diterima tidaklah baik. Jika kamu berpikir dengan bekerja terus menerus tanpa istirahat maka bisa mendapatkan uang yang lebih.

Maka, lebih baik kamu memikirkan ulang. Ini adalah beberapa dampak buruk bila kamu bekerja terlalu berlebihan: 

Potensi burnout 

Dampak pertama yang akan Anda rasakan ketika kerja berlebihan adalah burnout.

Kondisi yang satu ini akan terjadi bila kamu mengalami stress dari pekerjaan, jumlah pekerjaan yang terlalu banyak, tekanan dari lingkungan kerja dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang yang mengalami burnout biasanya tidak akan menyadarinya. 

Karena kembali lagi, pekerjaan adalah bagian dari rutinitas. Adapun ciri dari seseorang yang mengalami burnout, contohnya adalah cepat lelah, tidak bisa konsentrasi, produktivitas akan menurun, mudah terserang penyakit dan lain sebagainya.

Jika kamu teruskan, sudah baik kehidupanmu juga tidak akan lancar. 

Sosialisasi terganggu 

Ketika kamu kerja berlebihan, secara tidak sadar hubungan sosialisasi yang kamu jalin akan terganggu.

Kenapa? Karena ketika kamu berniat untuk bertemu keluarga atau teman untuk menghabiskan waktu bersama yang akan kamu lakukan adalah memikirkan pekerjaan. Alhasil hubunganmu dengan keluarga dan teman juga jadi tidak baik. 

Bila hal ini kamu lanjutkan, bisa jadi ada jarak yang tercipta dan membuat hubungan kamu dengan orang terdekat menjadi rusak.

Kamu benar-benar harus memperhatikan hal ini, karena pada dasarnya kamu adalah manusia yang tidak bisa hidup sendiri. Walau harus mandiri, tapi di luar sana masih ada banyak hal yang akan membuatmu lebih bahagia. 

Tidak mempunyai prioritas 

Ketika kamu terus menjalankan overwork, maka kamu tidak akan mempunyai prioritas. Dalam pikiranmu yang ada hanyalah pekerjaan saja.

Tentu saja ini akan menyebabkan hal buruk kedepannya. Dimana bisa jadi kamu tidak akan bisa membedakan mana yang harus didahulukan antara pekerjaan atau kehidupan lain. 

Inilah yang terkadang menjadikan orang yang selalu kerja berlebihan menjadi orang yang tidak bisa mengatur waktu atau terkadang lupa dengan hal-hal penting.

Jika ini terjadi, sudah pasti kamu akan menyesal karena telah melewatkan hal yang seharusnya dilakukan. Paling mudah untuk mengatasi ini adalah mengatur jadwal. 

Emosi tidak stabil 

Kerja berlebihan juga akan membuat emosi tidak stabil. Hal ini sendiri karena ketika kamu overwork maka waktu untuk istirahat akan berkurang atau tidak teratur.

Jika ini terjadi, maka jelas kamu akan sangat kelelahan dan akhirnya tidak dapat menjaga emosi. Hasilnya juga akan menjadi buruk. Dimana kemungkinan terjadi konflik di tempat kerja atau keluarga juga sangatlah besar. 

Tidak ada waktu untuk bersama teman 

Kamu juga tidak akan mempunyai waktu bersama teman ketika bekerja secara berlebihan. Hal ini sendiri karena waktu yang kamu miliki hanya untuk bekerja saja.

Keinginan untuk berkumpul bersama dengan teman sudah pasti tidak akan ada. Kamu hanya ingin bekerja dan bekerja terus. 

Jika ini kamu diamkan, sudah pasti kamu akan menjadi dijauhi teman. Padahal disaat kamu butuh bantuan, bisa jadi teman adalah orang pertama yang dihubungi.

Hal paling utama adalah kamu mengatur waktu agar bisa meluangkan waktu. Karena berkumpul bersama teman juga akan membantu kamu untuk menghilangkan stress. 

Menjadi pribadi yang tertutup 

Ketika kamu overworking, maka salah satu hal yang paling berubah adalah dari kepribadian yang semakin tertutup.

Adapun sebabnya, karena kamu hanya akan berbicara tentang pekerjaan saja. Tidak akan bisa terbuka akan suatu hal yang sedang dirasakan.

Karena bagi orang yang kerja berlebihan, pekerjaan adalah nomor satu. Selebihnya adalah hal yang tidak penting. Akibatnya pun kamu akan mengalami stress karena tidak tahu apa yang dirasakan. 

Demikianlah beberapa dampak buruk yang akan kamu rasakan ketika kerja berlebihan atau overwork.

Dalam kehidupan memang kita boleh bekerja keras, tapi bukan kerja berlebihan. Kamu perlu juga meluangkan waktu untuk diri sendiri dan juga keluarga.

Selain itu juga kamu perlu untuk melakukan kegiatan yang sekiranya bisa melepas stress.