Daftar Air Terjun di Bali, Bak di Negeri Kayangan

Bukan hanya pantainya saja yang indah, namun air terjun di Bali juga membuatmu betah.


air terjun di Bali

Ilustrasi air terjun. (Foto: Istimewa)


Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Saat mendengar nama Bali, pasti kamu langsung memikirkan tentang deretan pantai berpasir putih yang menyuguhkan panorama indah atau pura Hindu yang megah dan kental dengan keagamaan dan adat budaya yang khas.

Padahal sebenarnya, Pulau Dewata ini masih punya banyak objek wisata alam lainnya yang tidak kalah eksotis seperti air terjun.  

5 Air Terjun di Bali dengan Keindahan Memukau 

Memang jika dibandingkan dengan pantai, air terjun di Bali masih belum banyak menarik minat para wisatawan.

Namun apabila kamu ingin menikmati suasana alam yang indah dan jauh dari keramaian, maka sempatkan waktu untuk berkunjung ke surga tersembunyi tersebut.

Nah, berikut ini kami punya daftar air terjun di Bali yang memiliki pesona bak di negeri kayangan. Apa saja?

Air Terjun Tegenungan

Air terjun Tegenungan memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan  tidak jauh dari pusat Kota Ubud, mudah dijangkau dan hanya butuh waktu selama 20 menit untuk mencapai lokasinya.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin berjalan-jalan santai sambil menghirup udara sekitar atau yang tidak suka keramaian.

Tapi sebelum mencapai air terjun Tegenungan, kamu harus menuruni belasan anak tangga terlebih dahulu dari tempat parkir. Karena lokasinya cukup curam dan licin, kamu harus berhati-hati supaya tidak terjatuh.  

Sesampainya di air terjun, kamu bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian melalui puncak bukit.

Atau jika ingin menguji adrenalin, kamu dapat menaiki ayunan sambil foto-foto untuk menjadikannya sebagai kenang-kenangan dari Bali.

Kamu juga bisa menikmati keindahan alam air terjun Tegenungan ini sambil bermain air dan berenang.

Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun yang berada di daerah Gianyar ini layak masuk ke dalam tujuan liburan selama di Bali. Suasana juga sepi, sehingga cocok untuk dijadikan tempat menenangkan pikiran. 

Air Terjun Kanto Lampo terdiri dari struktur batuan berundak yang khas dan membuatnya jadi spot instagramable banget. Lokasinya berada di tengah pemukiman penduduk sehingga mudah untuk diakses.  

Saat berkunjung, kamu dapat menikmati suasana sejuk, asri dan menyegarkan dari air terjun ini.

Baca Juga:  Liburan nggak Lengkap tanpa Jelajah Wisata Pantai Malang

Juga terdapat sebuah goa di seberang sungai yang terbentuk dari Air Terjun Kanto Lampo dan konon katanya dijadikan tempat rahasia pasukan Belanda untuk menyusun strategi.

Hingga saat ini, pengelola belum memasang tarif masuk ke objek wisata. Tapi untuk membantu mereka merawatnya, kamu dapat menyumbang donasi di kotak yang telah disediakan.

Air Terjun Tibumana

Wisata air terjun di Bali selanjutnya adalah Air Terjun Tibumana yang merupakan permata tersembunyi.

Hanya saja sampai saat ini, masih sedikit wisatawan yang menyadari kehadiran air terjun ini, padahal lokasinya cukup mudah diakses dan sudah disemen dengan baik.

Di Air Terjun Tibumana kamu bisa berenang dengan tenang sebab arusnya tidak terlalu deras.  

Salah satu daya tarik yang jadi ciri khas Air Terjun Tibumana adalah aliran air terjunnya yang terbagi dua ketika debit air sungai di puncak bukit cukup besar.

Sedangkan pada saat sungainya surut, kamu hanya akan melihat satu air terjun saja. Air Terjun Tibumana menawarkan suasana pedesaan yang alami dengan udara sejuk. Dijamin betah di tempat ini!

Air Terjun Tukad Cepung

Lokasinya cukup jauh dari pusat Ubud, yaitu sekitar 30 kilometer. Namun rasa lelah dan perjuanganmu akan terbayar setelah sampai ke lokasi dan melihat pesona Air Terjun Tukad Cepung yang elok.

Disini kamu bisa menikmati dua air terjun sekaligus. Beberapa waktu lalu, air terjun di Bali ini sempat ramai dibicarakan para traveler influencer karena tempatnya yang sangat eksotis.

Bagaimana tidak, kamu bisa melihat sinar matahari mengintip dari celah-celah tebing yang membuatnya tampak seperti cahaya surga.

Sambil berfoto-foto, kamu dapat bermain air di kolam renang alami yang diapit oleh pohon rindang dan dinding bebatuan.

Air Terjun Aling-aling

Suka dengan aktivitas yang memompa adrenalin? Maka kamu wajib datang ke sini! Di Air terjun Aling-aling kamu bisa memuaskan hasrat tersebut dengan melompat dari tebing setinggi 5-15 meter atau meluncur dari perosotan air terjun.

Arus air terjun tampak kencang dan sering membuat ciut orang-orang yang ingin melompat. Untuk melakukannya kamu memang butuh keberanian besar.

Tapi tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang, karena kamu bisa memakai jaket pelampung untuk mengatasi ketakutan tersebut.

Untuk sampai ke lokasi, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Supaya lebih mudah, kamu dapat meminta bantuan atau menggunakan fasilitas tour guide setempat yang mengelola air terjun ini. 

Baca Juga:  8 Lokasi Wisata Malang yang Dekat Dengan Stasiun

Pihak mereka tentu sudah mempunyai pengetahuan yang matang mengenai medan Air Terjun Aling-aling, sehingga perjalanan kamu akan lebih aman.

Itulah 5 daftar air terjun di Bali yang bak negeri kayangan. Jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke air terjun keren ini ya selama di Pulau Dewata. Selamat liburan!

Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan wisata, rekomendasi tempat wisata, wisata Bali

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru