Daftar Jajanan 90 an Legend Dijamin Bikin Nostalgia

Kira-kira kamu masih ingat tidak ya dengan jajanan favorit semasa kecil?


jajanan 90 an

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Banyak sekali hal menarik terjadi pada tahun 90-an yang akan terus diingat. Mulai dari serial kartun, game, fashion style, bahkan jajanan jadul yang rasanya begitu membekas di lidah.

Berbicara tentang jajanan, memang ada banyak sekali jajanan sederhana yang populer pada tahun 90an hingga awal 2000-an.

Apalagi pada masa itu harga jajanan sangat murah, hanya berkisar antara Rp. 100 hingga Rp. 500.

Tidak perlu minimarket ataupun mall, karena generasi 90-an dapat menemukannya di lingkungan warung-warung terdekat dengan rumah atau sekolah.

Sayangnya, jajanan favorit tahun 90-an kini semakin langka dan sulit ditemukan, bahkan ada yang sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia.

Padahal kan jajanan tersebut sering dimakan untuk mengenang cerita masa lalu bersama teman-teman.

8 Jenis Jajanan 90 an yang Bikin Ingat Masa Kecil

Kira-kira kamu masih ingat tidak ya dengan jajanan favorit semasa kecil? Berikut ini kami rangkum daftar jajanan 90 an legend yang dijamin bikin nostalgia. Simak yuk!

Coklat Payung

Saat masih kecil, ada banyak sekali jenis cokelat yang populer dan dijual dengan harga murah.

Mulai dari coklat berwarna-warni, hingga yang memiliki bentuk unik seperti payung. Permen coklat berbentuk payung ini dulunya pernah booming di era 90-an, dan dijual seharga Rp. 100 saja.

Jajanan ini cukup unik karena bentuknya yang menyerupai payung dan dikemas dengan bungkus berwarna cerah.

Pada bagian bawah coklat payung juga ada gagang kecil yang membuatnya tampak mirip dengan payung tapi dalam ukuran mini.

Hanya saja semakin hari coklat payung mulai sulit ditemukan, mungkin karena sudah tidak lagi diproduksi. Sehingga wajar bila cokelat-cokelat jadul sukses membuat kita rindu dengan masa kecil.

Choyo Choyo

Siapa sih generasi 90-an yang belum pernah makan choyo choyo? Jajanan jadul 90 an adalah coklat dalam cup mini yang paling banyak difavoritkan. 

Choyo choyo mempunyai beberapa varian rasa dan warna, mulai dari merh muda, hijau, putih, coklat yang teksturnya lembut dan sedikit lumer di mulut.

Baca Juga:  Kami Memberanikan Diri untuk Bikin All You Can Eat di Rumah

Cara memakan coklat ini juga unik, yaitu harus dengan sendok berukuran kecil. Hayo, siapa yang kalau jam istirahat sekolah selalu beli Choyo-choyo?

Coklat Koin

Coklat koin termasuk yang paling populer di era 90-an, dan biasanya disebut sebagai cokelat dolar karena bentuknya yang bulat pipih dan dibungkus dengan kertas berwarna emas.

Siapa yang rindu makan coklat koin yang mempunyai rasa manis? Jajanan ini masih bisa dijumpai di warung-warung, tapi sudah mulai jarang ada yang menjualnya.

Permen Rokok

Siapa sih yang tidak tahu permen rokok? Bentuk silinder dari permen hits satu ini sama persis dengan rokok.

Sewaktu kecil Anda pasti pernah berpura-pura sedang merokok di depan teman padahal itu hanyalah permen yang dibalut dengan kertas mirip rokok, terus merasa keren kalau lagi memakannya?

Permen rokok memiliki dua varian, hadir dalam bentuk bubuk dan padat. Supaya tampilannya makin maksimal, permen ini dilapisi dengan kertas bergambar rokok.  

Permen Kaki

Permen kaki punya warna merah menyala dan rasa yang sangat manis. Di era 90-an, permen ini sangat populer karena bisa membuat warna lidah jadi merah setelah memakannya.

Permen kaki aslinya bernama Hot Hot Pop, namun lebih dikenal sebagai permen kaki karena bentuknya yang menyerupai kaki.

Inilah yang selalu menarik bagi anak-anak kecil, apalagi sehabis makan permen ini kita suka adu melet untuk memamerkan seberapa merah lidah setelah memakannya.

Hingga sekarang, permen kaki masih diproduksi, sehingga mudah untuk dijumpai di warung terdekat ataupun toko online.  

Cokelat Kacamata

Bentuk kemasan coklat ini mirip dengan kacamata, apalagi di kedua sisinya ada bolongan kecil yang bisa digunakan untuk mengikat karet yang nantinya digunakan sebagai penyangga kacamata mainan ini.  Inilah jajanan jadul paling hits di era 90-an, apakah kamu masih ingat?

Tini Wini Biti

Tini Wini Biti bisa dibilang sebagai jajanan yang jadi primadona saat kecil. Sebenarnya Tini Wini Biti adalah jajanan ringan biasa, namun yang membuatnya menarik adalah bentuknya yang unik dan bermacam-macam.

Mulai dari kupu-kupu, ikan, kura-kura, dan gajah yang tercampur dalam satu kemasan. Untuk varian rasa juga banyak, ada rasa jagung bakar, pizza, sate ayam, manis, asin, dan beberapa rasa lainnya.

Bentuk unik dan menarik serta varian rasa yang lezat inilah yang membuat Tini Wini Biti selalu digandrungi anak-anak pada masanya. Makanan ringan ini bisa membuat siapa saja kembali bernostalgia dengan masa lalu.

Baca Juga:  Mencicipi Fish Fillet Burger Yakiniku ala McDonald's

Permen Magic Pop

Permen Magic Pop dikenal dengan sebutan permen meledak atau permen petasan karena sensasinya yang seru ketika dimakan seperti akan meledak di dalam mulut. Permen ini berbentuk remahan kertas yang rasanya manis.

Banyak anak suka permen Magic Pop dan sering memakannya saat bermain.  

Itulah daftar jajanan 90-an yang pernah populer pada masanya. Manakah yang paling kamu sukai?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: jajanan era 90 an, jajanan jadul

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial