Penulis: tmtimes music

Daft Punk yang Melejit di Ranah Streaming setelah Berpisah

Duo elektroteknikal asal Perancis tersebut memutuskan berpisah setelah 28 tahun berkarir di bidang musik elektronik.

the Monkey Times – 28 tahun terakhir setidaknya diingat sebagai periode karir (duo) Daft Punk. Sebuah momen perjalanan yang tentu saja tidak sebentar.

Namun tiga hari lalu (Senin, 23/02/2021), duo yang dikomandani Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter itu memutuskan berpisah.

Walau begitu kata ‘berpisah’ mungkin tidak tepat digunakan. Variety menyebut terpisahnya mereka berdua dengan kata ‘pensiun’.

Dan sebelum mengumumkan masa pensiun, Daft Punk merilis sebuah video klip 8 menit berjudul Epilogue yang dipublikasikan pada Senin pagi silam.

Langsung melejit di layanan streaming

Mungkin sebagian orang yang hidup dengan mengenal Daft Punk bersedih dengan bubarnya mereka berdua. Walau yah, kami juga nggak paham kenapa harus bersedih.

Bukankah bubar/pensiun adalah hal lumrah bagi musisi maupun band?

Akan tetapi pensiunnya Daft Punk justru melejitkan musik mereka di kancah bisnis streaming musik. Mengutip Varity, kenaikan total permintaan streaming harian musik Daft Punk melonjak hingga 5,025,000.

Jumlah tersebut merupakan kenaikan sebanyak lima kali ketimbang Minggu (22/02/2021) yang ‘hanya’ mencatat permintaan streaming Daft Punk sebesar 854,100.

‘Get Lucky’ (2013) tercatat sebagai lagu yang paling banyak diputar di layanan streaming. Lagu yang menampilkan Pharrell Williams itu didengarkan sebanyak 429,000 kali pada Senin.

Jumlah itu melonjak sekitar 6 kali lipat ketimbang hari Minggu, dimana judul yang sama didengarkan sebanyak 153,000 kali.

Lagu kedua yang paling banyak dimainkan adalah ‘One More Time’. Naik jadi 414,000 kali didengar, setelah sebelumnya hanya dimainkan sebanyak 89,000 kali.

Lalu di urutan berikutnya ada ‘Harder, Better, Faster, Stronger’ yang melompat dari 57,500 kali ke 297,000 kali pada hari Senin.

Tapi itu baru sisi lagu. Bagaimana dengan album Daft Punk? Well, album Discovery yang dirilis pada 2001 didengarkan lewat layanan streaming sebanyak 1,542,000 kali pada hari Senin, setelah sehari sebelumnya hanya didengarkan sebanyak 292,000 kali.

Album studio terakhir Daft Punk yang berjudul Random Access Memories (2013) menempati peringkat kedua yang paling banyak diminta lewat layanan streaming. Melonjak hingga 1,243,000 kali permintaan pada Senin, setelah sebelumnya hanya mencatat 178,000 di hari sebelumnya.

Penjualan lagu Daft Punk juga ikut meningkat pada hari Senin, meski jumlahnya tidak sebanyak yang mereka nikmati lewat layanan streaming.

Mengutip Variety kembali, mereka menjual 2,800 lagu digital pada Senin, setelah sehari sebelumnya hanya mampu menjual 194 lagu.

Artikel Terkait:

Komisi Pemberantasan Korupsi

KPK Ingatkan Pentingnya Transparansi Komoditas Guna Mencegah Korupsi Pangan

Jalur KA Sulawesi

Dua Jalur Kereta Sulawesi Dijadwalkan Beroperasi pada Oktober 2022

layanan BI-Fast

Layanan BI-FAST akan Menurunkan Biaya Transfer jadi Rp 2.500

kok bulu tangkis

Kalahkan Malaysia, Jepang bertemu China di Final Piala Sudirman

china di final piala sudirman

China Melenggang Mulus ke Final Piala Sudirman

ilustrasi terowongan cisamdawu

Pengoperasian Terowongan Tol Cisumdawu di Indonesia Dipercepat