Baik Untuk Tubuh, Berikut Daftar Buah yang Banyak Mengandung Vitamin C

Mengingat fungsinya yang penting, tak heran jika tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan.


jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C
Diterbitkan:

the Monkey Times – Vitamin C memiliki beberapa manfaat penting bagi tubuh, mulai dari membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, membentuk protein penting yang digunakan untuk membuat ligamen, tendon, kulit, dan pembuluh darah, membentuk jaringan perut, menyembuhkan luka dan lain sebagainya.

Ini adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air,  dan perlu dikonsumsi secara teratur guna mencegah defisit cadangan vitamin C yang tersimpan dalam tubuh.  

Mengingat fungsinya yang penting, tak heran jika tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan.

Salah satu sumber terbaiknya adalah buah-buahan. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa sumber terbaik Vitamin C adalah buah jeruk.

Padahal sebenarnya bukan hanya buah jeruk saja, tapi ada beberapa buah lain yang jauh lebih tinggi kandungan vitamin C-nya.

Tubuh manusia tidak mampu membuat vitamin C sendiri. Oleh karena itu penting memastikan bahwa nutrisi ini tetap ada dalam asupan harian Anda. Apa saja buah yang banyak mengandung vitamin C? Berikut daftarnya.

Mangga

Mangga tidak hanya kaya vitamin C, tapi juga memiliki vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Buah ini dapat menjadi sumber nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena membantu melawan infeksi.

Satu buah mangga dapat memenuhi tiga perempat dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

Vitamin ini dapat membantu sel-sel bekerja lebih efektif, memproduksi sel darah putih lebih banyak supaya dapat melawan penyakit, serta meningkatkan pertahanan kulit.

Dalam buah ini juga ada beberapa kandungan vitamin B, vitamin E, vitamin K dan folat yang juga membantu kekebalan.

Kiwi

Kiwi memberikan berbagai manfaat kesehatan karena kaya akan serat dan vitamin C. Buah kiwi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, serta mendukung kesehatan jantung.

Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung sebanyak 64 mg vitamin C atau setara dengan 71% kebutuhan tubuh manusia dalam sehari.

Blewah

Dalam buah blewah ada kandungan antioksidan serta vitamin C yang 100% dapat memenuhi nilai harian.

Kandungan tersebut diketahui dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu buah ini juga mengandung asam folat, seng, kolin, selenium, mangan, fosfor, magnesium, niasin, vitamin K, tembaga, dan besi, sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Pepaya

Buah pepaya lebih sering dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Namun yang tidak diketahui banyak orang adalah kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah ini sangat lah tinggi, hampir sekitar 94 mg yang mana lebih banyak daripada jeruk.

Baca Juga:  Cara Menghitung Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Selama Diet

Dalam buah pepaya juga ada kandungan yang dapat menjaga kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, dan membantu metabolisme. Selain vitamin C, buah pepaya juga memiliki kalsium, kalium, vitamin B1, B2, B6, serta vitamin A.

Stroberi

Ada sebanyak 52 mg vitamin C dalam setengah gelas stroberi. Meskipun jumlah tersebut lebih sedikit dari jeruk, namun hal ini tidak mengurangi manfaatnya bagi kesehatan.

Stroberi tidak hanya kaya akan vitamin C, tapi juga mengandung antioksidan yang berpotensi menurunkan penyakit syaraf, menurunkan risiko kanker, serta memperlambat penuaan.

Semangka

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka.

Biasanya orang-orang hanya tahu bahwa dehidrasi dapat dicegah dengan minum air putih yang cukup, jadi jarang ada yang mengkonsumsi semangka padahal manfaatnya hampir sama.

Semangka adalah buah yang 92% bagiannya terdiri dari air. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat bekerja sebagai anti radikal bebas.

Jeruk

Vitamin C dalam buah jeruk dapat berperan sebagai anti peradangan. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stres kortisol, sehingga baik dikonsumsi ketika merasa cemas.

Ketika peradangan terjadi dalam waktu panjang, ini dapat memicu berbagai penyakit parah seperti Alzheimer, kanker, radang sendi, sakit jantung, serta diabetes.

Jeruk yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan penyerapan obat-obat yang membantu terapi penggantian hormon serta bekerja sebagai pengikat fosfat.

Nanas

Apabila Anda merasa bosan dengan stroberi, jambu biji, atau jeruk, coba ganti dengan buah nanas.

Anda bisa memperoleh 79,3 mg vitamin C dari sepotong besar buah ini, dan sudah dapat memenuhi 88% kebutuhan tubuh dalam satu hari. Buah nanas terkenal dengan kandungan bromelain yang merupakan enzim pencernaan.

Enzim ini dapat mengurangi kembung dan memecah protein dalam makanan. Selain itu, bromelain juga dapat bekerja sebagai zat anti radang.

Lemon

Rasa buah lemon dan jeruk cukup mirip karena kandungan vitamin C-nya hampir sama. Dalam satu buah lemon ada sebanyak 83 mg vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh orang dewasa sebanyak 92% dalam sehari.

Lemon sama seperti buah-buahan sitrus lainnya yang kaya serat, mengandung antioksidan dan zat fitokimia.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa ketiga zat tersebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung serta memelihara kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Itulah beberapa buah yang banyak mengandung vitamin C.  Bisa jadi pilihan terbaik daripada mengkonsumsi suplemen biasa. Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga:  7 Merk Vitamin C yang Bagus untuk Menambah Imun Tubuh
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan hidup sehat, vitamin

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru