Penulis: Ika Umi Hayati

Daftar Lagu Penyemangat yang Bisa Bantu Kamu Bangkit Saat Down 

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa terbebas dari perasaan down ini, termasuk dengan mendengarkan lagu. 

the Monkey Times – Menjalani kehidupan tidak selalu lancar, ada saatnya kita juga akan merasa down dan tidak bersemangat. Jika hal ini kerap kamu rasakan, sudah pasti akan berakibat buruk. Bisa jadi, memang kamu sudah masuk tahap stress.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa terbebas dari perasaan down ini, termasuk dengan mendengarkan lagu penyemangat. 

Aku juga selalu menggunakan cara ini untuk bisa membangkitkan semangat. Ada beberapa lagu penyemangat yang akan aku rekomendasikan. Mungkin bisa membantumu agar mampu melewati masa sulit. 

Rekomendasi Lagu Penyemangat Ketika Merasa Down 

Mendengarkan lagu yang liriknya memberikan motivasi sangatlah baik untuk membantu kamu memperoleh energi positif.

Ada beberapa lagu yang masuk ke playlistku dan selalu aku dengarkan. Bahkan saat aku hanya bekerja, lagu-lagu ini menemaniku agar selalu bisa mendapatkan mood baik. Berikut ini adalah rekomendasinya: 

Alive By Sia 

Lagu pertama yang aku sarankan untuk kamu dengarkan saat sedang down adalah Alive by Sia. Lagu yang masuk dalam album This is Acting ini dirilis pada tahun 2015. Ada banyak sekali cerita dibalik terciptanya lagu Alive ini. 

Salah satunya adalah lagu ini diciptakan Sia bersama Adele. Ketika Sia menyatakan ingin memberikan lagu ini untuk Adele, sang penyanyi menolaknya. Kemudian Sia juga menawarkan lagu ini kepada Rihanna, tapi penyanyi “Umbrella” tersebut juga menolaknya. 

Untuk makna dari lagu ini sendiri sangatlah dalam. Sia mendapatkan inspirasi dari seorang model di America’s Next Top Model.

Sang Model mengatakan bahwa ia menjalani kehidupan yang keras dan berkata “I’m still breathing” – aku masih bernafas. Dimana memang dalam lagu Alive ini ada lirik tersebut. 

Aku sendiri pun merasakan energi dari lagu ini. Sekeras apapun kehidupan yang aku jalani, aku masih bernafas. Tidak akan berhenti sampai memang nafasku terhenti. 

Fight Song by Rachel Platten 

Lagu dari Rachel Platten, Fight Song ini juga bisa kamu dengarkan ketika sedang merasa sedih.

Dari judulnya sudah terlihat bahwa memang lagu ini diciptakan untuk membuatmu terus berjuang.

Lagu ini sendiri diciptakan oleh Rachel Platten ketika ia merasa tidak memperoleh kemajuan. 

Rachel Platten sudah menjadi penyanyi selama 12 tahun sebelum lagu ini diciptakan. Banyak sekali hal yang terjadi dalam kurun waktu tersebut.

Banyak pula yang menyuruhnya berhenti dan mencari karir lain. Tapi, ia sadar bahwa tidak akan pernah bisa berhenti dan lahirlah lagu ini.

Dimana pada 2015, lagu ini resmi dirilis di platform besar dan masuk sebagai lagu terbaik. 

Dari kisah Rachel Platten, maka bisa kita tarik kesimpulan. Kamu tidak boleh berhenti melakukan apa yang kamu suka dan yakini. Jangan pernah menyerah, karena suatu saat pasti kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai. 

Sad Forever by Lauv 

Lagu dari komposer muda Lauv diciptakan berdasarkan pengalaman dirinya sendiri.

Lauv telah secara gamblang mengatakan bahwa ia kesulitan untuk menghadapi depresi dan OCD.

Lauv berjuang dengan sangat keras untuk melawan sendiri kondisinya tersebut, tapi ternyata ia sadar bahwa ia butuh bantuan. 

Disaat ia sedang berjuang untuk melawan dirinya sendiri, Lauv menciptakan lagu ini.

Dalam lagu Sad Forever terdapat lirik “I don’t wanna sad anymore, I don’t wanna go one more day.” – aku tidak ingin merasa sedih lagi, aku tidak ingin menghadapinya lagi. Dari sini ia mengatakan bahwa apa yang ia rasakan sangatlah berat. 

Tapi, ada kalimat lain yang mengatakan bahwa “I’ll make it through to tomorrow”. Lauv yakin bahwa ia akan bisa melewati apapun yang ia rasakan. Karena hanya itu yang bisa ia lakukan. Tetap berjuang dan terus berjalan. 

Love Myself: Answer by BTS 

Meski dalam Bahasa Korea, lagu dari BTS yang satu ini mempunyai arti yang sangat dalam.

Aku selalu merasakan bahwa lagu ini sangat membuatku nyaman. Dalam lirik yang dinyanyikan Suga, ia mengatakan “Akuilah bahwa mencintai diri sendiri tidaklah mudah”. 

Kalimat tersebut ada benarnya. Karena terkadang kita tidak sadar bahwa telah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Hasilnya kita juga jadi tidak mencintai diri sendiri. Untuk bisa mengubah ini sangatlah sulit. Menerima apa yang ada dalam diri memang tidak mudah, satu-satunya cara adalah dengan terus bersyukur. 

Dari lagu ini, kamu akan belajar. Apapun yang terjadi, mulai dari rasa sakit, sedih, lelah adalah kamu.

Semua berhak kamu rasakan dan itu adalah keindahan dalam hidup. Jadi, jangan menyerah dan teruslah mencintai diri sendiri. Apapun yang kamu lakukan hari ini, kemarin dan besok adalah kamu. Bukan orang lain. 

Itulah beberapa lagu penyemangat yang kerap aku dengarkan ketika sedang merasa sedih. Apa ada lagu lain yang bisa kamu rekomendasikan agar tidak down lagi?